Home / Karya Inovatif

Sabtu, 27 Februari 2021 - 09:59 WIB

5 Aplikasi yang Bisa Digunakan Guru untuk Membuat Ujian Online

Aplikasi membuat ujian online – Sekarang banyak sekali aplikasi gratis yang dapat digunakan oleh guru untuk kebutuhan mengajar, termasuk membuat ujian secara online. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk kebutuhan tersebut di antaranya adalah WhatsAuto-Reply.

Saat ini guru memang dituntut untuk melek teknologi. Apalagi ketika kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara daring seperti sekarang ini, pasca adanya pandemi Covid-19. Karena alasan pandemi tersebut, seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah secara tatap muka harus dihentikan sementara sampai kondisi benar-benar kondusif.

Mengajar secara daring memang bisa menjadi masalah bagi sebagian guru. Terlebih bagi guru yang sebelumnya tidak pernah bersentuhan dengan dunia online. Tapi sisi baiknya, para guru dipaksa untuk belajar sesuatu baru untuk kelancaran pembelajaran yang lebih modern. 

Dulu, guru mungkin hanya berpikir bahwa kegiatan ujian peserta pendidikan hanya dapat dilakukan di kelas. Tapi faktanya, banyak media online yang dapat digunakan guru untuk menggelar ujian secara online.

Baca Juga:  5 Tips untuk Guru dalam Membuat Soal Pilihan Ganda

Berikut ini adalah beberapa aplikasi membuat ujian online yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat ujian online.

Google Form

Aplikasi pertama yang bisa guru gunakan untuk membuat ujian online adalah Google Form. Aplikasi ini sangat efektif dan tak perlu memasang software tambahan di smartphone.

Yang lebih menarik dari Google Form adalah, bahwa aplikasi ini dapat terintegrasi dengan Google Classroom yang merupakan platform kelas online yang juga dibutuhkan guru dalam mengajar online.  

Quizizz

Selanjutnya aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat soal-soal ujian online adalah Quizizz. Cara menggunakan aplikasi ini terbilang cukup mudah dan gratis.

Guru bisa membuat soal menggunakan template yang sudah dibuat oleh pengguna lain. Jadi pekerjaan guru akan lebih mudah menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, visual yang ditampilkan dari aplikasi ini juga sangat menarik. Terdapat banyak gambar yang dapat digunakan untuk membuat tampilannya lebih menarik.

Baca Juga:  Optimasi WhatsApp untuk Pembelajaran dan Penilaian Otomatis

TestMoz

TestMoz juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Tersedia pilihan versi gratis dan berbayar pada aplikasi tersebut.

Jika Anda menggunakan versi gratis, jumlah siswa yang dapat ikut dalam ujian online dibatasi maksimal 50. Meski demikian, aplikasi ini tetap bisa menjadi alternatif pilihan.

ProProfs

Yang menarik dari ProProfs adalah adanya sertifikat atau piagam yang dapat diperoleh siswa secara langsung setelah mengerjakan soal-soal. Hal itu bisa menjadi penyemangat anak-anak dalam mengerjakan soal yang dibuat oleh guru.

WhatsAuto-Reply

Yang terakhir adalah menggelar ujian secara online menggunakan WhatsAuto-Reply. Ini pilihan yang sangat menarik karena para siswa dapat mengerjakan soal melalui media sosial WhatsApp yang sudah tidak asing lagi bagi mereka.

Bagaimana cara membuat soal lewat WhatsApp, ketahui caranya melalui pelatihan yang akan digelar oleh e-Guru.id seperti yang tertera pada poster berikut ini. Klik gambar untuk lebih detail tentang pelatihan tersebut.

Share :

Baca Juga

akm literasi untuk sd

Karya Inovatif

Cara Menerbitkan Buku Ajar Digital di Google Play Book
template islami

Karya Inovatif

Template Ucapan Selamat Ramadan Gratis untuk Medsos, Mudah Diedit

Karya Inovatif

Seminar Nasional Gratis Literasi Steam Untuk Paud
cara membuat website guru

Karya Inovatif

Cara Mudah Guru Membuat Website Profesional dengan Blogger
game edukatif

Karya Inovatif

5 Game Edukatif yang Mendukung Perkembangan Anak
desain ucapan ramadan dan idul fitri

Karya Inovatif

Cara Mudah Desain Ucapan Ramadan dan Idul Fitri dengan PowerPoint
google class room untuk guru

Karya Inovatif

Manfaat Google Classroom untuk Guru dan Dunia Pendidikan

Karya Inovatif

Membuat Kuis Pembelajaran Interaktif Bermodal WhatsApp