- Imagine (membayangkan produk)
Setelah tahu, identifikasi masalahnya, ajak siswa membayangkan sebuah produk yang bisa menjawab permasalahan tersebut. Ajak siswa untuk membayangkan bagaimana produk bisa diwujudkan secara nyata. Untuk mewujudkan produknya, siswa bisa saling berdiskusi dan berbagi ide dalam kelompok belajar.
- Plan (merencanakan produk)
Setelah sebelumnya membayangkan produk yang akan dihasilkan, selanjutnya siswa menyusun rencana tentang produk yang akan dibuat. Rancangan produk ini meliputi desain bentuk, ukuran, dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat produk tersebut.
Biarkan siswa merencanakan produk yang bisa menjawab permasalahan yang telah ditentukan sebelumnya.
- Create and improve (membuat serta melakukan uji coba produk)
Tahap terakhir dari penerapan pembelajaran dengan proyek STEAM ini adalah membuat serta melakukan uji coba produk.
Bimbing siswa agar berhasil membuat produk sesuai dengan rancangan yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan produk yang dibuat bisa menyelesaikan masalah yang sudah ditentukan di awal proyek.
Jangan sampai bertentangan dengan permasalahan yang telah diidentifikasi sebelumnya. Setelah itu, minta siswa untuk melakukan uji coba produk berdasarkan kriteria dan batasan yang sudah ditentukan sebelumnya.
Jika setelah pengujian, produk belum memenuhi kriteria, diskusikan bersama siswa tentang cara untuk memperbaiki dan menyempurnakan produk tersebut. Apabila sudah berhasil, jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada siswa karena telah berhasil menjawab permasalahan proyek STEAM-nya.
Halaman berikutnya
Halaman : 1 2 3 4 Selanjutnya