Berikut adalah komponen yang dimiliki oleh metode STEAM, yaitu:
- Pemecahan masalah yang digunakan dalam pembelajaran ini dilakukan melalui inovasi dan desain.
- Dalam proses pembelajaran terdapat keterkaitan antara asesmen, rencana belajar, dan standar pembelajaran.
- Memiliki kombinasi lebih dari satu subjek dalam STEAM dan kegunaannya dalam seni.
- Adanya lingkungan pembelajaran yang kolaboratif dan process based learning menjadikan siswa lebih nyaman dalam belajar.
- Fokus pada hal-hal yang terjadi di kehidupan nyata.
Cara Menerapkan Pembelajaran dengan Metode STEAM
Cara menerapkan pembelajaran dengan proyek STEAM ini menggunakan pendekatan yang dilakukan oleh insinyur dalam menciptakan sebuah produk teknologi. Proses ini dikenal juga dengan istilah engineering design process (EDP).
Berikut adalah langkah menerapkan EDP dengan pembelajaran dengan proyek STEAM.
- Ask (menemukan masalah beserta solusinya)
Langkah pertama menerapkan pembelajaran dengan proyek STEAM ini adalah, minta siswa melakukan identifikasi terhadap masalah atau kebutuhan yang muncul dari sebuah fenomena. Setelah itu, picu siswa untuk menentukan kriteria dan batasan yang digunakan untuk merancang solusi atas masalah yang ditemukan.
Halaman berikutnya
Halaman : 1 2 3 4 Selanjutnya