Home / Karya Inovatif / Kenaikan Pangkat

Minggu, 25 Juli 2021 - 15:50 WIB

Mengajukan Video Pembelajaran untuk Kenaikan Pangkat Guru

Video pembelajaran yang dibuat oleh guru bisa digunakan untuk mengajukan kenaikan pangkat guru PNS. Video yang diajukan untuk kenaikan pangkat tersebut harus memenuhi syarat-syarat tertentu agar mendapat angka kredit. 

Membuat video pembelajaran bagi seorang guru sendiri tentu saja bukan hal yang baru. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini di mana pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Materi pembelajaran biasanya disampaikan melalui sebuah video dan didistribusikan melalui berbagai platform seperti media sosial dan LMS (Learning Management System). 

Nah, video pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan tambahan angka kredit untuk kenaikan pangkat guru PNS. Dan video yang dibuat oleh guru tersebut termasuk dalam karya inovatif. 

Adapun video pembelajaran yang diajukan untuk kenaikan pangkat angka kreditnya berbeda-beda sesuai dengan kompleksitas video yang dibuat. Terdapat video pembelajaran yang bisa mendapatkan angka kredit 2. Ada juga yang mendapatkan angka kredit 1. 

Video pembelajaran yang mendapatkan angka kredit 2 adalah video pembelajaran kompleks. Artinya, video tersebut dapat berupa rekaman biasa atau dalam bentuk animasi dengan durasi minimal 30 menit. Kemudian video pembelajaran atau animasi yang memiliki durasi 15 menit bisa mendapatkan angka kredit 1. 

Bagaimana Cara Mengajukan Video Pembelajaran untuk Kenaikan Pangkat Guru

Video pembelajaran yang akan diajukan sebagai syarat kenaikan pangkat harus dibuatkan laporannya. Adapun cara membuat laporan untuk video pembelajaran bisa dilihat pada Buku 4 Pedoman PAK. 

Baca Juga:  Pelatihan Khusus Bersertifikat 98JP : Karya Inovatif Aplikasi Android Dari Power Point Dengan Tripel Angka Kredit Untuk Mewujudkan Kurikulum Merdeka

Dalam membuat laporan video pembelajaran setidaknya terdapat 12 bagian yang harus dicantumkan dalam laporan tersebut. Bagian pertama adalah bagian halaman judul. Pada halaman judul ini harus cantumkan jenis laporan, nama pembuat, NIP, dan nama sekolah. 

Kemudian juga harus terdapat halaman pengesahan. Halaman pengesahan ini merupakan pengesahan dari kepala sekolah atau madrasah.  Dan halaman pernyataan; berisi tentang pernyataan dari penulis bahwa karya yang dibuat benar-benar asli karya sendiri. 

Seperti dalam karya ilmiah lainnya, dalam laporan video pembelajaran juga harus terdapat kata pengantar, daftar isi, daftar gambar/foto, tujuan, manfaat, rancangan/desain. Rancangan di sini berarti menyertakan desain dalam pembuatan video pembelajaran yang dilengkapi dengan gambar rancangan dan bahan-bahan yang digunakan dalam membuat video pembelajaran. 

Perlu juga dipaparkan prosedur pembuatan video pembelajaran tersebut. Jadi Anda perlu melengkapi foto-foto dalam pembuatan video tersebut.  

Kemudian penggunaannya dalam pembelajarannya dibuktikan dengan foto-foto kegiatan. Dan dampaknya dari video pembelajaran tersebut perlu dijelaskan. 

Berikut ini adalah contoh laporan pembuatan video pembelajaran untuk kenaikan pangkat: 

Download Contoh Laporan Pembuatan Video Pembelajaran

Ikuti Diklat “Menjadi Guru Inovatif” yang diselenggarakan oleh GuruJuara.com melalui link pendaftaran berikut ini: DAFTAR PELATIHAN.

Info lebih lanjut silakan menghubungi nomor berikut ini: 082132961814 (Admin Andika)

Share :

Baca Juga

Edutainment

Jenis Buku yang Bisa Guru Tulis untuk Menambah Angka Kredit Kenaikan Pangkat

Kenaikan Pangkat

Daftar 187 Jenis Jabatan Fungsional yang Bisa Diisi PPPK Tahun 2022

Kenaikan Pangkat

Memahami 3 Bentuk Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat
https://naikpangkat.com/hari-terakhir-daftar-diklat-gratis-bersertifikat-32jp-meningkatkan-keterlibatan-peserta-didik-dengan-game-dan-presentasi-interaktif/

Karya Inovatif

Contoh Laporan Karya Inovatif untuk Video Pembelajaran
website untuk guru

Karya Inovatif

Inovasi Guru Membangun Personal Website

Karya Inovatif

Apa Itu Hyperlink dan Apa Fungsinya
template media sosial islami

Karya Inovatif

Variasi Membuat Konten Islami agar Medsos Sekolah Lebih Profesional
google class room untuk guru

Karya Inovatif

Manfaat Google Classroom untuk Guru dan Dunia Pendidikan