Home / News

Rabu, 24 November 2021 - 18:09 WIB

Ingin Punya Website Pendidikan? Yuk, Manfaatkan Google Sites

 

Pembuatan website – Pembelajaran pada abad ini sangat mengalami perubahan drastis, perubahan yang paling berbeda yaitu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Pembelajaran tradisional dilakukan dengan bertatap muka di kelas pada waktu dan tempat yang sama, sekarang dipermudah dengan kemajuan teknologi. Salah satunya yaitu dengan pembuatan website.

Pembuatan website sekarang sangatlah mudah dipelajari dalam pembuatannya. Aplikasi yang populer dalam membantu pembuatan website salah satunya yaitu google sites.

Aplikasi ini banyak penggunanya dikarenakan dalam proses pembuatannya menggunakan bahasa pemrograman yang sederhana sehingga orang awam juga mampu membuat dan mengelolanya dengan baik.

Hal terpenting dalam penggunaan google sites yaitu sangat mudahnya menambahkan informasi yang dapat diakses oleh semua orang, serta dapat bekerjasama dalam mengelolanya.

Pengelola juga dapat mengakses langsung menuju aplikasi keluaran google lainya. Contohnya yaitu: google forms, google image, google docs dan aplikasi lainnya

Penggunaan website dalam ranah pendidikan sangat membantu guru dan murid dalam proses pembelajarannya karena sangat praktis dan bisa diakses kapanpun dan di manapun.

Baca Juga:  Cara Koreksi Jawaban Ujian Siswa Super Cepat dan Otomatis dengan Aplikasi Evalbee

Website yang dibuat dengan google sites sangat membantu dalam memberikan informasi mengenai materi pelajaran yang menarik, silabus, dan pengetahuan lainya baik bagi siswa.

Dengan adanya website juga memungkinkan orang tua untuk mengetahui progres anaknya di sekolah yang dikomunikasikan oleh guru secara berkala.

Pemanfaatan aplikasi google sites dalam proses pembelajaran dan pembuatan website

  1. Belajar jadi lebih menarik
    Penggunaan website dengan google sites membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan materi pembelajarannya juga menjadi lebih lengkap sebab adanya akses langsung menuju aplikasi keluaran google lainnya
  2. Mudah dalam mengakses materi pembelajaran
    Materi pembelajaran sangat mudah untuk diakses siswa sehingga bisa kapanpun dan manapun untuk mengakses materinya, sehingga materi pembelajaran pun tidak akan hilang ataupun takut tertinggal di rumah seperti buku pembelajaran. Adanya website dengan google sites juga memudahkan guru untuk tinggal meng-upload materinya saja tanpa harus ribet membawa buku ke kelas.
  3. Mendapat informasi pembelajaran secara cepat
    Penggunaan website dengan google sites, dapat memudahkan siswa dan guru untuk mendapatkan informasi pembelajaran secara cepat sesuai dari sumber unggahan oleh guru
  4. Siswa dapat mengakses silabus pembelajaran
    Silabus pembelajaran dapat diakses oleh siswa, sehingga siswa mengetahui dan dapat mempersiapkan pembelajarannya sesuai dengan pertemuannya. Silabus ini diunggah oleh guru sehingga siswa dapat bersiap dan mempelajari dulu materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
  5. Memudahkan pemberian tugas kepada siswa
    Guru dapat memberikan tugas pembelajaran pada siswa, hal ini membuat siswa mendapatkan informasi secara terpercaya dan tidak ketinggalan atas tugas-tugas yang sudah diberikan oleh guru ke siswa.
Baca Juga:  Membuat Microblog Materi Pelajaran di Powerpoint

 

Ikuti Diklat “Pembuatan Website Pembelajaran dengan Google Sites” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Penulis: Fauzan Adhiman

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/free-pelatihan-32jp-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-segera-mudah/

News

Wow, Ternyata Bahan Ajar Bisa Digunakan untuk Kenaikan Pangkat!

News

Langkah Praktis Menyusun LKPD Online Menggunakan Liveworksheets

News

Implementasi Kurikulum Prototipe Tingkat PAUD

News

Cari Tahu Soal Permendukbud Ristek Nomor 40 Tahun 2021, Ini Kata Mendikbud dan Dirjen GTK !

News

Penting Bagi Seluruh Guru, Syarat Lengkap Seleksi PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022 Sesuai 4 Kategori Ini !
https://naikpangkat.com/memahami-enjoyfull-learning-dalam-pembelajaran/

News

Tingkatkan Skill dan Kompetensi Guru dengan Mengikuti Seminar Online Gratis dari e-Guru.id

News

Cara Jitu Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja

News

Google Workspace For Edu, Solusi PTM Terbatas Anti Boring!