Home / News

Selasa, 28 September 2021 - 00:04 WIB

Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran dengan Wick Editor

Pembelajaran jarak jauh memang membuat guru harus kreatif agar proses pembelajaran tidak terasa membosankan bagi para siswa sehingga materi pelajaran bisa sampai dan mudah dipahami oleh para siswa.

Karenanya banyak para guru yang kemudian memadukan materi pembelajaran dengan berbagai kreativitas seperti membangun diskusi interaktif hingga membuat materi pelajaran yang menghibur agar tidak terkesan monoton.

Terlebih saat ini, sudah banyak aplikasi penunjang yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk membuat materi pelajaran yang terlihat berbeda seperti dengan membuat video hingga animasi. Salah satu animasi itu yakni; Wick Editor. Aplikasi ini, tidak hanya digunakan untuk membuat video animasi tapi juga bisa digunakan untuk membuat games dan yang lainnya.

Cara penggunaannya pun relatif mudah termasuk bagi guru yang masih awam dengan pemanfaatan software maupun aplikasi untuk membuat materi pelajaran.

Selain itu, aplikasi Wick Editor pun tersedia untuk berbagai sumber baik online maupun offline sehingga tidak membutuhkan ruang penyimpanan khusus.

Untuk memulai membuat video animasi di Wick Editor, kunjungi situs https://www.wickeditor.com/. Terdapat dua pilihan, apakah Anda ingin mendownload aplikasi Wick Editor atau membuat video animasi secara langsung di laman Wick Editor.

Jika ingin membuatnya secara langsung tanpa harus mendownload aplikasi, klik “Launch Web Editor” setelah itu Anda akan langsung diarahkan ke laman proyek atau bisa juga klik “New” di menu kanan atas laman.

Kemudian akan tampil tools untuk membuat animasi seperti Brush, Pencil, Eraser, Text dan yang lainnya. Terdapat layer project atau kanvas tempat Anda membuat proyek animasi, sedangkan dibagian bawahnya terdapat layer khusus video untuk memutar tampilan animasi yang sudah Anda buat.

Baca Juga:  Langkah Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan Power Point

Menambahkan Animasi

Untuk menambahkan animasi, Anda bisa meng-klik Asset Library di sisi kanan bawah laman proyek, kemudian klik ikon “+”  untuk menambahkan gambar animasi dari library Wick Editor atau Anda juga bisa mengupload gambar atau animasi milik Anda sendiri dengan meng-klik “Upload Assets”.

Gambar yang sudah dipilih atau diupload akan muncul di boks filter. Untuk menampilkan gambar di kanvas project cukup klik dua kali pada gambar yang ada di boks filter.

Mengolah Gambar Animasi

Anda bisa memulai mengolah gambar animasi di kanvas project, seperti menambahkan warna atau menambahkan garis atau menyisipkan teks di layer project.

Menggunakan Tools Wick Editor

Untuk mengolah tampilan gambar animasi itu, Anda juga harus memahami cara penggunaan berbagai tools atau peralatan yang disediakan di atas panel menu layer project. Berikut beberapa tools yang ada di Wick Editor dan cara menggunakannya:

  • Brush: Untuk menggambar dengan menggunakan shape langsung.
  • Pencil: Untuk menggambar dengan menggunakan stroke atau line.
  • Eraser: Untuk menghapus line, shape, dan bentuk lainnya.
  • Rectangle: Untuk membuat kotak. Di tool ini terdapat pilihan stroke width untuk mengatur ketebalan garis, dan radius corner untuk mengatur kelengkungan sudut kotak.
  • Circle: Untuk membuat lingkaran/elips.
  • Line: Untuk membuat line/garis. Tool ini cocok kalau kita pakai mouse, untuk membuat garis-garis tegas, yang kemudian akan ditarik dengan path cursor (selanjutnya).
  • Text: Untuk membuat teks.
  • Eye dropper: Untuk mengambil warna yang ada di kanvas. 
  • Fill color: Untuk mewarnai shape, bidang, atau area.
Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Presentasi Menarik secara Online

Cara Menampilkan Hasil Video Animasi

Setelah membuat kreasi video animasi, Anda bisa melihat hasil akhirnya dengan meng-klik ikon play berwarna hijau atau “Preview Play”. Jika dirasa penempatan animasinya masih belum sesuai, Anda juga bisa mengatur tata letak layer video di frame Wick Editor atau bisa pula memperbaiki tampilan tiap gambar animasi dengan memilih layernya secara langsung.

Setelah proses pembuatan video animasi selesai, Anda bisa langsung menyimpan file video tersebut. Caranya, klik “Export” kemudian akan terdapat dua pilihan penyimpanan yakni: file GIF (Grafic Interchangeable Format) atau gambar animasi berdurasi pendek atau dalam format video yang memiliki suara dengan durasi yang lebih panjang, kemudian beri nama file setelah itu klik “Save” dan video animasi sudah bisa langsung digunakan.

Wick Editor ini pada dasarnya program animasi berbasis vektor dengan kualitas yang tinggi meski dilakukan pembesaran (zoom) sehingga Anda tak perlu khawatir dengan kualitas video animasinya.

Ikuti Diklat “Pembuatan Video Animasi dengan Wick Editor” melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: t.me/CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

penggunaan masker di tengah pembelajaran

News

Tips Menjadi Guru Inspiratif Idaman Siswa
https://naikpangkat.com/diklat-35jp-implementasi-proyek-penguatan-profil-pelajar-pancasila-dan-budaya-kerja-pada-kurikulum-merdeka-segera-daftar-sebelum-tutup/

News

e-Guru.id, Tempat Belajarnya Para Guru
silhoette of woman

News

Kebijakan Kemendikbud soal Peraturan Siswi Hamil 

News

Mengejutkan! Ini Hasil Asesmen Nasional Yang Diungkap Nadiem Makarim

News

Jadwal Terbaru Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Tahun 2022, Triwulan I Cair Lebih Awal!
guru

News

Aplikasi yang Dapat Memudahkan Pekerjaan Guru
https://naikpangkat.com/download-materi-pelatihan-gratis-4-jp--membuat-kartu-ucapan-lebaran-di-canva/

News

Cara Mudah Menyusun Karya Tulis Ilmiah Dengan Benar
mendidik anak menggunakan smartphone

News

Cara Mudah Membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) secara Online