Tips Mencari Referensi Jurnal Terpercaya Dengan Mudah dan Cepat

- Editor

Jumat, 25 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jurnal merupakan sumber referensi utama yang diperlukan dalam penulisan karya ilmiah. Untuk itu, banyak mahasiswa, dosen, maupun seorang peneliti yang ingin membuat karya tulis ilmiah membutuhkan referensi jurnal sebagai bahan bacaan.

Jurnal yang dapat digunakan sebagai refrensi dalam penulisan karya ilmiah yaitu jurnal Indonesia maupun jurnal internasional sebagai bahan referensi. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jurnal adalah isi jurnal tersebut relevan dengan penelitian yang akan dilakukan.

Kebanyakan orang awam akan kesulitan mencari referensi jurnal. Untuk itu anda perlu mengetahui cara mencari referensi jurnal dengan mudah agar karya ilmiah yang dibuat lancar dan berkualitas. Berikut adalah macam-macam referensi jurnal yang dapat anda akses melalui internet diantaranya:

1. Google Scholar

Cara mencari jurnal internasional di google scholar sangatlah mudah anda hanya perlu mengetikkan kata kunci dan mesin pencari akan otomatis mencarikan sesuai kebutuhan.

Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia memiliki produk bernama google scholar. Produk ini sebagai penyedia referensi ilmiah dan literatur pendidikan.

Pada isi google scholar sendiri terdapat tesis, paper, e–book,dan jurnal ilmiah lainnya. Google scholar dapat dengan mudah ditemukan di internet dengan nama scholar.google.com. Dengan memanfaatkan google scholar maka penyusunan artikel ilmiah menjadi lebih mudah karena referensinya yang banyak.

Di google scholar atau google cendikia telah tersedia berbagai macam referensi bacaan ilmiah baik Indonesia maupun internasional. Jadi anda bisa memilih jurnal yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Semuanya bisa di unduh secara gratis dengan begitu mudah.

2. Situs Perpusnas

Selain google scholar yang sangat terkenal sebagai situs referensi jurnal Indonesia dan internasional, pemerintah juga memiliki situsnya sendiri. Situs jurnalnya yaitu e-resource.perpusnas.go.id.

Situs Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) ini merupakan sebuah situs yang disewa oleh pemerintah Indonesia yang berisi referensi ilmiah berupa jurnal berbayar dan sudah digratiskan oleh pemerintah.

Sehingga dengan demikian masyarakat Indonesia lebih dimudahkan dengan adanya situs ini di indonesia. Jurnal-jurnal yang ada pada situs perpusnas berasal dari penerbit Cambride University Press dan Ebrary. Untuk itu anda hanya perlu mendaftarkan diri sebagai anggota terlebih dahulu.

Setelah itu anda bisa dengan leluasa mencari dan mengunduh jurnal-jurnal yang dibutuhkan sebagai referensi bacaan dalam pembuatan artikel ilmiah atau semacamnya. Dengan adanya perpustakan online ini, bisa memudahkan seseorang yang tidak bisa menuju perpustakaan offline.

3. Jurnal.lipi.go.id

LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memiliki situs yang menyediakan berbagai macam jurnal. Jurnal-jurnal yang ada di situs ini lengkap seperti jurnal kimia, biologi, teknik, fisika, dan sebagainya.

Jurnal ini dapat diunduh secara gratis sehingga merupakan salah satu cara mencari jurnal untuk membuat karya ilmiah dengan mudah. Masih banyak masyarakat umum yang belum mengerti peranan LIPI sehingga hanya sedikit dari mereka yang menggunakan layanan ini.

4. Doaj.org/directory

Doaj atau directory of open access journals merupakan sebuah situs untuk mencari jurnal ber-ISSN. Jumlah jurnal yang ada di doaj sudah ada lebih dari 20.000.

Jurnal-jurnal ini bisa diakses dengan mudah yang mana tidak hanya jurnal saja yang dapat diakses di doaj, melainkan artikel-artikel yang berkaitan dengan karya ilmiah juga bisa didapatkan pada situs ini.

Doaj sendiri bisa diakses oleh siapa saja dengan mengunjungi doaj.org/directory. Doaj sendiri telah diluncurkan tahun 2003 ini sehingga anda tidak perlu repot lagi mencari referensi bacaan untuk menyelesaikan penelitian.

Jurnal yang disediakan oleh doaj ini sudah lolos melalui sistem control yang relatif ketat sehingga jurnal-jurnal yang disajikan tentu berkualitas dan tidak perlu diragukan lagi sehingga sangat cocok untuk di coba dalam mencari referensi jurnal.

5. Pubmed Central

Pubmed central merupakan portal penyedia jurnal yang cocok untuk anda kunungi apabila  sedang mencari jurnal seputar biomedis. Karena situs ini sudah tersegmentasi seputar dunia medis.

Setiap jurnal yang ada di situs ini dapat digunakan secara gratis dengan mengunjungi ncbi.nlm.nih.gov/pmc/PubMed. Portal yang dikembangkan oleh U.S National Library of Medicine (NLM) ini spesifik digunakan seputar dunia medis.

Jika bapak dan ibu berminat agar tulisannya dapat dimuat di Naikpangkat.com bapak dan ibu dapat mengikuti program Publikasi Artikel Populer di Naikpangkat.com,

Keuntungan Publikasi artikel di Naikpangkat.com yaitu:

  1. Dapat surat keterangan terbit
  2. Karya tulis dibaca oleh ribuan orang
  3. Koreksi artikel dan masukan dari editor berpengalaman
  4. Konsultasi gratis kepenulisan artikel populer
  5. Berpotensi mendapat angka kredit 1,5 untuk kenaikan pangkat guru

Berikut ada beberapa prosedur untuk publikasi artikel populer di Naikpangkat.com yakni:

  1. Kirim artikel dengan minimal 400 kata atau maksimal 1.200 kata
  2. Sertakan gambar pendukung (bila ada)
  3. Lakukan pembayaran 95 ribu per artikel ke no rekening BCA. No Rekening 816-106-4548
  4. Kirimkan artikel melalui link PUBLIKASIARTIKELPOPULER

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan artikel populer yang ditayangkan di Naikpangkat.com dapat mengunjungi facebook: naikpangkatcom, Telegram: naikpangkatcom atau anda dapat mengunjungi website naikpangkat di naikpangkatcom. Informasi selengkapnya dapat menghubungi nomor telepon 0813-3404-0185 ( Moh Haris S)

Penulis: Erlin Yuliana, Instagram: erlinyuliana3110

Berita Terkait

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024
Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024
Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data
Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024
CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025
Berita ini 27 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:09 WIB

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:00 WIB

Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 18:09 WIB

Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:21 WIB

Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:26 WIB

Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!

Berita Terbaru