Mengenal Tumbuhan Kelapa yang Kaya Manfaat

- Editor

Senin, 7 Juni 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tumbuhan kelapa merupakan tumbuhan daerah tropik yang diperkirakan berasal dari pesisir Hindia. Penyebarannya sangat luas mulai dari daerah pantai hingga daerah pegunungan.

Kelapa yang memiliki Cocos nucifera termasuk tumbuhan berkeping satu (monokotil)  dari suku Palmae (pinang-pinangan). Hal itu bisa dilihat berdasarkan ciri-cirinya yang dimiliki,  di antaranya adalah:  berakar serabut, batangnya yang tidak bercabang dan tidak berkambium, berkas pembuluh angkutnya tersebar, bentuk daunya seperti pita, tulang daun sejajar, kelopak bunganya berkelipatan tiga, berumah satu, dan tinggi pohon kelapa bisa mencapai 30 meter.

Di Indonesia provinsi Sulawesi Utara  merupakan daerah terbesar penghasil kelapa, sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara produsen  kelapa terbesar di dunia dengan produksi mencapai 183 juta ton pada tahun 2018.

Kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang banyak manfaat. Seluruh bagian tubuhnya, mulai dari akar hingga buahnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Berikut beberapa manfaat organ  tumbuhan kelapa:

Akar

Tumbuhan kelapa memiliki akar serabut yang tebal dan sangat kuat. Sangat adaptif untuk hidup di daerah pantai, sehingga dapat menahan abrasi air laut.

Akar kelapa juga dapat digunakan untuk membuat zat pewarna dan juga sudah lama digunakan sebagai obat wasir.

Batang

Batang  kelapa atau orang Jawa biasa menyebutnya dengan   “Gelugu” dapat dibuat sebagai papan untuk bahan bangunan. Di desa, masyarakat biasanya menggunakan kayu kelapa untuk usuk dan reng pada atap rumah. Kata mereka, kayu kelapa keras dan anti rayap,  yang penting umurnya sudah tua.

Pelepah Daun Kelapa

Pelepah kelapa dapat digunakan untuk kayu bakar dan membuat tali.

Daun kelapa oleh sebagian orang digunakan  untuk atap rumah dan sebagai bahan baku kerajinan tangan seperti membuat kupat, dekorasi, tempat buah, dan lain-lain. Lidinya pun bisa digunakan sebagai sapu, tusuk sate, dan juga dibuat kerajinan tangan seperti lampion, piring, atau tempat buah.

Bunga dan Buah

Bunga betina dan buah mudanya menghasilkan mira yang  dapat diolah menjadi gula merah untuk kebutuhan bumbu masak dan jamu.  Umbutnya berasa manis dan dapat dibuat sebagai sayur yang lezat—yang oleh salah satu suku tertentu di nusantara merupakan hidangan yang wajib dihidangkan pada acara pesta.

Daging Buah Kelapa

Daging buah kelapa dapat dibuat kopra, minyak, atau kue. Parutan daging buahnya menghasilkan santan yang dapat memberikan cita rasa masakan menjadi sedap dan gurih. 

Daging buah yang muda bisa digunakan untuk campuran pada minuman. Sementara itu air kelapa dapat diminum langsung sebagai pengganti ion tubuh setelah kita berolahraga, penawar racun, dan dapat juga dibuat  olahan minuman yang sangat populer di kalangan masyarakat kita yaitu nata de coco.

Serabut

Serabut kelapa dalam bahasa Jawa dikenal dengan sebutan “sepet”,  sudah sejak lama dimanfaatkan  sebagai bahan baku dalam pembuatan  bahan bakar, tali, isi jok kursi, keset, sapu lantai, dan berbagai pot bunga.

Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa dapat dimanfaatkan untuk membuat arang. Ada juga dengan sentuhan tangan-tangan terampil, tempurung kelapa dapat disulap menjadi kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual yang mahal seperti lampion dan hiasan rumah lainnya.

Ada juga yang membuat tempurung kelapa menjadi alat rumah tangga seperti sendok, mangkok, asbak, teko, cangkir, irus dan masih banyak lainnya.

Itulah tumbuhan kelapa yang mulai dari akar  sampai bunga dan buahnya sangat berguna bagi kehidupan manusia. Allah SWT Maha Sempurna, tidak pernah sia-sia dalam penciptaan sesuatu. Dan falsafah hidup  yang  bisa kita petik dari tumbuhan kelapa adalah  dalam hidup ini kita harus banyak berguna bagi orang  yang  lain. 

Di negara kita ini, pohon kelapa  adalah tumbuhan yang sangat mudah ditemukan tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal.  Semoga ke depan, di tangan-tangan terampil anak bangsa bisa menghasilkan sebuah produk  olahan dari kelapa yang bergizi  dan bermutu tinggi.

Ditulis oleh Yohana,  .S.Pd, Guru MTs. Darussalam Adijaya

Berita Terkait

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 
Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan
Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan
Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan
Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 
Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua
Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan
Berita ini 21 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:35 WIB

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 - 15:20 WIB

Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

Jumat, 16 Februari 2024 - 09:32 WIB

Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:50 WIB

Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan

Selasa, 6 Februari 2024 - 10:35 WIB

Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Senin, 5 Februari 2024 - 10:27 WIB

Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:55 WIB

Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:20 WIB

Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan

Berita Terbaru