Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

- Editor

Senin, 19 Februari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh Muryani, S.Pd.SD.

Mengajar di SD Negeri Jolontoro

 

 

Di era sekarang ini, semuanya bisa berkembang begitu cepat. Dengan diluncurkannya berbagai sarana pendidikan oleh pemerintah (khususnya Kemendikbud Ristek) perkembangan dalam dunia pendidikan juga turut berkembang dengan cepat. Dunia pendidikan menjadi makin maju, makin canggih, dan makin kompleks.

Salah satu kecanggihan teknologi yang diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek adalah Platform Merdeka Mengajar (PMM). Dengan adanya platform tersebut, semua aktivitas sehari-hari yang diperlukan oleh tenaga pendidik  dan siswa bisa terpenuhi dengan mudah. 

Kemudian saat ini muncul lagi teknologi yang tak kalah bermanfaat untuk dunia pendidikan. Salah satu contohnhya adalah dengan adanya Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Teknologi kecerdasan buatan belakangan ini tengah menggemparkan dunia, khususnya bagi dunia pendidikan. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan adanya kecerdasan buatan tersebut. Guru dan siswa seyogyanya dapat memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut secara maksimal dan bijaksana. Sebab, secanggih apapun sarana atau alat teknologi, harus ada batasan atau filter tertentu agar bisa digunakan dengan tepat. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa pada zaman yang serba digital ini kegiatan pembelajaran pun membutuhkan sarana dan prasarana yang serba canggih dan multiguna. Bagus apabila alat yang sudah menggunakan teknologi bisa dihadirkan khususnya dalam dunia pendidikan. Tentu saja sebagai tenaga pendidik juga harus bisa menggunakan alat ini secara cerdas dan bijaksana. 

Berikut ini adalah sejumlah manfaat yang bisa kita ambil dengan penggunaan teknologi kecerdasan buatan:


  1.     Menyediakan Beragam Informasi

Pengguna dapat menemukan berbagai informasi dengan mudah melalui teknologi kecerdasan buatan ini.  Sehingga guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar bagi siswa. 


  1.     Memaksimalkan Proses Pendidikan 

Pendidikan di era global sangat memerlukan ilmu yang kompleks, tanpa batas. Hal ini sangat cocok bila menggunakan sarana prasarana kecerdasan buatan untuk menunjang kelancaran dan kesuksesan dalam proses belajar mengajar. 

Siswa maupun guru bisa menerapkan teknologi ini dengan lebih simpel dan praktis. Sehingga proses belajar mengajar lebih menarik dan menyenangkan. 


  1.     Sebagai Sarana Belajar Mandiri bagi Siswa dan Guru

Proses belajar adalah proses sepanjang hayat. Jadi meskipun guru sudah mengajar, harus tetap terus belajar. Terlebih siswa, tentunya juga harus banyak belajar secara mandiri. 

Belajar menggunakan teknologi kecerdasan buatan dapat dilakukan dengan praktis dan menyenangkan. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan hasil belajar siswa. 


  1.     Memperluas Wawasan, Pengetahuan, dan Pengalaman 

Para pengguna teknologi kecerdasan buatan khususnya pelaku pendidikan diharapkan mampu membawa pendidikan di Indonesia makin maju dan meningkat sesuai dengan perkembangan zaman. Hal itu hanya dapat dilakukan jika mampu memaksimalkan teknologi untuk kebutuhan pendidikan. 


  1.     Meningkatkan Kompetensi Guru dan Siswa

Dengan menggunakan kecerdasan buatan, siswa maupun guru bisa meningkatkan kompetensi sesuai yang diharapkan oleh pribadi masing-masing. Dan ini sangat menunjang filosofi yang didengungkan oleh pemerintah saat ini yaitu “Merdeka Belajar”.  

Setiap teknologi tentu ada sisi positif dan negatifnya. Untuk mengatasi negatifnya, tentunya sebagai pendidik harus bisa memberi arahan kepada siswa, memberi bimbingan, dan nasihat. Agar saat menggunakan teknologi bisa dilakukan dengan cerdas dan bijaksana. 

Diharapkan ke depannya teknologi tersebut akan lebih bermanfaat demi kemajuan pendidikan di Indonesia menuju generasi emas yang berwawasan global dan berkarakter Pancasila. Dan untuk mewujudkan generasi yang tangguh, pantang menyerah, dan berkarakter Pancasila diperlukan kemajuan teknologi yang seimbang dengan tuntutan dengan kebutuhan zaman. 

Jika pendidikan makin maju maka kelangsungan generasi bangsa ke depannya pun akan semakin jaya. Mari, wujudkan generasi Indonesia yang bercita-cita mulia sesuai peradaban bangsa!                  

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

Penulis : Muryani, S.Pd.SD.

Editor : Moh. Haris Suhud, S.S.

Berita Terkait

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan
Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan
Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan
Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 
Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua
Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan
Membangun Masa Depan Pendidikan di Era Kecerdasan Buatan 
Berita ini 172 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:35 WIB

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 - 15:20 WIB

Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

Jumat, 16 Februari 2024 - 09:32 WIB

Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:50 WIB

Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan

Selasa, 6 Februari 2024 - 10:35 WIB

Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Senin, 5 Februari 2024 - 10:27 WIB

Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:55 WIB

Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:20 WIB

Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan

Berita Terbaru