Guru Wajib Tahu! Karakteristik Joyfull Learning Dalam Pembelajaran

- Editor

Selasa, 22 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Joyfull learning merupakan suatu proses pembelajaran yang mana terdapat hubungan yang kuat antara pendidik dan peserta didik tanpa adanya perasaan terpaksa atau tertekan sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan.

Dalam penggunaan strategi joyfull learning guru harus memposisikan diri sebagai fasilitator dan mitra belajar siswa. Strategi ini dapat dilakukan karena pada era sekarang ini teknologi berkembang sangat pesat sehingga akan memungkinkan siswa mendapatkan informasi lebih cepat dari guru.

Dengan penggunaan strategi joyfull learning maka akan tercipta kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sehingga dengan demikian siswa dapat memusatkan perhatiannya secara penuh pada materi pembelajaran.

Pada saat pandemi covid-19 seperti ini terdapat berbagai kendala pada setiap sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan yang mana apabila kegiatan sekolah dilakukan secara tatap muka maka akan terjadi penularan virus yang semakin cepat dan berdampak pada sektor ekonomi riil.

Selain itu apabila kegiatan sekolah dilaksanakan dengan daring maka efek kejenuhan, kepuasan, penurunan kualitas belajar, motivasi dan sebagainya pasti akan ada. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi hal yang dirasakan peserta didik tersebut adalah dengan menerapkan joyfull learning.

Pembelajaran joyfull learning merupakan pembelajaran dalam suasana yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa jenuh dan merasa senang. Pembelajaran ini mengharuskan guru agar dapat menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan dan menarik sehingga dapat merangsang peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.

Pelaksanaan Joyfull learning akan memusatkan kegiatan pembelajaran pada peserta didik yang dikemas dalam situasi yang menyenangkan, hal tersebut bertujuan untuk dapat mencapai hasil pembelajaran yang optimal.

Sehingga dengan adanya joyfull learning tersebut guru dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar lebih mudah dan menyenangkan. Rasa menyenangkan dalam model pembelajaran ini dapat menjadikan peserta didik memiliki dorongan untuk selalu ingin tahu dan berusaha mencari tahu dengan sendirinya sehingga hal ini akan mengurangi tingkat kejenuhan dalam belajar.

Perasaan menyenangkan pada saat kegiatan pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah alat yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran. Faktor kegembiraan yang baik di kelas tersebut bertujuan untuk mendukung tujuan pembelajaran pada hari tersebut.

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan strategi joyfull learning tersebut harus berprinsip pada sebuah kegembiaraan sebagai strategi yang dipraktikkan. Guru maupun strategi yang diterapkan tersebut harus mampu menjadi pelayan sekaligus melayani siswa agar didalam praktik kegiatan pembelajaran yang mampu mendorong dan memberikan hasil yang optimal.

Dalam hal ini hasil dari penerapan strategi joyfull learning mampu menanamkan sikap tanggung jawab siswa. Penerapan joyfull learning dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh  dapat dilakukan dengan berupa game based learning.

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dalam menerapkan kegiatan pembelajaran dengan game based learning untuk mendukung strategi joyfull learning yakni aplikasi educandy, quizizz, kahoot, wordwall, liveworksheet dan sebagainya.

Aplikasi-aplikasi tersebut sudah dirancang untuk membuat game yang menarik dan interaktif sehingga peserta didik dapat tertantang untuk bisa memainkan game dan akan berusaha mempelajari materi agar bisa memainkan game dengan hasil yang terbaik.

Selain itu guru juga dapat memberikan reward kepada peserta didik yang berhasil menjadi pemenang dalam game yang dimainkan, sehingga hal tersebut juga dapat semakin membuat siswa tertarik untuk belajar.

Selain dengan game berbasis aplikasi tersebut, guru juga dapat menyisipkan game pada saat pemberian materi melalui zoom, google meet atau aplikasi meeting virtual lainnya seperti  permainan tebak kata, tebak gambar dan sebagainya.

Jika anda berminat ikutilah pelatihan Bersertifikat 32JP “Joyfull Learning Menggunakan Edugame, Strategi Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan” yang diselengarakan oleh e-guru.id dengan cara mendaftar pada link di bawah ini

DAFTAR SEKARANG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

4 Tahapan Pengelolaan Kinerja Tahun 2025, Jangan Sampai Keliru!
Mendikdasmen Kembali Mengungkapkan Pentingnya Deep Learning untuk Diterapkan Kedepannya!
Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan e-Kinerja Guru dan Kepala Sekolah Saat Penguploadan Dokumen 
Gebrakan Mendikdasmen Memudahkan Syarat Pencairan Tunjangan Sertifikasi Mulai Tahun 2025
Ini Perbedaan Pengelolaan Kinerja Sebelumnya dengan Pengelolaan Kinerja 2025
Ini 3 Pembaruan Pengelolaan Kinerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah 2025 Kini Menjadi Lebih Sederhana
Link- Link Penting untuk Pendaftaran Seleksi Administrasi PPG Guru Tertentu Tahun 2024
Alur Seleksi Administrasi PPG Guru Tertentu 2024 : Panduan Lengkap
Berita ini 81 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 18 Desember 2024 - 13:26 WIB

4 Tahapan Pengelolaan Kinerja Tahun 2025, Jangan Sampai Keliru!

Selasa, 17 Desember 2024 - 10:15 WIB

Mendikdasmen Kembali Mengungkapkan Pentingnya Deep Learning untuk Diterapkan Kedepannya!

Jumat, 13 Desember 2024 - 10:13 WIB

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan e-Kinerja Guru dan Kepala Sekolah Saat Penguploadan Dokumen 

Kamis, 12 Desember 2024 - 11:07 WIB

Gebrakan Mendikdasmen Memudahkan Syarat Pencairan Tunjangan Sertifikasi Mulai Tahun 2025

Selasa, 10 Desember 2024 - 09:43 WIB

Ini 3 Pembaruan Pengelolaan Kinerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah 2025 Kini Menjadi Lebih Sederhana

Berita Terbaru

Unduh Sertifikat Pendidikan 32 JP Gratis