Cara Mudah Menjadi Guru Produktif di Masa PTMT

- Editor

Minggu, 9 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menjadi guru produktif dan mampu memberikan inspirasi bagi banyak orang adalah mimpi setiap guru. Namun untuk mewujudkan mimpi tersebut, guru harus memiliki tekad dan usaha yang sebanding.  

Produktif dan sibuk merupakan dua hal yang berbeda meski dalam aktifitasnya terlihat sama. Orang yang produktif memiliki misi yang terukur, fokus, ada hasil dan efektif dalam melakukan sesuatu. Sedangkan orang sibuk cenderung melakukan banyak hal tanpa ukuran, kurang fokus, tidak tau hasil yang penting melakukan.  

Meski berada dalam situasi PTMT, namun guru tetap dapat memannfaatkan momen ini untuk tetap produktif. Berikut ini adalah cara yang dapat guru lakukan untuk menjadi guru produktif di masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Mengikuti berita dan kegiatan pendidikan

Sebagai seorang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, tentu guru perlu untuk mengetahui hal-hal terupdate mengenai pendidikan termasuk dalam masa PTMT agar tidak ketinggalan mengenai kebijakan-kebijakan terbaru mengenai pendidikan.

Selain itu, dengan mengikuti berita pendidikan guru juga akan mengetahui kondisi terkini pendidikan secara global yang mana hal ini akan dapat membantu guru untuk membandingkan serta mengevaluasi pendidikan di lingkup ajarnya.

Kegiatan pendidikan yang juga dapat guru ikuti diantaranya seminar-seminar pendidikan, workshop, maupun kegiatan pelatihan bersertifikat seperti yang tersedia di website e-guru.id.

Memperbanyak pengetahuan dengan membaca

Ada pepatah yang mengatakan bahwa apa yang dikatakan mencerminkan apa yang dibaca. Untuk itu guru perlu memperbanyak bacaan yang relevan agar dapat menyampaikan banyak pengetahuan kepada siswa. Membaca dapat membuat guru lebih terbuka dan dapat berfikir lebih besar.

Tak jarang banyak ide dan inovasi bermunculan ketika guru membaca. Guru juga dapat menemukan inspirasi judul dalam menyusun karya tulis dengan membaca. Sehingga guru pun menjadi lebih produktif.

Menulis

Menulis mungkin adalah kegiatan yang paling sulit bagi guru. Karena perlu meluangkan banyak waktu dan pikiran untuk dapat menyusun sebuah tulisan. Namun siapa sangka, menulis dapat menjadi hal yang sangat mudah dan cepat.

Melalui pelatihan “10 Hari Menulis Buku”. Guru dapat mewujudkan impian untuk dapat menghasilkan sebuah buku.

Melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan langkah yang akan membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang lebih berkualitas.

PTK dapat menjadi media evaluasi guru sekaligus bahan dalam membuat inovasi dalam pembelajaran. Dengan begitu guru akan dapat berkontrubusi banyak hal terhadap perbaikan pendidikan di lingkup ajarnya. Guru pun tidak hanya menjadi produktif namun juga menjadi solutif dan inovatif.

Itulah cara mudah menjadi guru produktif di masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Semoga PTMT tidak menghalangi langkah guru untuk menjadi lebih produktif dan bermanfaat bagi banyak orang.

Penulis: Agriantika Fallent

Berita Terkait

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!
Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024
Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024
Tugas Tambahan Bagi Guru Setelah Penghapusan Penjurusan di Jenjang SMA
Kebijakan Baru! Jenjang SMA Mulai Tahun Ajaran 2024/2025 Tidak Ada Lagi Penjurusan
Langkah Selanjutnya Jika Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 11:04 WIB

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 10:35 WIB

Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:36 WIB

Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:03 WIB

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:17 WIB

Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024

Berita Terbaru