Edutainment adalah proses pembelajaran yang didesain dengan memadukan antar muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis, sehingga aktifitas pembelajaran berlangsung menyenangkan. Edutainment memberi anak-anak akses ke konten instruksional melalui media dan metode yang lebih umum dioasosiasikan dengan hiburan.
Singkatnya, edutainment adalah penggabungan antara pendidikan dan hiburan. Metode pembelajaran seperti ini adalah tren yang signifikan dan mempunyai dampak positif meskipun sifatnya ringan.
Berikut merupakan beberapa manfaat edutainment untuk pembelajaran:
1. Produktivitas Peserta Didik Meroket
Aktivitas yang menyenangkan di lingkungan sekolah membuat siswa lebih produktif. Hal ini tentunya mempunyai efek mendalam pada kemampuan peserta didik dalam memahami pelajaran.
Siswa yang bahagia akan lebih produktif dan optimis daripada siswa yang murung. Menurut penelitian di Institut Neurologi Universitas College London, tertawa dapat meningkatkan fokus sehingga akan mempermudah proses belajar.
Oleh sebab itu, sesi lelucon pendidikan yang tidak direncanakan mungkin saja dapat menjadi konsep baru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
2. Hiburan Edukasi Sederhana di Rumah
Pembelajaran tidak selalu memerlukan buku teks yang rumit atau papan tulis interaktif yang berat, yang mana siswa dapat menggunakan gadget seperti laptop, konsol game, proyektor dan smartphone untuk belajar.
Salah satu contohnya yakni video game seperti “Assassin’s Creed” yang menampilkan pengaturan untuk siswa yang senang menulis artikel dapat belajar tentang Mesir dan Yunani Kuno melalui pencarian interaktif.
3. Peningkatan Kehadiran di Kelas
Bersenang-senang di sekolah dapat mengurangi ketidakhadiran siswa. Edutainment di sekolah menciptakan lingkungan belajar yang positif dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Hal ini juga berdampak positif untuk institusi, di mana sekolah dapat menghemat sumber daya karena mereka tidak perlu menginvestasikan waktu ekstra untuk membantu siswa yang sering bolos sekolah untuk mengejar ketertinggalan dengan teman kelasnya.
4. Peningkatan Ketahanan
Kemampuan untuk bangkit kembali dari keterpurukan sangat penting dalam berbagai situasi. Humor dan hiburan sangat diperlukan karena akan menguntungkan untuk tingkat kesehatan dan kepuasan siswa.
Melindungi siswa dari tekanan pembelajaran sehari-hari dibutuhkan lingkungan yang menghadirkan kesenangan dan tawa. Hal ini dapat membantu siswa untuk memelihara individu yang lebih tangguh.
5. Sempurna untuk Mengubah Realitas
Selain banyaknya konten dan teknologi yang mudah diakses, edutainment terbukti bermanfaat karena mengatasi kesenjangan kritis dalam pendidikan anak. Pada masa Covid-19, banyak anak dan orang tua harus menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah dan edutainment memberikan peluang yang sempurna bagi mereka untuk menjalin ikatan.
Halaman selanjutnya
Dengan menggunakan alat dan pendekatan…
Halaman : 1 2 Selanjutnya