4 Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris di Masa Pandemi

- Editor

Selasa, 4 Mei 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tidak dapat dipungkiri bahwa bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang perlu dikuasai oleh generasi muda saat ini. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, mereka bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi saat ini dengan lebih cepat, memiliki pergaulan yang lebih luas dengan masyarakat dunia, dan tentunya lebih percaya diri.

Dilansir dari halaman telegraph.co.uk, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita belajar bahasa asing. Antara lain otak kita menjadi lebih pintar, kita tidak kesulitan mengerjakan beberapa hal sekaligus alias multitasking, terhindar dari penyakit pikun, dan lain-lain.

Sementara itu dengan adanya pandemi Covid 19, aktivitas pembelajaran di sekolah terpaksa diliburkan untuk kurun waktu yang cukup lama. Pembelajaran hanya dapat dilakukan di rumah melalui aplikasi seperti via Zoom dan Google Classroom. Bahkan ada yang dilakukan di WhatsApp atau Facebook saja.

Pertanyaannya adalah apakah pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan dengan situasi seperti ini efektif dan menyenangkan untuk siswa?

Dalam situasi pandemi seperti ini memaksa guru untuk lebih kreatif untuk memikat minat belajar siswa yang ada di rumah masing-masing. Tantangannya adalah bagaimana guru bahasa Inggris mampu menyediakan pembelajaran  yang menyenangkan untuk siswa-siswi di rumah sehingga mereka dapat termotivasi mempelajari bahasa Inggris itu secara mandiri.

Berikut ini adalah sejumlah tips agar pembelajaran bahasa Inggris di masa pandemi tetap menyenangkan.

Belajar dengan Lagu

Tips pertama yang bisa kita lakukan agar murid senang belajar bahasa Inggris walaupun dengan sistem jauh yaitu menggunakan media lagu berbahasa Inggris.

Bukan hal yang mengherankan bahwa generasi zaman now tidak asing dengan aplikasi Youtube dan Tiktok. Aplikasi tersebut menyediakan berbagai lagu bahasa Inggris yang enak dan mudah didengar (Easy-listening). Guru bisa meminta anak untuk mencatat 5 kosa kata per hari dari lagu-lagu yang mereka dengar. Guru juga bisa membuka forum diskusi di aplikasi Zoom untuk membedah makna lagu bahasa Inggris favorit masing-masing siswa dan meminta mereka untuk menyanyikannya untuk melatih pengucapan bahasa Inggris.

Nonton Film

Tips kedua adalah dengan menonton film berbahasa Inggris. Menonton film Hollywood atau cuplikan film di Youtube bisa menjadi aktivitas pembelajaran yang menyenangkan. Siswa bisa belajar kosa kata baru dan memperhatikan penggunaan berbagai jenis kalimat bahasa Inggris di dalam kehidupan sehari-hari.

Menonton film juga dapat meningkatkan kemampuan mendengar dan memahami kalimat bahasa Inggris serta membaca jika menggunakan teks subtitle. Suasana belajar online akan lebih menarik jika siswa juga diminta ikut menirukan pengucapan dialog favorit dan gaya aktor yang mereka lihat di film.

Membaca

Tips ketiga yaitu membaca. Di masa pandemi ini, guru perlu menganjurkan kepada siswa untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas bacaan berbahasa Inggrisnya.

Siswa tidak hanya wajib membaca teks yang ada di buku cetak, tetapi juga perlu membaca cerita berbahasa Inggris di internet serta bacaan autentik seperti teks berita dan iklan online berbahasa Inggris. Guru bisa meminta siswa untuk mencatat garis besar dari apa yang dia baca setiap hari.

Guru juga perlu memberikan hadiah bagi siswa yang bisa menceritakan ulang dalam forum online beberapa teks yang sudah dibaca.

Belajar di Media Sosial

Tips keempat yaitu pemanfaatan media sosial. Di masa pandemi ini, fisik kita memang tidak bisa bertemu secara langsung, namun kita bisa bertemu dan berbincang lewat berbagai aplikasi sosial media seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Dengan media sosial itu, siswa bisa mempraktikkan bahasa Inggris dengan kita sebagai guru dan juga teman-temannya.

Fiki Naki, Youtuber asal Riau, mampu membuktikan manfaat sosial media dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa asing. Walaupun dia tinggal di Indonesia, dia tetap bisa menyapa dan mempraktikkan kemampuan bahasanya dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia melalui media Ome TV. Sangat mengagumkan, bukan?

Kita sebenarnya bisa belajar bahasa Inggris kapan saja dan di mana saja dengan kemajuan teknologi saat ini. Jangan biarkan potensi siswa-siswi kita untuk berbahasa Inggris menjadi terpendam karena Corona. Sekarang ini lah keluwesan dan kreasi kita dalam mendidik dan mengajar sangat diperlukan. Ayo semangat!

Ditulis oleh: Rizka Amelia Isty, S.Pd, Guru di SMPN 3 Bukit Batu

Berita Terkait

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 
Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan
Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan
Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan
Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 
Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua
Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:35 WIB

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 - 15:20 WIB

Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

Jumat, 16 Februari 2024 - 09:32 WIB

Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:50 WIB

Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan

Selasa, 6 Februari 2024 - 10:35 WIB

Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Senin, 5 Februari 2024 - 10:27 WIB

Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:55 WIB

Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:20 WIB

Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan

Berita Terbaru

Edutainment

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Kamis, 22 Feb 2024 - 10:25 WIB