Home / News

Kamis, 14 April 2022 - 06:29 WIB

Mengenal Platform Merdeka Mengajar sebagai Penunjang Pembelajaran

Platform Merdeka Mengajar – Beberapa waktu lalu ketika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim meluncurkan Kurikulum Merdeka, juga diiringi dengan peluncuran platform yakni Merdeka Mengajar sebagai penunjang pelaksanaan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka.

Platform Merdeka Mengajar bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik saat menerapkan Kurikulum Merdeka dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Meski bersifat tidak wajib dalam hal penggunaannya, namun guru sangat disarankan untuk memanfaatkan platform ini untuk meningkatakn kompetensi dalam aktivitas pembelajaran.

Seperti yang telah disampaikan oleh Mendikbud, Nadiem Makarim, keberadaan platform Merdeka Mengajar menjadi platform edukasi yang bisa dijadikan sebagai sarana acuan bagi guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Dengan mengutamakan tiga fungsi utama yang membantu sekaligus meringankan tugas guru yang tak hanya mengajar, tapi juga belajar dan berkarya.

Dalam platform ini juga terdapat berbagai materi pelatihan yang bisa dilakukan secara mandiri oleh guru dalam kaitannya pengembangan kompetensi. Selain itu, dalam platform Merdeka Mengajar terdapat ribuan referensi baik berupa video inspiratif yang bisa membantu guru melakukan analisa diagnostik terhadap literasi dan numerasi secara cepat.

Baca Juga:  Begini Cara Sertifikasi Guru melalui PPG Pra Jabatan

Dalam pengembangannya, platform Merdeka Mengajar berbasis content crowdsourcing atau konten yang ada di dalam aplikasi tersebut berbasis kontribusi dari seluruh pengguna. Selain untuk membangun portofolio hasil karya, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan oleh guru untuk berbagi dan berkolaborasi yang bisa memicu dan memotivasi guru untuk terus berkarya.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menampilkan profil guru maupun pengalaman serta keterampilan profesional yang dimiliki guru dengan membangun jejaring profesi guru melalui proses penciptaan iklim kerja yang positif.

Fitur pada Platform Merdeka Belajar

Platform Merdeka Mengajar membagi kelompoknya dalam dua produk utama yakni; pengembangan guru serta kegiatan belajar dan mengajar (KBM). 

Dalam produk berkaitan dengan pengembangan guru terdapat 3 komponen yakni meliputi video inspirasi, pelatihan mandiri serta bukti karya. 

Video inspirasi berisi berbagai kumpulan video yang menginspirasi untuk dijadikan referensi bagi guru dalam kaitan peningkatan kompetensi. Kemudian pelatihan mandiri memuat materi pelatihan singkat untuk memudahkan guru dalam mengikuti pelatihan yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja oleh guru secara mandiri.

Baca Juga:  Kenapa Kita Harus Menjadi Guru Kreatif dalam Membuat Media Pembelajaran?

Sedangkan fitur Bukti Karya ini menjadi ruang dokumentasi berbagai karya yang telah dihasilkan oleh masing-masing guru sebagai media untuk berbagi dalam hal kompetensi maupun prestasi baik yang dilakukan oleh guru maupun Kepala Sekolah sekaligus untuk mendapatkan umpan balik dari rekan sesama tenaga pendidik.

Sementara itu dalam produk Kegiatan Belajar dan Mengajar terdapat dua bagian utama yakni asesmen murid serta perangkat ajar. 

Pada bagian asesmen murid ini, bisa dimanfaatkan guru untuk melakukan analisa diagnostik terhadap literasi dan numerasi untuk menerapkan proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa.

Kemudian dalam perangkat ajar terdapat sejumlah materi pembelajaran yang meliputi bahan ajar, modul ajar, buku teks hingga modul project.

Nah, itulah fitur-fitur menarik yang terdapat dalam platform Merdeka Mengajar yang baru saja diluncurkan belum lama ini. 

Jangan lewatkan Diklat 98 JP dengan judul “Karya Inovatif Aplikasi Android dari Powerpoint dengan Tripel Angka Kredit untuk Mewujudkan Kurikulum Merdeka” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id

LINK PENDAFTARAN

INFO LEBIH LANJUT: 085869433931 (AYU)

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

News

Google Keep: Aplikasi dengan 1001 Manfaat untuk Guru
download kumpulan ice breaking

News

Kumpulan Contoh Ice Breaking yang Menarik untuk Siswa SMA

News

Pemerintah Sedang Mendata Guru Honorer untuk Pengangkatan ASN, Siapkan 6 Data Ini!

News

Hasil Rapat RDPU Dengan DPRD, PGMNI, dan Ketua Forum Dewan Pendidikan Indonesia : RUU Sisdiknas Ditunda?

News

Cerita Dari Sekolah Pelaksana : Manfaat Program Sekolah Penggerak

News

Nasib Honorer ditangan Azwar Anas Setelah Menjadi Menpan RB
https://naikpangkat.com/memahami-enjoyfull-learning-dalam-pembelajaran/

News

PTK dan Best Practice, Apa Bedanya?

News

3 Perubahan Dari Kemendikbud Terkait Tunjangan Sertifikasi Guru PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SLB