Manfaat Book Creator Untuk Membuat E-Modul Interaktif dan Menarik

- Editor

Sabtu, 26 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Book Creator sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran terutama pada era pandemi covid-19 seperti sekarang ini, yang mana telah berdampak pada perubahan yang sangat drastis di berbagai sektor kehidupan manusia di seluruh dunia, termasuk perubahan pada sektor ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

Pada bidang pendidikan pandemi covid-19 sangat berdampak pada jalannya proses kegiatan pembelajaran di sekolah yang awalnya proses kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka antara guru dengan peserta didik maka pada era pandemi ini telah berubah menjadi pembelajaran daring yang sangat berdampak pada hasil pembelajaran siswa.

Pembelajaran daring merupakan salah satu solusi yang dapat diberikan agar dapat melangsungkan proses pembelajaran pada masa pandemi. Tujuan diberlakukannya pembelajaran daring ini yakni untuk memutus mata rantai penularan covid-19 yang sedang terjadi.

Proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring tersebut sangatlah kurang efektif, hal tersebut dikarenakan waktu dan tempat yang digunakan pada proses pembelajaran tersebut sangat terbatas. Selain itu materi yang diberikan melalui pembelajaran secara daring juga mengakibatkan pembelajaran kurang Efektif.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka seorang guru harus memiliki kemampuan yang baik dalam memanfaatkan kemajuan teknologi, karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring pasti menggunakan berbagai macam teknologi, sehingga penyampaian kompetensi dasar dapat terpenuhi dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Dalam menggunakan berbagai macam teknologi untuk pembelajaran daring tersebut pasti ada berbagai kendala yang sering terjadi, kendala tersebut diantaranya lokasi rumah tidak terjangkau jaringan internet, kuota internet peserta didik yang kurang, media pembelajaran yang digunakan oleh guru dominan monoton sehingga membuat para peserta didik merasa jenuh atau bosan.

Sehingga kendala tersebut harus diatasi oleh guru agar memperoleh pembelajaran daring yang efektif. Untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif maka salah satu cara yang dapat digunakan guru yakni dengan menulis modul dengan book creator.

Book Creator merupakan sebuah “tool” sederhana yang digunakan untuk membuat sebuah buku atraktif. Sehingga dengan tool ini maka guru tidak hanya bisa menampilkan gambar dan tulisan seperti dalam e-book tetapi juga dapat menyisipkan audio ataupun video.

Cara menggunakan tool ini sangatlah mudah yakni, pertama pastikan komputer atau laptop kita sudah terinstal Google Chrome. Selanjutnya arahkan url pada address bar google chrome menuju alamat https://app.bookcreator.com, kemudian unduh dan instal aplikasi Book Creator.

Selanjutnya jalankan aplikasi book creator kemudian klik ikon New Book yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu pilih layout buku yang akan dibuat, bisa Portrait, Square, Landscape atau yang lainnya.

Apabila layout sudah ditentukan selanjutnya kreasikan desain e-book tersebut dengan menekan tombol +. Pada tool tersebut ada dua macam tabulasi. Tabulasi pertama yaitu media yang dapat digunakan untuk menyisipkan sebuah file audio, video melalui tombol Import.

Untuk menggambil gambar dengan menggunakan kamera di laptop, maka dapat dilakukan dengan menekan menu pen pada kamera. Selain itu untuk menyalin teks dapat dilakukan dengan menggunakan menu Text dan untuk merekam suara dapat dilakukan dengan menggunakan menu Record.

Sedangkan tabulasi kedua yakni merupakan sebuah menu tabulasi Shapes yang digunakan untuk menyisipkan bentuk gambar gambar yang tersedia di dalamnya.

Supaya halaman buku yang dibuat tidak membosankan ketika dibaca oleh peserta didik maka guru harus bisa memfasilitasi peserta didik dengan bahan bacaan dengan berbagai format dan penugasan selama pembelajaran daring di masa pandemi ini berlangsung. Sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

Untuk mempublikasikan modul dengan book creator maka dapat dilakukan pada google classroom. Sehingga peserta didik dapat dengan mudah membaca dan menyunting buku atau modul yang dibagikan. Dengan demikian proses pembelajaran yang dilakukan secara daring dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Jika anda berminat ikutilah pelatihan Bersertifikat 32JP “Membuat E-Modul Interaktif & Menarik Melalui Book Creator” yang diselengarakan oleh e-guru.id dengan cara mendaftar pada link di bawah ini

DAFTAR SEKARANG

Penulis : ( EYN)

 

 

 

Berita Terkait

CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025
Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!
Terbaru, Terbit Surat Edaran Kemendikbud Ristek Untuk Calon Peserta PPG Daljab 2024, Cek Segera!
Daftar PPG Daljab 2024 Tidak Perlu NUPTK Tapi Wajib Punya SKCK, Begini Cara Mengurusnya
Persiapan PPG Daljab 2024: Login, Cek Undangan, dan Daftar Akun di SIMPKB
Berita ini 284 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:23 WIB

CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:26 WIB

Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!

Senin, 10 Juni 2024 - 15:35 WIB

Daftar PPG Daljab 2024 Tidak Perlu NUPTK Tapi Wajib Punya SKCK, Begini Cara Mengurusnya

Senin, 10 Juni 2024 - 12:55 WIB

Persiapan PPG Daljab 2024: Login, Cek Undangan, dan Daftar Akun di SIMPKB

Senin, 10 Juni 2024 - 11:12 WIB

Siap-Siap! Bocoran Jadwal Pendaftaran PPG Daljab 2024 Dibuka Bulan Juli?

Berita Terbaru