Guru Wajib Tahu! Karakteristik Joyfull Learning Dalam Pembelajaran

- Editor

Selasa, 22 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Joyfull learning merupakan suatu proses pembelajaran yang mana terdapat hubungan yang kuat antara pendidik dan peserta didik tanpa adanya perasaan terpaksa atau tertekan sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan.

Dalam penggunaan strategi joyfull learning guru harus memposisikan diri sebagai fasilitator dan mitra belajar siswa. Strategi ini dapat dilakukan karena pada era sekarang ini teknologi berkembang sangat pesat sehingga akan memungkinkan siswa mendapatkan informasi lebih cepat dari guru.

Dengan penggunaan strategi joyfull learning maka akan tercipta kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sehingga dengan demikian siswa dapat memusatkan perhatiannya secara penuh pada materi pembelajaran.

Pada saat pandemi covid-19 seperti ini terdapat berbagai kendala pada setiap sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan yang mana apabila kegiatan sekolah dilakukan secara tatap muka maka akan terjadi penularan virus yang semakin cepat dan berdampak pada sektor ekonomi riil.

Selain itu apabila kegiatan sekolah dilaksanakan dengan daring maka efek kejenuhan, kepuasan, penurunan kualitas belajar, motivasi dan sebagainya pasti akan ada. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi hal yang dirasakan peserta didik tersebut adalah dengan menerapkan joyfull learning.

Pembelajaran joyfull learning merupakan pembelajaran dalam suasana yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa jenuh dan merasa senang. Pembelajaran ini mengharuskan guru agar dapat menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan dan menarik sehingga dapat merangsang peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.

Pelaksanaan Joyfull learning akan memusatkan kegiatan pembelajaran pada peserta didik yang dikemas dalam situasi yang menyenangkan, hal tersebut bertujuan untuk dapat mencapai hasil pembelajaran yang optimal.

Sehingga dengan adanya joyfull learning tersebut guru dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar lebih mudah dan menyenangkan. Rasa menyenangkan dalam model pembelajaran ini dapat menjadikan peserta didik memiliki dorongan untuk selalu ingin tahu dan berusaha mencari tahu dengan sendirinya sehingga hal ini akan mengurangi tingkat kejenuhan dalam belajar.

Perasaan menyenangkan pada saat kegiatan pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah alat yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran. Faktor kegembiraan yang baik di kelas tersebut bertujuan untuk mendukung tujuan pembelajaran pada hari tersebut.

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan strategi joyfull learning tersebut harus berprinsip pada sebuah kegembiaraan sebagai strategi yang dipraktikkan. Guru maupun strategi yang diterapkan tersebut harus mampu menjadi pelayan sekaligus melayani siswa agar didalam praktik kegiatan pembelajaran yang mampu mendorong dan memberikan hasil yang optimal.

Dalam hal ini hasil dari penerapan strategi joyfull learning mampu menanamkan sikap tanggung jawab siswa. Penerapan joyfull learning dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh  dapat dilakukan dengan berupa game based learning.

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dalam menerapkan kegiatan pembelajaran dengan game based learning untuk mendukung strategi joyfull learning yakni aplikasi educandy, quizizz, kahoot, wordwall, liveworksheet dan sebagainya.

Aplikasi-aplikasi tersebut sudah dirancang untuk membuat game yang menarik dan interaktif sehingga peserta didik dapat tertantang untuk bisa memainkan game dan akan berusaha mempelajari materi agar bisa memainkan game dengan hasil yang terbaik.

Selain itu guru juga dapat memberikan reward kepada peserta didik yang berhasil menjadi pemenang dalam game yang dimainkan, sehingga hal tersebut juga dapat semakin membuat siswa tertarik untuk belajar.

Selain dengan game berbasis aplikasi tersebut, guru juga dapat menyisipkan game pada saat pemberian materi melalui zoom, google meet atau aplikasi meeting virtual lainnya seperti  permainan tebak kata, tebak gambar dan sebagainya.

Jika anda berminat ikutilah pelatihan Bersertifikat 32JP “Joyfull Learning Menggunakan Edugame, Strategi Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan” yang diselengarakan oleh e-guru.id dengan cara mendaftar pada link di bawah ini

DAFTAR SEKARANG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024
Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024
Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Berita ini 67 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:59 WIB

Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:17 WIB

Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Berita Terbaru