Home / Opini

Jumat, 23 September 2022 - 23:45 WIB

Rahasia Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah 

Oleh Gideon Benu, S.Pd.SD.

Guru Kelas 3 SDN Dukuh 01, Salatiga, Jawa Tengah

 

 

Pertanyaan yang sering muncul di kalangan siswa bagaimana menjadi siswa yang berprestasi?

Setiap orang memiliki kesempatan menjadi siswa yang berprestasi. Menjadi siswa yang berprestasi memang sebuah mimpi dan tujuan mulia bagi semua siswa. Untuk itu, setiap siswa harus memanfaatkan kesempatan yang ada untuk melakukan hal-hal terbaik. 

Tolak ukur siswa berprestasi biasanya dilihat dari hasil belajar siswa yang memuaskan, misalnya dengan mendapatkan nilai bagus atau meraih rangking di sekolah atau sukses mengikuti lomba tertentu, mulai dari tingkat lokal sampai tingkat internasional. Atau bisa jadi dengan berprestasi di bidang tertentu, seperti olahraga atau seni. 

Banyak anak yang sebenarnya memiliki potensi bagus tapi belum tahu rahasia menjadi siswa berprestasi di sekolah. Akhirnya potensi yang ada di dalam diri siswa tersebut tidak terasah dengan maksimal. 

Agar siswa di sekolah bisa meraih prestasi terbaik secara akademis maupun non akademis, tentu diperlukan dukungan faktor internal dan eksternal. Selain itu, siswa di sekolah juga harus mengetahui bagaimana cara yang tepat dan efektif supaya siswa bisa meraih prestasi terbaik. 

Nah, berikut ini ada beberapa rahasia agar potensi diri siswa di sekolah bisa dimaksimalkan. Ingin tau rahasianya? 

Pertama, siswa mampu belajar secara efektif. Ya, jika ingin berprestasi, siswa  perlu menguasai skill belajar secara efektif. Jika siswa menguasai cara belajar efektif, hal ini akan memudahkan siswa untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebab, siswa sudah tahu bagaimana cara untuk menguasai sebuah materi pembelajaran dengan cepat. Alhasil, saat ujian maupun ulangan pun siswa bisa menyelesaikan soal dengan baik. Oleh sebab itu, mulai saat ini cobalah kuasai bagaimana caranya belajar dengan efektif. Dan ini perlu terus menerus melatih diri. 

Kedua, siswa aktif dalam belajar. Indikator dari keaktifan dalam belajar biasanya ditandai dengan aktivitas siswa yang suka atau sering menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Tak hanya itu, siswa juga secara aktif bertanya pada guru mengenai hal yang belum dipahami. Bersikap aktif sangat penting agar siswa bisa cepat mengetahui materi pelajaran. Dengan sikap aktif, siswa pun akan selalu tergerak untuk mencari tahu sebuah materi hingga tuntas. 

Ketiga, siswa rajin mengerjakan tugas pekerjaan rumah. Yang paling berat bagi siswa jika ingin menjadi siswa berprestasi, yaitu siswa harus rajin mengerjakan tugas dan juga pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru. Jangan pernah berpikir bahwa tugas PR ini adalah beban, namun hal ini bisa siswa manfaatkan untuk menjadi nilai tambahan dari nilai-nilai ulangan dan juga ujian. Rajin dan tepat waktu mengerjakan tugas bisa menjadi poin lebih dalam penilaian yang dilakukan oleh guru. Keempat, siswa memiliki motivasi yang tinggi. Motivasi adalah hal yang sangat penting dalam belajar. Menjadi siswa berprestasi tentu saja tidak datang dengan sendirinya, oleh karenanya siswa butuh motivasi dan dorongan yang tinggi. Sehingga motivasi tersebut akan menggerakkan siswa itu sendiri untuk meraih prestasi tinggi. Artinya, siswa akan berusaha keras untuk mewujudkan impian menjadi siswa berprestasi di sekolah. 

Baca Juga:  Peranan Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19

Kelima, mampu mengatur waktu dengan baik. Manajemen waktu adalah hal yang paling utama untuk bisa meraih prestasi. Sebagai siswa tentu kegiatannya tidak hanya belajar, tapi juga banyak kegiatan lain seperti bermain, bersosialisasi, hingga membantu orang tua. Dengan pandai mengatur waktu, semua kegiatan siswa akan bisa terselesaikan dengan baik. 

Keenam, memiliki sikap dan perilaku yang baik. Tata krama dan sopan santun adalah hal yang sangat penting. Pada umumnya guru cenderung lebih tertarik dengan siswa yang memiliki sikap dan perilaku yang baik. Mengapa hal ini berpengaruh terhadap prestasi siswa? Karena sikap dan perilaku juga termasuk ke dalam unsur penilaian pendidikan. Oleh karena itu cobalah untuk menjadi siswa berprestasi dengan menonjolkan sikap dan perilaku yang baik. 

Ketujuh, memiliki tekad berprestasi. Tekad untuk mencapai prestasi yang terbaik perlu ditumbuhkan sejak awal karena itulah yang akan melengkapi motivasi dalam diri siswa. Selama siswa memiliki tekad yang besar untuk meraih prestasi, maka hambatan apapun dan rasa malas yang datang akan bisa dihalau. 

Tidak ada salahnya menumbuhkan prinsip bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin dan makin baik lagi setiap hari demi meraih apa yang menjadi cita-cita. (*)

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Editor: Moh. Haris Suhud, S.S.

Share :

Baca Juga

Opini

Berbagai Strategi Mengajar Matematika dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Opini

Tantangan Mendidik Generasi Z dan Generasi Alpha

Opini

Manfaat Mengurangi Penggunaan Plastik 

Opini

Penerapan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan
membuat e-modul

Opini

Gadget dan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Opini

7 Objek Wisata di Sekitar Danau Laut Tawar yang Wajib Dikunjungi
inovasi guru di masa pandemi

Opini

Fenomena Inovasi Guru dalam Mendidik di Masa Pandemi

Opini

Apakah Guru Sekarang Harus Menguasai Penggunaan Teknologi dalam Mengajar?