Home / News

Minggu, 12 Juni 2022 - 12:28 WIB

Rekomendasi Aplikasi Rekap Nilai SD Terbaik dan Cara Menggunakannya

Aplikasi Rekap Nilai SD – Pada hakikatnya, menjadi seorang guru bukan perkara mudah. Pasalnya, Anda harus membuat silabus sekaligus membaca kembali materi yang ada. Anda pun dituntut untuk membagikan materi dengan sebaik mungkin supaya murid dapat memahami materi dengan mudah.

Selain itu, seorang guru harus menguji tingkat pemahaman murid dengan indikator tertentu. Biasanya dimanifestasikan dalam bentuk angka. Nantinya, angka tersebut ditulis ke rapor dan dibagikan kepada para murid. Sekiranya kurang, murid akan disuruh mengulang kembali materi.

Aplikasi Rekap Nilai SD Terbaik

Memang, rapor adalah hasil dari seberapa tingginya murid memahami suatu teori. Dalam membuat rapor, banyak langkah-langkah yang mesti dilakukan. Salah satunya adalah melakukan rekap data secara akurat, entah itu manual atau menggunakan aplikasi berikut:

  1. Kang Martho

Kang Martho adalah aplikasi rekap nilai SD terbaik. Pasalnya, UI alias tampilan awal aplikasi cukup sederhana dan mudah digunakan. Sehingga wajar saja banyak guru yang memanfaatkannya, bahkan sejak tahun 2011.

Adapun nama Kang Martho sendiri diambil dari penciptanya, Umar Thalib. Umar Thalib merupakan seorang guru yang berasal dari Lumajang. Diketahui, dirinya mengajar di tingkat Sekolah Dasar.

  1. Nurhayati Mualif

Nurhayati Mualif adalah aplikasi rekap nilai SD terbaik kedua yang ada pada daftar kali ini. Berbeda dengan sebelumnya, aplikasi tersebut menawarkan fitur kepada para guru, seperti piagam otomatis bagi mereka yang mendapatkan peringkat sempurna di kelas.

Selain itu, aplikasi Nurhayati Mualif pun mampu menyusun peringkat murid secara otomatis berdasarkan seberapa besar nilai mereka. Dengan hal demikian, guru tidak perlu menghabiskan waktu banyak untuk melakukan itu.

Semua fitur tadi dapat Anda nikmati asalkan telah memiliki aplikasi Nurhayati Mualif di perangkat masing-masing. Tanpa harus membayar sepeser pun, seperti aplikasi sejenis lainnya yang jumlahnya banyak di internet.

  1. Alfi Hasan
Baca Juga:  Soft Skill Guru : Semakin Kreatif untuk Pendidikan Tercerahkan

Alfi Hasan merupakan salah satu guru di Sekolah Dasar Negeri 86 Ambon. Dirinya mengembangkan sekaligus merilis aplikasi rekap nilai SD terbaik di Indonesia. Pada akhirnya, aplikasi tersebut digunakan oleh sebagian tenaga pengajar di tingkat daerah atau nasional.

Secara umum, fitur dari aplikasi buatannya ini sama seperti yang lain. Hanya satu yang menjadi pembeda, yaitu tampilan antar muka sederhana. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan guru dalam menginput data nilai murid.

  1. Aplikasi Rapor ARABASE

Rapor ARABASE adalah aplikasi rekap nilai SD terbaik berikutnya pada pembahasan kali ini. Menurut beberapa sumber, I Made Rai Ali Sentanu adalah guru yang mengembangkan aplikasi penilaian ini.

Sama seperti ketiga nama sebelumnya, Rapor ARABASE menawarkan tampilan yang sederhana. Tujuannya agar guru mampu menggunakannya dengan mudah  dan tidak memakan waktu lama, seperti aplikasi-aplikasi lain.

Selain itu, ARABASE dilengkapi fitur-fitur menarik yang dapat membantu para guru dalam merekap nilai SD. Salah satunya adalah format rapor tengah semester yang akan diberikan kepada murid.

Apabila Anda hendak mengukur seberapa baiknya performa murid di bidang akademik, Anda dapat melihatnya pada aplikasi tersebut. Data yang ditampilkan berupa grafik dengan keterangan di bagian bawah.

  1. Rapor K13

Rapor K13 adalah aplikasi rekap nilai SD yang terakhir pada pembahasan ini, sebelum dilanjutkan ke materi tentang cara menggunakannya.

Pada kemunculan pertama kali, Rapor K13 mengalami crash terus menerus. Hal tersebut membuat sebagian pengguna kesal dan mencabutnya dari perangkat mereka. Namun sang pengembang, yaitu Hasbullah Jaini memperbaiki segala kerusakan sehingga aplikasi ini dapat digunakan kembali.

Halaman Selanjutnya

Cara Menggunakan Aplikasi Rekap Nilai SD

Share :

Baca Juga

Perbedaan kurikulum merdeka degan kurikulum 2013

News

Gempa di Cianjur Rubuhkan 142 Sekolah : Sekolah Pasti Daring
belajar sambil bermain

News

7 Tema dan Kompetensi Yang Harus Dikuasai Dalam Projek Penguatan Profil Pancasila di Kurikulum 2022

News

Breaking News! Mulai Juli 2022 Mata Pelajaran PPKN Dihapus Dari Daftar Mata Pelajaran Semua Jenjang Pendidikan

News

Segera Daftar Diklat Nasional Bersertifikat 64 JP: Penyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP), Modul Ajar dan Modul Projek

News

Syarat Kelulusan PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022, Jangan Sampai Mengulang!

News

Tahapan Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Terbaru

News

Pembelajaran Kontekstual : Mengaitkan Pembelajaran dengan Kehidupan Sehari-Hari
whatsapp untuk pembelajaran

News

Optimasi WhatsApp sebagai Media Pembelajaran