3 Cara Menggunakan Media Musik pada Pembelajaran Daring untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Asik dan Menyenangkan

- Editor

Kamis, 25 November 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Media pembelajaran dengan musik – Era pandemi covid-19 ini banyak pendidik merasa kebingungan bahkan merasa bosan dengan penggunaan media pembelajaran yang monoton. Rasa bingung dan bosan tersebut disebabkan karena keterbatasan pengetahuan mengenai penggunaan media pembelajaran secara keseluruhan terutama pada saat pembelajaran daring pada masa ini. Untuk mengatasi hal tersebut ada banyak variasi media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sarana belajar baik secara daring maupun luring untuk menciptakan suasana belajar yang asyik dan menyenangkan.

Media pendidikan sebagai salah satu sumber belajar yang secara tidak langsung dapat menyalurkan pesan walaupun terkendala keterbatasan jarak, waktu, daya indra dan intelegensi sehingga sangat dibutuhkan dalam upaya mencapai keberhasilan proses pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan oleh guru sebaiknya  memperhatikan karakteristik dari media yang akan digunakan, hal ini sangat tergantung erat dengan kemampuan dasar dari guru yang bersangkutan.

Pemilihan media yang tepat akan memudahkan dan mengefektifkan proses pembelajaran. Proses pemilihan ini pada dasarnya merupakan proses pengambilan keputusan dari berbagai pilihan yang ada. Untuk mendapatkan keputusan yang baik perlu diperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media yakni menentukan jenis musik dengan tepat artinya seorang guru memilih terlebih dahulu media manakah yang sesuai dengan tujuan dan bahan pelajaran yang akan diajarkan, menetapkan atau memperhitungkan subyek dengan tepat, artinya guru perlu mempertimbangkan apakah media yang akan digunakan sesuai dengan tingkat kematangan/kemampuan anak didik, menyajikan media dengan tepat, artinya teknik dan metode penggunaan media dalam pengajaran haruslah sesuai dengan tujuan bahan metode, waktu dan sarana yang ada, menempatkan atau memperlihatkan media pada waktu, tempat dan situasi yang tepat, artinya pada saat mengajar penggunaan media harus didasarkan pada waktu dan kondisi untuk menggunakan media tersebut.

Sebelum menggunakan media pembelajaran ada beberapa hal yang harus disiapkan supaya media yang digunakan tidak menyimpang dari tujuan yang diharapkan. Hal yang harus disiapkan sebelum penggunaan media yaitu dengan membuat media yang sesuai dengan tujuan intruksional. mempersiapkan alat yang akan dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran serta empersiapkan penempatan media yang digunakan dalam pembelajaran, agar mudah dilihat atau didengar siswa.

Salah satu variasi media pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran adalah musik. Musik dapat digunakan sebagai media pembelajaran daring karena musik dapat meningkatkan daya ingat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa karena pada bidang akademis musik sangat efektif dalam membentuk pola belajar yang efektif, mengatasi kebosanan dan menangkal kebisingan eksternal yang mengganggu. Hal itulah yang menjadikan musik secara aktif berpengaruh pada perkembangan mental dan fisiologis otak.

Selain dapat meningkatkan daya ingat siswa musik juga memberikan efek relaksasi bagi siswa sehingga pembeajaran dengan memakai media musik dapat menciptakan suasana belajar yang asik dan menyenangkan karena musik merupakan suatu alat yang dapat menjadikan seseorang merasa gembira, senang, serta nyaman.

Penggunaan musik sebagai media pembelajaran musik dapat mengubah lingkungan belajar menjadi menyenangkan sehingga membuat siswa menjadi antusias untuk belajar karena Musik dapat digunakan untuk merangsang kinerja otak yang bertanggung jawab pada emosi dan ingatan. Penggunaan musik sebagai media pembelajaran dapat menumbuhkan motivasi sehingga akan mendorong partisipasi dalam pembelajaran sehingga tujuan dalam fungsi sosial, bahasa, serta motorik seseorang dapat tercapai. Dengan menggunakan musik sebagai media pembelajaran di sekolah diharapkan dapat mengubah suasana lingkungan belajar siswa menjadi asik dan menyenangkan.

Pada pembelajaran daring penggunaan media musik sangat dianjurkan untuk menciptakan suasana yang asik dan menyenangkan. Untuk menjadikan musik sebagai media pembelajaran hal yang dapat dilakukan yaitu mencari relevansi materi dengan musik tertentu. Keuntungan penggunaan musik sebagai media pembelajaran yakni menjadikan siswa rileks sehingga dapat mengurangi stres, menambah kedisiplinan siswa, dapat merangsang aktivitas serta kemampuan berpikir, menumbuhkan kreativitas, membangkitkan semangat minat baca, keterampilan motorik, dan perbendaharaan kata, serta efektif pada proses pembelajaran yang melibatkan pikiran sadar maupun pikiran bawah sadar.

Penggunaan media pembelajaran  musik dapat diterapkan dengan cara mempersapkan lagu model, memadukan alat musik ritmis dengan alat musik melodis dan menggunakan perangkat elektronik sebagai alat pendukung.

Mempersiapkan lagu model

Lagu model merupakan sebuah lagu yang secara sengaja dipilih sebagai bahan materi yang akan diajarkan. Ada dua macam lagu yang dapat dipilih untuk mempersiapkan lagu model ini  yakni lagu yang sudah dikenal dan dikuasai siswa serta lagu baru yang diberikan secara hafalan. Setelah memilih lagu model siswa akan menelaah lagu model tersebut untuk  menemukan dan memahami isi dari materi yang diajarkan dengan pengertian yang benar dan tepat.

Memadukan alat musik ritmis dan melodis

Memadukan alat musik ritmis dan melodis yaitu dengan memdaukan antara alat musik ritmis yaitu alat musik yang hanya bisa berfungsi sebagai pendukung irama. Alat musik tersebut contohnya gendang, drum, tamburin, castanyet, guiro, cymbal, dan sebagainya dan alat musik melodis merupakan jenis alat musik yang memiliki dua fungsi yaitu sebagai alat musik pendukung irama dan melodi. Contohnya seruling, pianika, gitar, harmonika, piano dan lain-lain.

Menggunakan perangkat elektronik sebagai alat pendukung

Untuk menggunakan perangkat elektronik sebagai alat pendukung penggunaan media pembelajaran dengan musik dapat dilakukan dengan bantuan alat seperti radio, tape recorder, televisi, kaset rekaman musik, CD musik, VCD musik, MP3, LD musik, sound system dan lain-lain. Alat tersebut tersebut digunakan sebagai media pendukung untuk mendengarkan dan menyaksikan sajian musik.

Selain itu media pendukung pembelajaran dalam hal ini adalah musik dapat dilakukan dengan menggunakan musik sebagai latar jalannya pembelajaran. Selain itu musik juga dapat digunakan untuk membuat inti materi menjadi sebuah lagu serta musik dapat digunakan untuk mengkaitkan materi pelajaran. Musik latar digunakan dengan cara memilih lagu berupa musik instrumentalia. Pada pembuatan materi pembelajaran agar dijadikan sebuah lagu perlu adanya teknik khusus yakni dengan menggubah lirik atau syair lagu yang isinya materi pembelajaran yang diinginkan kemudian disesuaikan dengan irama lagu tertentu. Selanjutnya untuk menggabungkan materi pembelajaran dengan musik tertentu dapat dilakukan dengan cara mencari relevansi materi sesuai kebutuhan siswa.

Memanfaatkan musik sebagai media pembelajaran memiliki berbagai keunggulan di antaranya menjadikan proses pembelajaran tidak terbatas oleh ruang dan waktu seperti tatap muka. Pada saat proses pembelajaran dapat memilih topik atau bahan ajar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pembelajar, tidak terikat oleh waktu belajar karena ditentukan oleh kemampuan masing- masing siswa, pembelajaran menjadi lebih akurat dan kekinian, mendukung pembelajaran yang dilakukan secara interaktif, sehingga pembelajaran akan lebih menarik sehingga siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran dan mendukung pembelajaran menjadi efektif, asik dan menyenangkan.

Jadilah bagian dari anggota e-Guru.id dan tingkatkan kompetensi Anda sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Berita Terkait

Marak Bullying, Jokowi Minta Kepsek dan Guru Lakukan Hal Ini!
Ternyata Guru Sertifikasi Berkesempatan Mendapatkan Double Tunjangan,Simak Penjelasannya!
Pencairan Rapelan Kenaikan Gaji Guru  Januari dan Februari 2024 belum Juga Dicairkan, Bagaimana Sistem Sebenarnya?
Pesan Presiden Jokowi untuk Semua Guru dan Kepala Sekolah Harus menjadi Perhatian Khusus
4 Hal Yang Harus Guru dan Kepala Sekolah Ketahui Jika Akan Mengubah Rencana Hasil Kinerja (RHK)
Guru Kesulitan Memenuhi 32 Poin Kinerja  dari Yang Sudah Direncanakan, Kemdikbud Siapkan Solusi Ini!
Jokowi Hadiri Kongres PGRI, Ketua PGRI Minta Hal Ini
Kabar Baik untuk Guru Usia Tinggi dan Guru Masa Kerja Lama dari Kemdikbud
Berita ini 68 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 4 Maret 2024 - 13:17 WIB

Marak Bullying, Jokowi Minta Kepsek dan Guru Lakukan Hal Ini!

Senin, 4 Maret 2024 - 11:47 WIB

Ternyata Guru Sertifikasi Berkesempatan Mendapatkan Double Tunjangan,Simak Penjelasannya!

Senin, 4 Maret 2024 - 11:14 WIB

Pencairan Rapelan Kenaikan Gaji Guru  Januari dan Februari 2024 belum Juga Dicairkan, Bagaimana Sistem Sebenarnya?

Senin, 4 Maret 2024 - 10:28 WIB

Pesan Presiden Jokowi untuk Semua Guru dan Kepala Sekolah Harus menjadi Perhatian Khusus

Sabtu, 2 Maret 2024 - 11:57 WIB

4 Hal Yang Harus Guru dan Kepala Sekolah Ketahui Jika Akan Mengubah Rencana Hasil Kinerja (RHK)

Sabtu, 2 Maret 2024 - 11:16 WIB

Jokowi Hadiri Kongres PGRI, Ketua PGRI Minta Hal Ini

Sabtu, 2 Maret 2024 - 10:57 WIB

Kabar Baik untuk Guru Usia Tinggi dan Guru Masa Kerja Lama dari Kemdikbud

Jumat, 1 Maret 2024 - 12:35 WIB

Kabar Update TPG Guru Kemdikbud dan Guru Kemenag di Bulan Maret, Mulai Sinkronisasi Data?

Berita Terbaru