Aplikasi Penting Bagi Guru Untuk Membuat Media Pembelajaran Interaktif

- Editor

Senin, 28 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Media Pembelajaran – Media pembelajaran dapat membantu guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya dengan efektif. Kreativitas guru dalam membuat media dan menyajikan materi sangat berpengaruh dalam keberhasilan proses belajar mengajar.

Dengan demikian, menjadi guru kreatif merupakan sebuah keharusan. Agar pembelajaran dapat menarik perhatian siswa dibutuhkan berbagai persiapan dan kreativitas guru.

Salah satu caranya yaitu dengan menyiapkan dan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa.

Terutama di masa pandemi saat ini, guru sebagai tenaga pendidik diharuskan untuk menyesuaikan diri dan berinovasi dalam pembelajaran.

Selain itu, dalam membuat atau mengembangkan media pembelajaran juga harus disesuaikan dengan tuntutan zaman. Siswa di zaman sekarang ini lebih tertarik kepada hal-hal yang berbau teknologi.

Tidak heran apabila mereka tertarik dengan berbagai media pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif dan menyenangkan.

Namun, para guru tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Saat ini telah banyak platform yang dapat membantu guru untuk membuat media pembelajaran berbasis digital.

Tidak hanya itu, software pembuat media pembelajaran dan aplikasi media pembelajaran interaktif untuk saat ini sangat mudah ditemukan beserta dengan video tutorial cara membuat media pembelajaran interaktif.

Proses pembelajaran yang dilakukan untuk saat ini adalah pembelajaran jarak jauh atau secara online. Oleh karena itu, media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran interaktif seperti video pembelajaran, buku digital, power point, dan sebagainya.

Untuk dapat menyiapkan dan mengembangkan media pembelajaran yang baik dibutuhkan keterampilan dan juga aplikasi atau software yang berguna sebagai alat untuk mengembangkan media pembelajaran tersebut.

Aplikasi Untuk Membuat Media Pembelajaran

Berikut ini terdapat aplikasi untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif, yaitu:

1. Aplikasi Canva

Aplikasi canva adalah salah satu aplikasi pengolah grafis atau visual yang popular digunakan saat ini. Canva merupakan aplikasi pengolah grafis yang berbasis cloud sehingga saat menggunakannya harus terhubung dengan jaringan internet.

Guru dapat memanfaatkan aplikasi canva untuk mendesain visual media pembelajaran, seperti membuat infografis, rangkuman materi pelajaran, worksheet, brosur, poster, presentasi, dan lain-lainnya.

Keuntungan menggunakan aplikasi canva yaitu setiap tipe desain telah dikelompokan berdasarkan kategori masing-masing. Kategori tersebut yaitu media sosial, dokumen, personal, pendidikan, marketing, event, dan iklan.

Guru dapat memilih template mana yang cocok digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif. Aplikasi ini juga mudah untuk diakses, guru dapat mengakses melalui smartphone maupun komputer.

Kelebihan canva yaitu tampilan antarmuka sederhana, mempunyai ribuan template yang dapat digunakan, tidak perlu diinstal di komputer, dapat digunakan melalui smartphone.

Kekurangan canva yaitu tidak bisa diakses tanpa adanya jaringan internet, tidak dapat export file sumber, tidak dapat export file  GIF dan video (fitur premium).

2. Powtoon

Powtoon adalah aplikasi presentasi video animasi interaktif. Aplikasi ini dapat digunakan untuk presentasi, video animasi, infografis bergerak, dan lain-lainnya. Melalui penggunaan powtoon, penjelasan mengenai materi dapat lebih jelas dan dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan indera.

Terdapat berbagai fitur dan template yang digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif.

Aplikasi ini memungkinkan guru untuk dapat menggerakan karakter dan teks sesuai kebutuhan dengan hanya memilih effect dan pose yang disediakan.

Setelah mengedit, pengguna dapat langsung mempublikasikan ke youtube maupun facebook. Penyimpanan maupun export dapat berupa format seperti MP4, PDF, dan PPT.

Kelebihan powtoon yaitu penggunaan praktis dan mudah, mempunyai karakter dan animasi yang menarik, menstimulus berbagai indera (penglihatan dan pendengaran), dapat digunakan dalam kelompok besar dan kolaboratif, memberikan feedback yang baik.

Kekurangan dari powtoon yaitu durasi yang terlalu singkat, proses pembuatan harus terhubung dengan jaringan internet, dan tidak dapat diberik musik latar belakang.

3. Prezi

Prezi adalah aplikasi untuk membuat dan mengelola presentasi yang dilakukan secara online. Aplikasi ini mempunyai kemiripan dengan aplikasi powerpoint dan google slide.

Fitur unggulan dari aplikasi prezi adalah menggunakan Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi secara fleksibel dan dinamis.

Prezi dapat digunakan baik secara online maupun offline. Untuk akses online dapat mengunjungi prezi.com, sedangkan untuk akses offline, pengguna perlu untuk menginstal masternya terlebih dahulu.

Kelebihan aplikasi prezi yaitu tampilan tema dan template lebih variatif disbandingkan PPT, lebih menarik dan interaktif karena menggunakan teknologi ZUI, lebih mudah dalam pembuatan animasi, kualitas pembelajaran lebih baik dan sistematis.

Kekurangan aplikasi prezi yaitu, terlihat monoton karena hanya menggunakan teknologi ZUI, instalasi dan penggunaan aplikasi membutuhkan jaringan internet, dan sulit memasukan smbol matematika.

4. Assemblr EDU

Assemblr EDU adalah platform yang memungkinkan guru untuk membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif, kolaboratif, dan menyenangkan dengan mode 3D dan AR (Augmented Reality).

Berbagai fitur yang didapatkan oleh guru melalui aplikasi ini yaitu unggah file, tulis atatan, bagikan visual, kreasi 3D & AR di kelas.

Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah oleh guru karena berbasis visual, mudah dipahami, dan tersedia materi yang dibutuhkan.

5. Sparkol VideoScribe

Sparkol VideoScribe merupakan aplikasi presentasi video white board yang menggunakan animasi tulisan tangan dengan latabelakang seperti papan tulis. Sparkol dapat menjadi alat pengembangan media pembelajaran interaktif karena mempunyai kombinasi animasi dan template yang menarik.

Aplikasi ini dapat digunakan secara online melalui videoscribe.co maupun secara offline.

Kelebihan yaitu aplikasi ini mempunyai asset gambar dan animasi yang beragam, tampilan antarmuka yang sederhana, dapat memasukan musik dan voice over sebagai backsound  dari sparkol maupun musik pilihan sendiri, dapat di export dengan fromat mp4 dan wav.

Kekurangan yaitu untuk memperoleh akses dan fitur secara penuh perlu berlangganan, perlu spesifikasi komputer/laptop yang baik agar tidak terjadi masalah saat mengedit.

6. Aplikasi Lectora

Lectora adalah aplikasi dan tool pengembangan e-learning. Aplikasi ini digunakan untuk berbagai kebutuhan pembelajaran khususnya dalam pembuatan presentasi, kuis, dan gambe berbasis flash.

Pengguna dapat menyisipkan video, gambar, game, soal-soal evaluasi, lembar tes, dan lain sebagainya secara mudah.

Pada saat menginstall lectora sudah disertai dengan aplikasi pendukung seperti Camtasia (merekam layar), flypaper (menggabungkan gambar dan animasi), dan snagit (print/captur laya monitor).

Kelebihan lectora yaitu mudah dipakai oleh siapapun; bisa digunakan untuk membuat website, konten e-learning, kuis, dan lainnya; tersedia berbagai template, clipart, dan efek; dapat digunakan dalam berbagai format gambar, audio, dan video; terdapat fitur khusus untuk membuat game berbasis flash yang disertadi fitur evaluasi.

Kekurangan lectora yaitu membutuhkan spesifikasi komputer/laptop yang baik, media pendukung yang cukup mahal, efektivitas penggunaan media tergantung materi dan penyaji.

7. Sigil

Sigil merupakan apliasi yang digunakan untuk membuat dan mengelola buku digital atau e-book. Pengguna dapat mengembangkan e-book yang menarik supaya siswa lebih termotivasi dalam membaca.

Aplikasi ini mendukung berbagai format seperti teks, gambar, audio, dan video yang dapat disisipkan ke dalam e-book agar menjadi lebih interaktif. Format penyimpanan sangat lengkap, seperti Epub, HTML, dan lain-lain. Aplikasi ini dapat diakses melalui desktop, browser dan perangkat mobile,

Kelebihannya yaitu mendukung berbagai macam format, output dapat dibaca di banyak platform (mobile dan desktop), open source, mudah digunakan dan dapat mengubah tampilan layer kerja, mempunyai fasilitas terjemahan, dan publikasi mudah dan murah bersifat protable.

Kekurangannya yaitu masih sering terjadi bug dan masalah pada aplikasi, mudah disebarluaskan sehingga mudah terjadi penyalahgunaan hak cipta, dan membutuhkan dukungan perangkat gadget yang baik.

8. Wondershare Filmora

Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk editing video yang mudah digunakan untuk pemula. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengedit media video pembelajaran agar lebih menarik.

Kelebihan filmora yaitu mempunyai tampilan sederhana dan mudah digunakan; ringan dan tidak mudah crash; mempunyai banyak fitur, template, dan plugin gratis; mendukung banyak format output video; dan tersedia versi mobile dengan nama Filmora Go.

Kekurangan filmora yaitu berbayar apabila ignin mendapatkan fitur penuh; kurang fleksible dan kustomisasi dibandingkan premiere pro; membutuhkan spesifikasi komputer/laptop yang baik; dan template, efek, plugin, transisi, dan lainnya perlu untuk diunduh lagi.

Hal-hal di atas merupakan rekomendasi aplikasi penting yang dapat dicoba oleh guru untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang lebih menarik.

Selain dapat menarik perhatian siswa, dengan adanya media pembelajaran akan mampu untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran.

Daftarkan Diri Anda Sebagai Member e-Guru.id untuk Mendapatkan Seminar Dan Diklat Gratis Setiap Bulannya!

 

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 447 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB