Review Materi Ke 1 Diklat Gratis 35JP “Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat

- Editor

Sabtu, 19 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Review materi ke 1 diklat gratis 35JP dengan tema ” Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat” yang disampaikan oleh Moh Haris Suhud, S.S yaitu Menulis Artikel Populer.

Artikel merupakan sebuah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun media sosial. Artikel bertujuan untuk menyampaikan gagasan dilengkapi data dan fakta yang disajikan dalam bentuk tulisan. Sebuah artikel dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur para pembacanya.

Penulisan artikel bertujuan untuk sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan, sarana untuk berpikir secara sistematis, sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah,

sarana untuk menguraikan atau membahas pokok masalah yang telah ditentukan oleh peneliti, sarana untuk menjelaskan atau membahas suatu masalah sesuai bidang ilmu tertentu, sarana mendapatkan pengetahuan dan informasi, sarana untuk mengedukasi, serta sarana hiburan bagi pembaca

Sebuah teks artikel memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Isi tulisan dalam artikel didasari oleh fakta

Seluruh tulisan yang ditulis dalam sebuah artikel merupakan kejadian yang nyata dan bukan sebuah rekayasa penulis maupun mitos.

2. Bersifat faktual dan informatif

Artikel harus bersifat faktual yang mana penulisannya didasarkan pada kenyataan dan mengandung kebenaran. Selain itu artikel yang dibuat harus informatif yang berarti memberikan informasi berdasarkan hasil penelitian yang dapat dipastikan kebenarannya.

3. Mengandung opini atau gagasan yang subyektif

Artikel hendaknya ditulis berdasarkan gagasan atau opini penulisnya dan pemikiran tersebut dilandasi oleh fakta, hasil penelitian, maupun teori.

4. Artikel ditulis secara singkat, padat, dan jelas

Artikel harus ditulis secara singkat, padat dan jelas. Hal tersebut bertujuan agar artikel yang ditulis lebih mudah untuk diterima pembaca. Selain itu artikel juga harus ditulis dengan komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas. Maka dari itu artikel juga disebut sebagai tulisan ilmiah populer.

5. Penulisan artikel dibuat dengan sistematis

Artikel memiliki bagian-bagian tertentu dan ditulis secara sistematis sehingga pembaca dapat mengerti isinya dengan mudah.

Secara umum struktur artikel terdiri dari tiga bagian yaitu bagian Pernyataan pendapat atau tesis, bagian argumentasi serta bagian pernyataan ulang atau reiterasi.

1. Pernyataan pendapat atau tesis

Bagian ini berisi uraian aktual yang penting untuk dijadikan pijakan pembahasan di dalam artikel.

2. Argumentasi

Pada bagian argumentasi berisi permasalahan yang coba dibahas dan akan dikupas secara faktual dan informatif.

3. Pernyataan ulang atau Reiterasi

Bagian terakhir yakni pernyataan ulang atau Reiterasi yang berisi kalimat kunci yang merangkum pembahasan ke dalam bentuk simpulan.

Jenis-jenis Artikel

Berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitan, jenis artikel dibedakan menjadi beberapa macam yaitu:

1. Artikel praktis

Artikel praktis merupakan artikel yang mengutamakan keterampilan daripada pengembangan pengetahuan. Artikel ini cenderung naratif, artinya pesan yang disusun sesuai dengan urutan waktu, peristiwa, atau tahapan.

2. Artikel ringan

Hal utama yang dibahas dalam artikel ini ialah masalah yang ringan serta tidak membutuhkan pemahaman yang mendalam. Penulis mengemas artikel ini dengan memberikan kesan menghibur pembaca dengan isi artikel yang informatif sehingga  pembaca tidak perlu berkonsentrasi penuh untuk membaca sebuah artikel ringan.

3. Artikel opini

Secara umum semua artikel adalah opini. Jenis artikel opini hanya ada pada surat kabar atau majalah yang mempunyai penempatan khusus. Penempatan khusus ini terdapat dalam rubrik misalnya kolom opini, tajuk rencana atau editorial, dan lain-lain. Artikel ini membahas suatu permasalahan secara mendalam sehingga penulis harus memiliki pemahaman dan sudah ahli di bidang tersebut.

4. Artikel analisis ahli

Jenis artikel ini merupakan artikel yang berisi laporan sistematis mengenai hasil kajian atau penelitian, misalnya skripsi, tesis, disertasi atau penelitian lainnya.

Ciri khasnya yaitu penyajiannya yang tidak panjang lebar tetapi tidak mengurangi nilai keilmiahannya. Biasanya artikel ini dimuat pada jurnal-jurnal ilmiah. Perbedaan artikel analisis ahli yaitu pada artikel lain biasa menggunakan bahasa populer, sedangkan artikel analisis ahli harus memakai bahasa baku atau ilmiah.

5. Artikel Populer

Secara umum artikel populer merupakan sebuah tulisan atau artikel yang membahas tentang isu politik, ideologi, sosial, ekonomi, pertahanan, budaya, ilmu pengetahuan, keamanan termasuk tenologi yang sedang ramai dibicarakan dan menjadi perhatian seluruh masyarakat. Tulisan yang terdapat pada artikel populer juga tidak selalu berkaitan dengan berita tentang kejadian yang berkaitan dengan hal tersebut di atas melainkan juga diisi dengan pembahasan objektif.

Artikel populer digunakan untuk menuangkan pemikiran, pandangan, ide, gagasan secara objektif dari si penulis. Artikel ini berisi informasi namun informasi tersebut nantinya mampu digunakan sebagai dasar untuk berpikir dan juga bertindak ketika menghadapi persoalan tertentu.

Artikel populer ditulis seperti seperti artikel pada umumnya namun fokus pada beberapa bidang yang sudah dijelaskan sebelumnya. Hanya saja artikel populer tidak hanya memberikan informasi semata sehingga artikel tersebut harus ditulis sesuai dengan kaidahnya yang benar.

Jenis-jenis karya tulis

1. Karya tulis fiksi

Karya fiksi adalah sebuah prosa naratif yang sifatnya imajinasi atau karangan non-ilmiah dari penulis dan bukan berdasarkan kenyataan sehingga karya fiksi ini tidak terjadi di dunia nyata dan hanya berdasarkan imajinasi atau pikiran seseorang. Contoh karya fiksi yaitu puisi, novel, cerpen dan komik.

2. Karya tulis ilmiah

Karya ilmiah merupakan sebuah karya tulis yang diperoleh sesuai dengan sifat ilmiah dan didasarkan pada observasi, evaluasi, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan bahasa bersantun dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/keilmiahannya. Contoh karya ilimah yaitu jurnal, skripsi, tesis dan laporan penelitian.

3. Karya tulis populer

Karya tulis populer merupakan sebuah karya yang berupa artikel atau tulisan yang mengandung isi kajian, pandangan, atau juga opini yang disertai dengan argumentasi secara ilmiah yang penyajiannya menggunakan bahasa populer agar mudah orang awam pahami. Contoh karya tulis populer yaitu opini, feature dan berita.

Struktur penulisan artikel populer

Penulisan artikel populer harus memiliki struktur yang benar. Struktur penulisannya juga berbeda dengan struktur artikel berita atau opini. Artikel populer memiliki struktur yang lebih lengkap serta lebih objektif jika dibandingkan dengan artikel opini yang hanya menekankan pendapat pribadi dari si penulis. Sehingga dalam tulisan artikel populer terdiri dari judul, pendahuluan, masalah yang disajikan, pembahasan atau isi (uraian) kemudian ada kesimpulan atau penutup.

Dilihat dari strukturnya artikel populer terbilang lengkap akan tetapi masih lebih sederhana jika dibandingkan dengan artikel ilmiah yang merupakan artikel dengan isi berupa hasil penelitian. Persamaan artikel populer dengan artikel ilmiah adalah objektivitas penulis dari penulis artikel populer dan juga artikel ilmiah. Hal inilah yang membuat artikel populer dapat disebut artikel semi ilmiah.

Struktur artikel populer berbentuk piramida terbalik yang diawali dengan Headline yang mewakili seluruh isi tulisan dengan kalimat menarik, Lead yang berisi alinea pertama yang menggugah minat membaca yang diawali dengan sesuatu yang penting berupa fakta, kontroversial, pertanyaan atau sesuatu yang baru, body yaitu berisi detail pembahasan yang disesuaikan dengan lead, leg yang berisi penutup, solusi, rekomendasi, dan sebagainya.

Karakter tulisan artikel populer

Artikel populer ditulis dengan menggunakan bahasa ringan yakni bahasa sehari-hari sehingga dengan demikian materi yang ada di artikel dapat dengan mudah dipahami oleh para pembaca dari berbagai kalangan. Jadi walaupun yang dibahas adalah masalah serius, namun tetap mudah dicerna oleh khalayak ramai.

Karakter lainnya adalah isi atau pembahasan yang tidak hanya menyajikan logika berpikir melainkan juga diperkuat dengan pendapat para ahli termasuk hasil dari sebuah penilitian. Selain itu, jika terdapat kutipan asing jumlahnya juga akan dibatasi sehingga akan tetap menjadi artikel yang enak untuk dibaca dan dipahami oleh semua kalangan.

Artikel populer memiliki jenis yang berbeda dengan lainnya. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan dari mulai struktur hingga karakter penulisan.

Perbedaan karakter tulisan pada artikel populer yakni pertama pada tulisan fiksi memiliki karakter imaginative, berbahasa kiasan, serta gaya penulisannya bebas, kedua pada tulisan ilmiah memiliki karakter yang bersifat objektif, formal, strukturnya baku, gaya penulisan terstandar serta banyak istilah teknis, ketiga yaitu pada tulisan populer memiliki karakter yang bersifat subyektif/obyektif, bahasa yang digunakan fleksibel, struktur piramida terbalik, standar penulisan yang bebas, kosa kata bersifat populer.

Jika bapak dan ibu berminat agar tulisannya dapat dimuat di Naikpangkat.com bapak dan ibu dapat mengikuti program Publikasi Artikel Populer di Naikpangkat.com,

Keuntungan Publikasi artikel di Naikpangkat.com yaitu:

  1. Dapat surat keterangan terbit
  2. Karya tulis dibaca oleh ribuan orang
  3. Koreksi artikel dan masukan dari editor berpengalaman
  4. Konsultasi gratis kepenulisan artikel populer
  5. Berpotensi mendapat angka kredit 1,5 untuk kenaikan pangkat guru

Berikut ada beberapa prosedur untuk publikasi artikel populer di Naikpangkat.com yakni:

  1. Kirim artikel dengan minimal 400 kata atau maksimal 1.200 kata
  2. Sertakan gambar pendukung (bila ada)
  3. Lakukan pembayaran 95 ribu per artikel ke no rekening BCA. No Rekening 816-106-4548
  4. Kirimkan artikel melalui link PUBLIKASIARTIKELPOPULER

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan artikel populer yang ditayangkan di Naikpangkat.com dapat mengunjungi facebook: naikpangkatcom, Telegram: naikpangkatcom atau anda dapat mengunjungi website naikpangkat di naikpangkatcom. Informasi selengkapnya dapat menghubungi nomor telepon 0813-3404-0185 ( Moh Haris S)

Penulis: Erlin Yuliana, Instagram: erlinyuliana3110

Berita Terkait

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir
5 Tujuan Pembelajaran Sastra di Kurikulum Merdeka yang Wajib Dipahami Guru
Kabar Gembira, Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Bisa Dapat Dana Pendidikan Rp. 4,3 Juta Perbulan
Sastra Masuk dalam Kurikulum Merdeka, Download Bahan Ajarnya di Sini
Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Berita ini 63 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:39 WIB

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Kamis, 23 Mei 2024 - 10:40 WIB

5 Tujuan Pembelajaran Sastra di Kurikulum Merdeka yang Wajib Dipahami Guru

Kamis, 23 Mei 2024 - 09:15 WIB

Sastra Masuk dalam Kurikulum Merdeka, Download Bahan Ajarnya di Sini

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Berita Terbaru