Home / News

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 17:37 WIB

Manfaat Video Pembelajaran bagi Guru yang Harus Diketahui

Saat ini, materi pembelajaran yang tersaji dalam bentuk video merupakan salah satu media yang sangat penting, apalagi saat belajar online harus diterapkan oleh berbagai sekolah. Maka dari itu mau tak mau para guru pun harus mengikuti trend pembelajaran yang satu ini. 

Video pembelajaran di era digital ini mempunyai peranan yang sangat penting untuk memberikan pengaruh dalam pembelajaran. Bahkan, studi penelitian yang dilakukan oleh para ahli menghasilkan suatu kesimpulan bahwa  kaum millenial menjadi penyumbang views video digital yang paling banyak, yaitu kurang lebih mencapai 92 persen. 

Dengan begitu, tidak salah jika video memang menjadi salah satu sarana yang mampu untuk menyampaikan suatu informasi. Sehingga para guru pun nantinya dapat memberikan manfaat tersendiri bagi murid-muridnya agar mampu memahami materi pelajaran di sekolahnya dengan baik.

Simak manfaat video pembelajaran bagi guru di bawah ini:

Menjadi Media Belajar Ilmu bagi Peserta Didik 

Video pembelajaran mampu menjadi jembatan ilmu bagi para siswa. Hal ini tak lain karena ilmu yang dijelaskan oleh guru kepada para peserta didik ketika proses KBM atau kegiatan belajar mengajar secara online dapat dilakukan melalui video pembelajaran. 

Baca Juga:  Tips Mudah Membuat Video Pembelajaran Menarik dan Interaktif

Meskipun begitu hal ini tidak akan dapat menggeser peran dari guru sebagai seorang pendidik. Melainkan, dengan adanya video pembelajaran dapat membuat peran guru sebagai fasilitator yang inovatif.

Guru bisa meminta kepada siswanya saling berdiskusi tentang video pembelajaran yang telah disampaikan. Setelah itu guru bisa menyiapkan kuis atau tantangan setelah diskusi selesai. 

Mudah Menyebarkan Ilmu

Tahukah anda bahwa video pembelajaran yang dibuat oleh para guru tidak hanya bisa dikirim melalui Whatsapp Group (WAG) saja, melainkan video pembelajaran tersebut mampu diunggah melalui platform sosial media lainnya. Beberapa di antaranya Youtube, Instagram atau Facebook.

Tentunya hal tersebut lebih praktis dan juga mudah untuk dilakukan, bukan? Guru tinggal membagikan link atau tautan video pembelajaran yang dibuat kepada para peserta didiknya agar bisa dimaksimalkan dengan baik sebagai media belajar. 

Sebagai contoh, dengan tersebarnya video pembelajaran tersebut para siswa dapat mengunduh dan juga mengulangi bagian-bagian yang dirasa kurang dipahami. Bahkan, bagi siswa yang kebetulan berhalangan tidak mengikuti mata pelajaran tersebut, pun tinggal mengunduhnya agar tidak ketinggalan belajara.  Dan tentunya juga bisa dibelajari secara mandiri. 

Baca Juga:  Masih Ada Waktu Daftar Internet Gratis dari Kemendikbud bagi Guru

Menancap di Memori Siswa 

Pada dasarnya, penyampaian materi berupa visual dan audio akan lebih mudah untuk diingat. Hal ini tak lain karena video pembelajaran itu tadi dilengkapi dengan teks, gambar, audio, dan juga narasi. Nah, dengan adanya ketiga unsur tersebut maka para peserta didik pun akan lebih mudah dalam memahami mata pelajaran. 

Salah satu kunci agar video pembelajaran tersebut mudah dipahami yaitu jangan terlalu rumit dalam membuatnya. Hal yang paling penting yaitu selalu utamakan kesederhanaan dan juga poin-poin yang penting agar para peserta didik tidak mengalami kebingungan untuk memahaminya, ketika kegiatan belajar mengajar secara online sedang berlangsung. 

Nah, itu dia ke tiga manfaat video pembelajaran bagi guru.

Ikuti pelatihan “Pembelajaran Menarik dengan Powtoon” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link pendaftaran berikut ini: DAFTAR PELATIHAN.
Pelatihan di atas GRATIS untuk member e-Guru.id. Silakan mendaftar sebagai member melalui link berikut ini: DAFTAR MEMBER
Info lebih lanjut silakan menghubungi nomor berikut ini:
WhatsApp: 6281575345555
Telegram: t.me/CS_eguruid

(ctr/shd)

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/guru-wajib-tahu-game-pembelajaran-proprofs/

News

Guru Tetap Mendidik Meskipun di Sosial Media

News

Cara Menautkan Akun Belajar.id dengan SIM-PKB

News

Cara Mudah Membuat Artikel dari PTK

News

Cara Praktis Membuat Video Animasi Pembelajaran
https://naikpangkat.com/promo-bundling-hemat-spesial-idul-fitri/

News

Panduan Membuat dan Editing Video Pembelajaran dengan Filmora

News

8 Rekomendasi Situs Jurnal Bereputasi dan Ber-ISBN
pelajaran matematika

News

Cara Mudah Menyusun Materi Esensial Dalam Kurikulum 2022

News

Breaking News! Telah Dibuka Pendaftaran Beasiswa Pelatihan Bahasa Untuk Guru dan Tendik, Ini Ketentuannya