Home / News

Rabu, 24 November 2021 - 18:02 WIB

5 Kompetensi Guru untuk Meningkatkan Pembelajaran Sosial dan Emosional

Pembelajaran Sosial dan Emosional – Seorang guru haru memiliki kompetensi profesional agar mampu untuk mengembangkan kurikulum, menyusun bahan ajar dengan baik, dan mengembangkan suasana belajar. Untuk itu guru harus memiliki kompetensi sosial agar mampu mengelola hubungan dan kecakapan.

Pembelajaran Sosial dan Emosional merupakan pembelajaran dalam pembentukan diri yang mengarah pada kesadaran diri, kontrol diri, dan kemampuan relasi. Pribadi yang memiliki sosial emosional yang baik akan lebih dapat bersikap profesional, mudah belajar, bersosialisasi, dan menyukai tantangan dalam bekerja.

Pembelajaran Sosial dan Emosional dapat dilakukan kepada seluruh anggota sekolah secara kolaboratif. Dengan memanfaatkan aspek sosial dan emosional akan membantu anggota sekolah untuk dapat menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif.

Perlu adanya pembelajaran sosial dan emosional bagi guru dan anggota sekolah yang lain, dengan tujuan sebagai berikut :

  • Dapat memberikan pemahaman, penghayatan, dan kemampuan dalam mengelola emosi.
  • Untuk dapat menetapkan dan mencapai tujuan positif.
  • Dapat menumbukan rasa empati terhadap orang lain.
  • Membangun hubungan positif.
  • Dapat mengambil keputusan dengan rasa tanggung jawab.

Meningkatan pembelajaran sosial dan emosional bagi guru dengan kompetensi berikut ini :

  1. Kesadaran Diri
Baca Juga:  Cara Menyusun Pembelajaran Inovatif dan Interaktif

Kesadaran diri yang tinggi akan memberikan keterkaitan antara perasaan tindakan dan pikiran. Dengan hal ini maka kesadaran diri berkaitan dengan kemampuan dalam mengenali diri mengenai emosi, pikiran, dan nilai diri. Seseorang yang kurang mampu dalam mengidentifikasi diri akan sulit dalam mengontrol diri, beraktivitas, dan melakukan sosialisasi.

2. Manajemen Diri

Dalam hal ini berkaitan dengan kemampuan untuk mengatur atau mengontrol emosi, pikiran, dan perilaku. Manajemen diri berkaitan dengan beberapa kemampuan seperti menahan hasrat dan nafsu, manajemen stress, mendisiplinkan diri, mengatur tujuan yang ingin dicapai, memotivasi diri, dan kemampuan dalam berorganisasi.

3. Kesadaran Sosial

Kemampuan dalam menunjukan rasa empati kepada orang lain, yang berkaitan erat dengan etika berperilaku dan norma. Orang yang tidak memiliki kesadaran sosial akan dipenuhi dengan rasa benci, mudah menghakimi dan tidak memiliki pikiran yang terbuka. Dengan hal tersebut terdapat empat kemampuan yang harus dimiliki antara lain melihat dari perspektif atau berbagi macam sudut pandang, rasa empati, mengapresiasi dan menghormati orang lain.

4. Kemampuan Berelasi

Kemampuan dalam diri seseorang untuk dapat membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan individu lain atau dengan suatu kelompok. Dalam kemampuan ini terdapat enam hal yang harus diperhatikan dan dipahami yaitu kemampuan berkomunikasi dengan baik dan jelas, mendengarkan dan memberikan respon yang baik, bekerja sama, menahan diri dari tekanan sosial, perundingan, dan menawarkan diri untuk membantu serta mencari bantuan apabila diperlukan.

Baca Juga:  4 Langkah Membuat Karya Tulis Inovasi Pembelajaran

5. Membuat Keputusan Bertanggung Jawab

Membuat pilihan yang kostruktif dengan benar dan cara bertindak dengan etis, norma sosial dan keselamatan. Terdapat lima kemampuan dalam membuat keputusan bertanggung jawab yaitu mengidentifikasi masalah, menganalisa situasi, mengatasi masalah yang dihadapi, mempertimbangkan tanggung jawab, evaluasi dan introspeksi diri.

Karakteristik di atas dapat dipelajari untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran sosial dan emosional.

Ikuti Diklat “Peningkatan Kompetensi Guru melalui Kompetensi Sosial Emosional” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

Teknik dan Prinsip Membuat RPP K13 SD bagi Guru

News

Kurikulum 2022: Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Learning Together
https://naikpangkat.com/memahami-enjoyfull-learning-dalam-pembelajaran/

News

Tips Kuliah S2: Keuntungan Mengambil Jurusan Linear
computer thingking dalam pempelajaran

News

Cara Mudah Install ClassPoint di Komputer

News

Opsi Penerapan Kurikukum Merdeka

News

Mengenal Aplikasi Baru Mandiri Belajar, Kegunaan dan Manfaatnya Untuk Sekolah

News

Pembelajaran Berdiferensiasi: Manfaat dan Tantangannya

News

Tingkatkan Semangat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Online