Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

- Editor

Selasa, 6 Februari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh Dra. Dian Armiznah

Mengajar di MAN Aceh Barat Daya

 

 

Matematika merupakan mata pelajaran yang dinilai sulit ole beberapa siswa, baik siswa tingkat sekolah dasar, tingkat menengah, bahkan yang sudah menjadi mahasiswa sekalipun. Hanya sebagian kecil saja yang menyukai mata pelajaran Matematika.

Sebagai seorang guru Matematika, saya banyak mengamati mengapa siswa merasa kesulitan belajar Matematika tersebut.  Hal ini dikarenakan materi yang diajarkan disampaikan menggunakan metode lama yaitu menerangkan di papan tulis dan siswa disuruh untuk memperhatikan. Sehingga siswa merasa bosan, jenuh, dan malas.  

Pada akhirnya, Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang tidak menarik dan materi itu tidak dapat dipahami sama sekali. Siswa cenderung mengantuk bila sudah masuk jam pelajaran Matematika bahkan ada siswa yang tertidur pulas di saat gurunya sedang menerangkan di depan kelas.

Setelah melihat permasalahan tersebut, saya mencoba menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi Geogebra  untuk membahas materi tertentu dalam pembelajaran Matematika. Dan terbukti siswa merasa senang dan bersemangat dalam belajar. 

Rasa ingin tahu mereka muncul. Rasa ingin mencoba pun timbul di kalangan siswa yang sebelumnya merasa malas. Mereka tampak sangat antusias dan sangat aktif, sehingga tidak ada satupun siswa yang mengantuk apalagi tertidur.

Apa itu Geogebra? 

Geogebra merupakan gabungan dari Geometri dan Algebra. Geogebra adalah suatu software pembelajaran Matematika untuk pembelajaran di sekolah, yang dikembangkan oleh Markus Hohenwarter et all (2008) dari Universitas Florida Atlantic.

Software ini bisa dimanfaatkan untuk membuat konsep-konsep Matematika menjadi lebih dinamis. Konstruksi dan eksplorasi dari bangun-bangun geometri dan grafik suatu persamaan semuanya dapat dilakukan secara dinamis pada pembelajaran Matematika. 

Program ini juga menyediakan penguatan visual agar  minat dan perhatian siswa terus terpelihara sepanjang latihan dan praktik.

Menurut Mahmudi (2016:13) beberapa manfaat program Geogebra  dalam pembelajaran Matematika di antaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Dapat menghasilkan lukisan-lukisan geometri dengan cepat dan teliti dibandingkan dengan menggunakan pensil, penggaris, atau jangka.
  2. Tersedia fasilitas animasi dan gerakan-gerakan manipulasi (dragging) pada  program Geogebra yang dapat memberikan pengalaman  visual yang lebih jelas pada siswa dalam memahami konsep-konsep geometri.
  3. Dapat dimanfaatkan sebagai balikan atau evaluasi untuk memastikan bahwa lukisan yang telah dibuat benar.
  4. Mempermudah guru dan siswa untuk menyelidiki atau menunjukkan sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek geometri.

Maxrizal (2010:18) menambahkan terdapat sejumlah keunggulan dalam program tersebut di antaranya adalah icon disajikan dalam ukuran  yang besar untuk menghindari kesalahan dalam memilih menu, semua objek dapat diberi label atau keterangan baik itu berupa titik, garis, bidang, sudut dan sebagainya, dapat menentukan persamaan garis linier, kuadrat, kubik, hiperbolik, parabola dan eliptik, objek dapat digeser, dicerminkan, diputar dan diperbesar, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa Geogebra merupakan software yang cocok digunakan sebagai media pembelajaran Matematika dengan berbagai fasilitas dan beberapa kelebihan sehingga sangat layak dijadikan media pembelajaran pada Geometri Ruang. 

Media ini dapat memvisualisasikan dan mengkonstruksikan objek-objek pada geometri ruang, sehingga pembelajaran geometri menjadi lebih menarik dan minat siswa akan lebih meningkat karena software ini dapat mempermudah pemahaman siswa dalam proses pembelajaran Matematika, khususnya pada materi Geometri Ruang.

Dalam praktiknya, pada awal pembelajaran, saya biasanya menyampaikan materi menggunakan Slide Power Point sederhana untuk mengukur jarak titik ke titik, titik ke garis, titik ke bidang, garis ke garis, garis ke bidang dan bidang ke bidang  serta menentukan besar sudut yang terbentuk antara garis dengan garis; garis dengan bidang dan bidang dengan bidang. 

Pada pertemuan berikutnya,  para siswa saya ajak ke laboratorium komputer. Kemudian menyuruh siswa menggunakan media aplikasi Geogebra tersebut untuk membuktikan  jarak  dan besar sudut yang mereka temui dalam pembelajaran. Mereka sangat betah di ruang komputer dan  merasa senang di saat mereka berhasil membuktikannya.

Oleh karena itu, saya berharap kepada semua guru Matematika baik di tingkat  SD, SMP maupun SMA, mau mencoba menggunakan media pembelajaran yang sudah tersedia di sekolah-sekolah untuk mengajar siswa. 

Jika ada fasilitas laboratorium komputer, tidak seharusnya ruangan itu hanya digunakan oleh guru informatika saja. Namun guru Matematika juga berhak untuk menggunakannya sebagai media pembelajaran.  Tujuannya agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, sehingga materi yang diajarkan dapat dikuasai oleh siswa dengan sempurna. 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Penulis : Dra. Dian Armiznah

Editor : Moh. Haris Suhud, S.S.

Berita Terkait

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 
Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan
Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan
Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 
Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua
Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan
Membangun Masa Depan Pendidikan di Era Kecerdasan Buatan 
Berita ini 72 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:35 WIB

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 - 15:20 WIB

Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

Jumat, 16 Februari 2024 - 09:32 WIB

Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:50 WIB

Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan

Selasa, 6 Februari 2024 - 10:35 WIB

Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Senin, 5 Februari 2024 - 10:27 WIB

Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:55 WIB

Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:20 WIB

Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan

Berita Terbaru