Home / News

Sabtu, 19 November 2022 - 11:12 WIB

Berikut Nominal Insentif Guru Penggerak

Guru Penggerak merupakan salah satu program yang diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Program Guru Penggerak menjadi bagian dari Merdeka Belajar Episode ke 5.

Seperti dilansir dari laman resmi Sekolah Penggerak, adanya program guru penggerak (PGP) ini dapat memajukan pendidikan di Indonesia dengan menciptakan sistem pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Selain itu juga dapat menggerakkan ekosistem pendidikan kearah yang lebih baik.

Guru penggerak merupakan program menciptakan kepemimpinan dalam suatu pembelajaran yang menerapkan sistem merdeka belajar. Mengacu pada penjelasan di sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id, guru penggerak diharapkan dapat menjadi katalis dalam perubahan pendidikan di wilayahnya. Dengan kata lain guru penggerak harus menjadi katalis dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah masing – masing.

Selain menjadi katalis, guru penggerak juga memiliki peran dalam menggerakkan ekosistem pendidikan di sekolah untuk memberikan dukungan dalam proses serta hasil belajar peserta didik. Dikutip dari berbagidesa.com, hasil belajar peserta didik bukan hanya dinilai berdasarkan kategori penilaian tertentu saja, melainkan juga mencakup sikap dan karakter peserta didik yang tertuang di dalam profil pelajar pancasila.

Baca Juga:  Model Pembelajaran Gamifikasi Beserta Tahapan Impelementasinya

Untuk menjadi guru penggerak, seperti yang dilansir dari laman resmi Sekolah Penggerak, seorang guru harus dinyatakan lulus terlebih dahulu pada seleksi Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Program tersebut dapat menciptakan guru penggerak yang dapat:

  1. Melakukan pengembangan diri dan pengembangan guru lain dengan refleksi, berbagi, dan kolaborasi secara mandiri
  2. Memiliki kematangan moral, emosi, serta spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik
  3. Merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua
  4. Berkolaborasi dengan para orang tua dan komunitas dalam mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan pada murid
  5. Mengembangkan dan memimpin upaya dalam mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada siswa dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah.

Halaman Selanjutnya

Kriteria Calon Guru Penggerak

Share :

Baca Juga

News

Transformasi Pendidikan untuk Menghadapi Globalisasi
pengangkatan guru honorer

News

Begini Jadinya Jika Honorer Tidak Lulus PPPK 2022

News

Konsep Merdeka Belajar Sebagai Kebijakan Baru Pada Pembelajaran 2022
https://naikpangkat.com/terbatas--pendaftaran-harga-khusus-diklat-64-jp-penyusunan-kurikulum-operasional-di-satuan-pendidikan/

News

TERBATAS !! Pendaftaran Harga Khusus Diklat 64 JP Penyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan
computer thingking dalam pempelajaran

News

Kemendikbud Rilis Dapodik Versi 2022 c

News

Penting Diketahui Guru! Cara Mudah Mengajar Membaca dan Menulis Huruf Hangul Korea

News

Kemendikbud: Kurikulum Merdeka Memberi Kebebasan untuk Siswa dan Guru
Seleksi CPNS 2022

News

Lolos PPPK Tanpa Tes? Begini Kriterianya