Model role playing (bermain peran) atau sama halnya dengan sosiodrama, yang pada dasarnya mendramatisasikan tingkah laku dalam hubungannya dengan masalah sosial. Bermain peran pada prinsipnya merupakan pembelajaran untuk menghadirkan peran-peran yang ada dalam dunia nyata ke dalam suatu pertunjukan peran di dalam kelas, yang kemudian sebagai bahan refleksi agar peserta memberikan penilaian terhadap pembelajaran kemudian memberikan saran/ alternatif pendapat bagi pengembangan peran-peran tersebut
LANGKAH-LANGKAH ROLEPLAY
Langkah-langkah penerapan model pembelajaran bermain peran (role playing) adalah sebagai berikut.
1. Persiapan atau Pemanasan
Guru berupaya memperkenalkan siswa pada permasalahan yang mereka sadari sebagai suatu hal yang bagi semua orang perlu mempelajari dan menguasainya. Hal ini bisa muncul dari imajinasi siswa atau guru menyiapkannya secara sengaja. Sebagai contoh, guru menyediakan suatu cerita untuk dibaca di depan kelas. Pembacaan cerita berhenti jika dilema atau masalah dalam cerita menjadi jelas. Kemudian selanjutnya pengajuan pertanyaan oleh guru yang membuat siswa berpikir tentang hal tersebut.
2. Memilih Pemain (partisipan)
Siswa dan guru membahas karakter dari setiap pemain dan menentukan siapa yang akan memainkannya. Dalam pemilihan pemain, guru dapat memilih siswa yang sesuai untuk memainkannya atau siswa sendiri yang mengusulkannya.
3. Menata Panggung (ruang kelas)
Guru mendiskusikan dengan siswa mengenai tempat mereka bermain serta menyiapkan segala kepeluan lainnya.
4. Menyiapkan Pengamat (observer)
Guru menunjuk siswa sebagai pengamat, namun demikian penting untuk dicatat bahwa pengamat di sini harus juga terlibat aktif dalam permainan peran
5. Memainkan Peran
Melaksanakan permainan peran secara spontan. Pada awalnya akan banyak siswa yang masih bingung memainkan perannya atau bahkan tidak sesuai dengan peran yang seharusnya ia lakukan. Bahkan mungkin ada yang memainkan peran yang bukan perannya. Jika permainan peran sudah terlalu jauh keluar jalur, guru dapat menghentikannya untuk segera masuk ke langkah berikutnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 Selanjutnya