Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Canva

- Editor

Jumat, 11 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Media Pembelajaran – Dalam proses pembelajaran, sering kali kita temui peserta didik merasa bosan saat guru mata pelajaran menerangkan materi didepan kelas. Guru perlu mencipatakan suasana belajar yang menyenangkan agar peserta didik dapat menerima materi yang kita sampaikan.

Guru harus mampu menyampaikan materi dan informasi secara efektif kepada siswa mereka. Dukungan dari media pembelajaran interaktif sangat dibutuhkan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan  menarik perhatian siswa.

Salah satu syarat dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran  adalah harus sesuai dengan materi dan karakteristik siswa. Di era  digital saat ini dan  di masa pembelajaran  online di masa pandemi, guru harus mampu menyajikan konten dengan cara yang menarik dan interaktif.

Menurut salah satu ahli yaitu Kozma dalam buku yang ditulis oleh Sutrisno (2009), menyatakan bahwa “Kelebihan media presentasi antara lain dapat meningkatkan kegiatan belajar dan dapat membantu pemahaman dari peserta didik dalam memahami suatu materi, pesan informasi secara visual mudah untuk dipahami oleh peserta didik serta lebih merangsang peserta didik tersebut untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji”.

Pembelajaran juga dapat dilakukan dengan lebih efektif dengan memvisualisasikan materi dan peristiwa yang menjadi bahan ajar secara realistis dan sesuai dengan situasi yang sebenarnya.

Selama ini media presentasi dengan PowerPoint (PPT) sudah sangat sering digunakan oleh para guru. Padahal, ada banyak  platform dan aplikasi untuk membuat media pembelajaran selain PowerPoint.

Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Canva

Membuat desain presentasi yang menarik untuk audience sekarang sangatlah mudah! Bagi anda seorang pemula atau yang baru saja mulai belajar desain tidak perlu khawatir lagi. Dengan canva anda akan menemukan berbagai kemudahan dari fitur yang tersedia didalam canva.

Platform atau aplikasi canva adalah sebuah aplikasi online yang sudah banyak digunakan untuk mengolah desain grafis. Canva merupakan aplikasi berbasis cloud yang akan memudahkan anda dalam membuat media pembelajaran.

Membuat desain dalam canva sangatlah mudah, terlebih bagi anda yang pemula. Canva menyediakan berbagai template untuk kebutuhan desain. Template desain tersebut dikelompokan dalam berbagai kategori seperti seperti media sosial, dokumen, personal, guruan, marketing, event, dan iklan. Sehingga Anda dapat memilih desain yang anda inginkan.

Tidak hanya itu, Aplikasi ini juga dapat diakses melalui laptop maupun handphone sehingga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja asalkan anda terkoneksi dengan internet.

Cara Membuat Desain Presentasi Melalui Canva

  1. Login dan buat desain baru

Sebelum memulai proses editing pastikan anda sudah menyiapkan akun untuk login pada aplikasi canva. Untuk anda yang belum memiliki akun silahkan baca artikel “Unduh Materi Hari Pertama Pelatihan 32JP Media Pembelejaran Interaktif”.

Setelah berhasil login anda dapat langsung membuat desain baru dengan mencari desain yang anda inginkan pada fitur pencarian .

Apabila anda ingin membuat presentasi anda dapat klik tombol presentasi. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan seperti presentasi (16:9) atau (4:3), presentasi berbicara, presentasi seluler, presentasi tukar pikiran, dan presentasi permainan.

  1. Memilih template yang menarik

Setelah anda menentukan kategori presentasi anda akan dibawa pada halaman lembar kerja.

Pada sisi kiri anda akan menemukan fitur Template, elemen, unggahan, teks dan lainnya.

Pada fitur template dapat anda manfaatkan untuk memilih template yang akan anda gunakan dalam presentasi anda. Pada fitur template juga disediakan berbagai macam jenis seperti presentasi sederhana, presentasi kreatif, presentasi Pendidikan dan lain sebagainya.

Lalu pada fitur elemen akan disediakan beberapa elemen yang dapat anda masukkan ke dalam presentasi anda seperti garis & bentuk, grafis, table, foto, video, audio, bagan, bingkai, dll. Fitur ini dapat anda gunakan untuk mendukung visual yang akan anda tampilkan.

Pada bagian unggahan, anda dapat import maupun ekspor asset/karya yang anda miliki. Anda dapat mengunggah karya yang anda buat melalui canva ke penyimpanan computer anda, atau juga dapat diunggah ke google drive, drop box, facebook, Instagram dan google photo.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur ini untuk merekam diri anda Ketika presentasi dengan klik tombol “Rekam diri anda”.

  1. Mengedit Isi Template

Setelah menerapkan template, langkah yang kamu lakukan selanjutnya adalah mengedit isi template tersebut dan tempatkan sesuai kebutuhan. Berikut langkahnya:

Ketuk pada bagian kalimat yang ada pada template, sesuaikan dengan konten yang akan anda buat. Anda juga bisa mengedit ukuran, jenis, dan warna pada teks yang anda tuliskan.

Agar tampilan lebih menarik lagi anda juga bisa menambahkan efek pada tulisan anda

Untuk membuat presentasi anda bergerak, anda dapat memilih fitur animasi dengan cara klik titik tiga yang ada disamping tombol efek. Terdapat pilihan animasi halaman, untuk memberikan efek animasi pada halaman presentasi anda dan efek animasi teks untuk menggerakkan teks yang anda pilih.

  1. Menyimpan Hasil Desain PPT di Canva

Setelah anda selesai mengedir lembar kerja. Anda dapat menyimpan hasil karya anda. Terdapat berbagai pilihan untuk anda menyimpan hasil pekerjaan anda. Untuk menyimpan dalam format powerpoint silahkan klik titik tiga yang ada pada pojok kanan atas.

Lalu akan muncul berbagai macam pilihan. Klik pilihan bagikan “Microsoft Powerpoint”. Anda dapat menyimpan semua halaman maupun beberapa halaman saja. Setelah itu klik unduh, makan file anda akan otomatis terunduh.

SEGERA DAFTAR HARGA PROMO PELATIHAN 84JP HANYA 100 RIBUAN

Pelatihan Spesial dari GuruPintar.web.id “Pelatihan Menciptakan Kelas Merdeka Belajar Dengan Media Pembelajaran Interaktif” dengan total 84 jam pelajaran.  Menghadirkan Instruktur berpengalaman dalam bidangnya ibu Nursya Utami  S. Pd instruktur dari eGuru.id dan bapak Sofyan Andi, S.Si, founder dari gurupintar.web.id.

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 15,16,17,18,19,21,22,23,24, dan 25 Maret 2022 jam 19.30 WIB. Secara daring melalui live zoom meeting dan telegram. Full Support untuk mendampingi bapak/ibu belajar Bersama.

Segera Mendaftar Paket Materi Lengkap di Pelatihan Bersertifikat 84 JP berikut ini

  1. Merdeka mengajar dengan Pembuatan akun Canva for Education
  2. Menyiapkan slide presentasi interaktif dengan Canva for Education
  3. Membuat tombol-tombol navigasi pada slide interaktif dengan Canva
  4. Integrasi antar slide dan aplikasi ketiga dengan presentasi Canva
  5. Desain Kuis dengan Slide Presentasi
  6. Pembelajaran yang memerdekakan dengan PowerPoint dan ClassPoint
  7. Pembelajaran yang memerdekakan dengan PowerPoint dan ClassPoint
  8. Menggunakan fitur WORD CLOUD dalam membangun Apersepsi dan Interaksi Awal Siswa
  9. Langkah Mudah meningkatan engagment siswa dengan Fitur Slide Drawing  dan Upload Image
  10. Hidupkan Kelas dengan Ice Breaking melalui fitur Short Answer
  11. Uji daya serap siswa sambil bermain dengan fitur multiple choice dan Competition Mode

Link Pendaftaran: https://bit.ly/daftar01pelatihan84JP

Fasilitas Peserta Pelatihan

✅ E-Sertifikat 84 JP

✅ Undangan dan Daftar Hadir

✅ Materi Pelatihan / Video Tutorial

✅ Contoh Laporan Pengembangan Diri

✅ Konsultasi dan Pendampingan dengan Instruktur

✅ Semua Mendapatkan Sertifikat 84 JP

💰Biaya Pendaftaran Rp 109.000

 Rek. 3020518447 (BCA) a.n Sofyan Andi

📲 Konfirmasi Pendaftaran

http://wa.me/6285722258524 (Admin)

Berita Terkait

Macam-Macam Publikasi Ilmiah untuk Guru Guna Memperkuat Profesionalisme
Masih bingung cara menulis esai? Begini ternyata caranya
Ternyata ini Jenis-jenis Esai yang Perlu Kita Pahami
Struktur Esai yang Perlu Diperhatikan Baik-baik
Belajar Menulis Esai Menjadi Penting Bagi Semua Kalangan, Simak Penjelasannya!
Belajar Menulis Esai, Yuk Kenali Bersama
Berikut Jenis-jenis Karya Ilmiah yang Penting Diketahui Pendidik
Tips dan trik menulis artikel ilmiah yang baik dan benar.
Berita ini 4,934 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 5 Juni 2023 - 19:28 WIB

Macam-Macam Publikasi Ilmiah untuk Guru Guna Memperkuat Profesionalisme

Rabu, 10 Mei 2023 - 19:31 WIB

Masih bingung cara menulis esai? Begini ternyata caranya

Senin, 8 Mei 2023 - 19:08 WIB

Ternyata ini Jenis-jenis Esai yang Perlu Kita Pahami

Minggu, 7 Mei 2023 - 12:26 WIB

Struktur Esai yang Perlu Diperhatikan Baik-baik

Sabtu, 6 Mei 2023 - 21:44 WIB

Belajar Menulis Esai Menjadi Penting Bagi Semua Kalangan, Simak Penjelasannya!

Minggu, 16 April 2023 - 16:57 WIB

Belajar Menulis Esai, Yuk Kenali Bersama

Kamis, 9 Maret 2023 - 13:34 WIB

Berikut Jenis-jenis Karya Ilmiah yang Penting Diketahui Pendidik

Selasa, 28 Februari 2023 - 16:05 WIB

Tips dan trik menulis artikel ilmiah yang baik dan benar.

Berita Terbaru