Home / News / Opini

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 16:34 WIB

5 Persiapan Calon Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Guru adalah salah satu profesi dengan prospek kerja yang sangat luas di era revolusi industri 4.0 sekarang ini. Alasan itulah yang membuat banyak orang tertarik menjadi seorang guru.

Hal tersebut kemudian membuat persaingan menjadi guru pun semakin ketat. Akibatnya banyak sekali orang yang setelah lulus kuliah pendidikan guru menganggur karena kalah saing.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus melakukan persiapan sebagai calon guru dengan matang sebelum menghadapi dunia kerja di era revolusi industri 4.0.

Lalu apa sajakah yang perlu disiapkan?

Kemampuan Mengenali Karakter Siswa

Persiapan calon guru yang pertama adalah bagaimana cara mengenali karakter siswa. Kemampuan mengenali karakter yang baik akan memudahkan Anda saat mengajar atau tes mengajar. Dari mengetahui karakteristik siswa yang sedang diajar akan bisa menggunakan metode yang tepat.

Pengalaman Mengajar

Pengalaman mengajar adalah salah satu persiapan yang cukup penting dan harus dipersiapkan sedemikian rupa. Pengalaman ini sendiri bisa dapatkan di sela-sela kesibukan kuliah. Jadi ketika ada waktu luang, usahakan untuk mencari pengalaman mengajar.

Baca Juga:  Informasi Penting, Pemutakhiran Data bagi Guru yang Belum Sertifikasi Terkait Persiapan PPG 2022!

Sekarang ini banyak sekali bimbingan belajar yang memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung. Hal itu bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pengalaman mengajar yang nyata sehingga saat lulus Anda benar-benar sudah matang dan memiliki portofolio yang baik untuk melamar menjadi guru.

Belajar Penggunaan Teknologi untuk Edukasi

Kecakapan di bidang teknologi adalah salah satu persiapan menjadi calon guru yang harus dilakukan sejak dini. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat tentunya calon guru dituntut untuk mampu mengikuti hal tersebut. Supaya Anda bisa memenangkan kesempatan bekerja menjadi guru, pelajarilah teknologi khususnya yang bisa digunakan dalam pembelajaran sedini mungkin.

Selalu Belajar Hal Baru

Di era revolusi industri seperti sekarang ini metode pembelajaran juga mengalami perkembangan dan bahkan mengalami perubahan. Pembelajaran tidak hanya dilakukan secara konvensional dengan cara bertatap muka secara langsung saja namun juga bisa dilakukan secara online. Hal ini bisa dilihat dari pola belajar selama pandemi seperti sekarang ini.

Baca Juga:  Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar Bersama Platform Merdeka Mengajar

Saat ini kita bisa melihat jika metode pembelajaran hampir sepenuhnya dilakukan secara online. Untuk itulah sebagai calon guru mulailah belajar hal-hal baru seperti metode mengajar secara online dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk selalu mengupgrade pengetahuan yang lainnya juga.

Bergabung di Komunitas Guru

Sudah bukan rahasia lagi jika bergabung menjadi anggota suatu komunitas akan membantu Anda memperluas pengalaman dan membuka kesempatan kerja. Melalui komunitas ini Anda akan memiliki relasi dan teman baru. Anda bisa memanfaatkan relasi tersebut untuk mendapatkan informasi-informasi penting yang berkaitan dengan profesi guru.

Di era industri 4.0 seperti saat ini persaingan yang ketat di semua bidang adalah hal yang wajar, tak terkecuali di bidang pendidikan seperti guru. Untuk itulah supaya bisa bersaing Anda harus melakukan berbagai persiapan.

GABUNG DENGAN KOMUNITAS GURU ERA DIGITAL SEKARANG JUGA MELALUI LINK BERIKUT INI! (KLIK PADA GAMBAR)

(ctr/shd)

Share :

Baca Juga

News

Rekomendasi 6 Aplikasi untuk Membuat Bahan Ajar Interaktif

News

Mengenal Fitur Microsoft Kaizala untuk Menciptakan Pembelajaran Online Seru 

News

Guru Wajib Tahu, Begini Metode Pengembangan dan Komponen Modul Ajar di Kurikulum Merdeka!

Opini

Menumbuhkan Kemampuan Menulis bagi Guru dengan 3M Plus K

Opini

Sulitnya Melaksanakan Pembelajaran Online di Daerah Pedalaman

News

Tips Cepat Naik Pangkat bagi Guru PNS

News

Universitas Terbaik di Indonesia Airlangga Tak Henti Berinovasi untuk Negeri

News

16 Pilihan Diklat Online untuk Guru di Bulan Januari 2022