Home / News

Selasa, 4 Januari 2022 - 04:46 WIB

Cara Pengisian DRH Guru PPPK yang Lolos Tahap 1

Penerimaan PPPK (Pekerja Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak) saat ini sudah mengumumkan calon guru yang lolos tahap satu. Salah satu instruksi yang ditekankan untuk para calon guru PPPK ini adalah mengisi DRH (Daftar Riwayat Hidup). Proses pengisian DRH dilakukan untuk kebutuhan mendapatkan Nomor Induk PPPK. Rencananya pengisian DRH ini bisa dilakukan pada tanggal 10 Januari 2022 mendatang.

Pengisian DRH harus sudah sesuai dengan perintah yang diminta. Peserta harus melengkapi beberapa dokumen kependudukan. Setiap dokumen perlu dicek lagi agar tidak ada kekeliruan yang menyebabkan kesulitan nantinya. Meskipun pengisian DRH ini masih beberapa hari lagi, ada baiknya anda sudah mempersiapkan dokumennya dari sekarang.

Cara Pengisian Daftar Riwayat Hidup PPPK

  1. Akses laman SSCASN di link https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login lalu setelah itu langsung login dengan NIK dan password yang sudah anda buat sebelumnya.
  2. Ketika anda sudah dinyatakan lolos langsung saja pilih jawaban “Ya” untuk melanjutkan ke proses pengisian DRH. 
  3. Isi data pribadi yang sesuai dengan data aslinya seperti KTP, KK, Ijazah, nomor telepom, dan lainnya. Khusus nomor telepon, disarankan nomornya harus yang tersambung ke WhatsApp agar lebih memudahkan untuk pemberitahuan informasi selanjutnya. Kolom yang bertanda bintang (*) itu berarti wajib untuk diisi. 
  4. Pengisian riwayat pendidikan formal dan non formal pun perlu diperhatikan secara seksama. Anda tidak bisa mengisi pendidikan formal yang lebih tinggi dari posisi yang dilamar. Misalnya jika pendidikan formal anda S1, tetapi anda melamar dengan formasi SMA, maka yang diisikan itu informasi pendidikan SMA bukan S1.
  5. Selanjutnya dalam pengisian riwayat pekerjaan jika tidak punya maka isi saja dengan daftar prestasi atau penghargaan yang pernah anda dapatkan. 
  6. Lalu pengisian riwayat keluarga semuanya anda isi dengan lengkap. Jika ada anggota keluarga yang sudah PNS maka cukup masukkan nama dan cari NIP-nya. Semua data sudah otomatis akan terisi secara langsung. 
  7. Wajib mengisi kolom riwayat pengalaman organisasi jika anda pernah mengikuti sebelumnya. 
  8. Pada bagian akhir ini anda masukkan dokumen pendukung seperti SKCK, surat kesehatan, surat bebas Napza, dan lainnya. 
  9. Setelah sudah terisi semua, anda langsung saja cetak DRH. Cetak DRH dilakukan dua kali, yaitu untuk perorangan dan kategori “CETAK DRH RIWAYAT”.
  10. Isi kolom yang bertanda bintang dengan tulisan kapital dan tinta hitam pada cetakan DRH riwayat tersebut. Jangan lupa untuk ditandatangani oleh anda. 
  11. Setelah selesai maka sekarang scan dan satukan dalam bentuk pdf tentang DRH perorangan dan DRH Riwayat dan unggah di bagian terakhir.
  12. Selain itu juga berikut data lainnya yang perlu discan dan diunggah dalam bentuk satu pdf dengan ukuran maksimal 1mb :
    • Surat pernyataan 
    • SKCK yang masih berlaku
    • Surat lamaran CASN
    • Bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisir (jika ada).
    • Bukti tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang yang resmi.
    • Ijazah dan juga transkip nilai.
Baca Juga:  e-Guru.id, Komunitas yang Tepat untuk Kembangkan Kompetensi Guru

Ketelitian saat mengisi DRH perlu diperhatikan oleh setiap calon PPPK tahun 2021 ini. hal tersebut pasti akan menyulitkan jika tidak diisi dengan benar dan data yang sesuai. Jika anda masih membutuhkan informasi lebih lanjut maka bisa langsung mengunjungi laman CASN untuk melihat cara pengisian daftar riwayat hidup PPPK.

Baca Juga:  Platform Merdeka Mengajar Dapat Digunakan Peserta Didik?

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

guru sekolah

News

15 Produk Layanan Google untuk Guru Lengkap dengan Link Artikel dan Tutorial di Situs Naikpangkat.com

News

Langkah Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran dalam Penerapan Kurikulum Merdeka, Bisa Efektif?
pengolahan data penelitian

News

Pengolahan Data Penelitian Otomatis Untuk Naik Pangkat

Advertorial

Telah Dibuka! Pendaftaran Diklat Bersertifikat 32JP Pengembangan RPP Bermuatan Literasi dan Numerasi Dengan Nilai-Nilai Kearifan Lokal

News

Sekolah Bisa Mendapatkan Bantuan Dana DAK Fisik dari Pemerintah, Daftarkan Segera Sebelum Batas Waktu Pengajuan Berakhir!

News

Teknik Dasar Penulisan Artikel Ilmiah Populer Untuk Kenaikan Pangkat

News

Tanya Jawab Cara Mengatasi Masalah Pada Saat Pendataan Tenaga Non ASN Tahun 2022

News

Penting Diketahui! Beasiswa Kuliah Luar Negeri yang Dibuka Bulan September- Oktober 2022