Home / News

Rabu, 15 Desember 2021 - 02:45 WIB

Tips Menjadi Guru Produktif agar Cepat Naik Pangkat!

Agar cepat naik pangkat, seorang guru perlu giat melakukan aktivitas yang mampu menunjang skill dan kualifikasinya. Di samping kewajiban utama untuk mengajar dan mendidik siswa di sekolah, ada banyak program dan aktivitas yang sebenarnya bisa diikuti oleh seorang guru.

Nah, untuk bisa terus aktif berkegiatan, seorang guru perlu untuk selalu memotivasi diri agar tetap produktif. Menjadi seorang guru yang produktif merupakan suatu hal baik yang dapat memberikan manfaat secara berkesinambungan. Nah, untuk dapat menjadi seorang guru yang produktif, selain mengikuti berbagai program, ada beberapa hal yang bisa dijadikan rutinitas untuk memupuk produktivitas diri. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Rajin Membaca Buku

Kegiatan membaca buku memang merupakan suatu kegiatan yang hampir setiap hari dilakukan oleh seorang guru. Namun, akan lebih membawa banyak manfaat apabila aktivitas membaca buku yang dilakukan tersebut bukan hanya kepada buku pelajaran yang hendak diajarkan kepada siswa saja.

Akan tetapi, seorang guru dapat mencoba membaca bahan bacaan lain yang juga bisa memberikan manfaat. Banyak sekali buku yang bisa memberikan inspirasi dan informasi baru agar seorang guru tetap dapat mengikuti perkembangan informasi yang sedang terjadi. 

Baca Juga:  Pentingnya Keterampilan Interpersonal Dalam Berkomunikasi

Sebagai seorang guru, Anda juga dapat mencoba membaca buku-buku yang berkaitan dengan minat Anda secara personal. Seperti misalnya buku religi, buku psikologi, buku bisnis dan finansial, dan buku-buku lainnya.

Mengikuti Pelatihan atau Seminar

Jenis kegiatan lainnya yang bisa diikuti oleh Anda sebagai seorang guru agar tetap produktif adalah dengan mengikuti berbagai seminar dan pelatihan. Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat untuk Anda mendapatkan ilmu baru, melatih skill yang dibutuhkan, dan sebagai tempat membangun relasi.

Selain itu, sertifikat yang dihasilkan dari kegiatan mengikuti pelatihan juga merupakan salah satu komponen penting dalam angka kredit yang poinnya bisa mendukung agar Anda cepat naik pangkat.

Dalam mengikuti pelatihan atau seminar, perlu dipastikan pula bahwa penyelenggara event tersebut adalah instansi atau lembaga terpercaya. Anda juga bisa coba untuk mencari pelatihan yang bersifat resmi langsung dari pemerintah. Saat ini sangat mudah untuk menemukan berbagai pelatihan online maupun offline yang dapat Anda ikuti secara berbayar maupun gratis.

Baca Juga:  Aplikasi Membuat PKG DUPAK, Mudah Selesai dan Otomatis

Giat Membuat Karya Tulis

Kegiatan membaca seolah tidak lengkap apabila tidak diimbangi dengan kegiatan menulis. Kegiatan membaca adalah seolah menyerap ilmu pengetahuan, sedangkan kegiatan menulis adalah aktivitas berbagi ilmu pengetahuan. 

Anda dapat mulai membiasakan diri untuk menulis artikel ilmiah maupun jurnal yang berkaitan dengan fokus studi yang dijalani atau topik lain yang Anda minati. Artikel ilmiah tersebut bisa menjadi salah satu poin dalam angka kredit yang bisa dikumpulkan untuk naik pangkat.

Bagi Anda yang ingin belajar menulis karya tulis ilmiah inovasi pembelajaran, dapat mengikuti pelatihan di bawah ini yang diselenggarakan oleh GuruJuara.com

LINK PENDAFTARAN KURSUS ONLINE “MENYUSUN KARYA TULIS ILMIAH INOVASI PEMBELAJARAN (KTI INOBEL)” 

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/cara-meningkatkan-hasil-belajar-menggunakan-pjbl/(buka di tab baru)

News

Download Gratis! Buku 4 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Disini

News

Pengertian Kecerdasan Afektif Peserta Didik
https://naikpangkat.com/download-materi-hari-ke-1-diklat-gratis-perangkat-ajar-kurikulum-merdeka-konsep-penyusunan-cp-atp-modul-ajar

News

Kurikulum 2022, Sudah Siap Ganti Kurikulum?

News

3 Jenis PPG dan Kuotanya di Tahun 2022

News

Penting Diketahui Guru! Manfaat Google Workspace Untuk Menunjang PTM Terbatas

News

Cara Cek Data Dapodik dengan Cepat dan Mudah
soal akm

News

Inilah Syarat Sertifikasi Guru 2022

News

Download Materi Hari Pertama Diklat Gratis : Pembelajaran Interaktif dengan Model Cooperatif