Home / Karya Inovatif / Pelatihan Guru

Sabtu, 27 Februari 2021 - 10:36 WIB

Guru Bisa Gelar Ujian Online via WhatsApp, Ini Keunggulannya

Ujian Online Via WhatsApp – WhatsApp dikenal luas oleh masyarakat sebagai media sosial untuk mengirim pesan singkat. Namun siapa sangka, aplikasi tersebut juga bisa untuk menggelar ujian online. Guru wajib tahu tentang hal ini.

Umumnya, WhatsApp dikenal sebagai aplikasi chatting. Hampir seluruh pengguna smartphone di Indonesia memiliki aplikasi yang identik dengan warna hijau tersebut. Sebab aplikasi ini sangat mudah digunakan dan hemat data.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, WhatsApp juga bisa digunakan sebagai kelas online. Caranya yaitu membuat grup yang berisi para siswa. Sementara guru dapat mengirim file materi pelajaran melalui media tersebut.

Guru sebenarnya dapat memaksimalkan penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran di masa pandemi seperti sekarang ini. WhatsApp tidak hanya bisa digunakan membuat kelas online namun juga sekaligus sebagai media menggelar ujian secara online.

Sebenarnya banyak sekali apliasi yang dapat digunakan guru untuk membuat soal ujian secara daring. Namun demikian, menggelar ujian lewat WhatsApp perlu dipertimbangkan dan dapat menjadi alternatif terbaik. 

Baca Juga:  Bersama Dian Sastro dan Mendikbud, Markoding Gelar Webinar Gratis dengan Tema Perempuan Inovasi

Berikut ini adalah beberapa keunggulan ujian online via WhatsApp.

Mudah Digunakan

WhatsApp adalah aplikasi yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Sehingga dalam menggunakan aplikasi tersebut dinilai tidak akan terjadi kendala.

Mulai dari kalangan dewasa dan anak-anak sekolah saat ini pastinya sudah tidak asing dengan WhatsApp. Karena aplikasi ini sebenarnya memiliki fungsi media sosial yang digunakan setiap hari. 

Berjalan Otomatis

Ujian yang digelar melalui WhatsApp dapat berjalan otomatis tanpa keterlibatan guru secara langsung. Namun sebelum itu, memang terdapat beberapa tahap pengaturan yang harus dilakukan.

Jangkauan Luas

Jangkauan ujian menggunakan WhatsApp akan lebih luas. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa aplikasi ini merupakan salah satu media online paling populer, khususnya di Indonesia. Hampir setiap individu pengguna smartphone pasti kenal dengan platform ini.

Baca Juga:  Mahir Membuat Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Melalui Pelatihan 32 JP

Dan ujian online melalui WhatsApp ini sangat cocok untuk segala jenjang pendidikan mulai dari jenjang  SD, SMP, atau tingkat SMA.

Penilaian Otomatis

Ujian yang dilakukan melalui WhatsApp memungkinkan untuk memberikan penilaian secara otomatis setelah soal selesai dikerjakan. Untuk menyediakan fitur seperti itu membutuhkan pengaturan sebelum menyampaikan soal ujian pada peserta didik.

Fitur tersebut tentu saja akan sangat menarik. Siswa tak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil ujiannya. Sementara itu, guru juga tak perlu repot melakukan koreksi soal.

Meringankan Kerja Guru

Dan dengan bantuan teknologi ujian online lewat WhatsApp sudah pasti akan meringankan pekerjaan. Guru tidak perlu hadir secara fisik atau terus memantau ujian yang berlangsung. Semuanya dapat berjalan secara otomatis.

Meskipun guru mengerjakan pekerjaan lain, soal WhatsApp tetap dapat diakses oleh siswa secara otomatis.

Bagaimana cara membuat soal ujian online melalui WhatsApp dapat dipelajari pada pelatihan berikut ini:

Share :

Baca Juga

Pelatihan Guru

Peningkatan Keterampilan Public Speaking for teacher

Advertorial

Segera Daftar! Diklat Gratis Bersertifikat 40JP Peran Guru dalam Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar

Pelatihan Guru

Informasi Pembagian Fasilitas dan Sertifikat Diklat Gratis Pembelajaran Interaktif dengan Model Cooperatif

Pelatihan Guru

Workhop Bersertifikat 35 JP : Implementasi Model Project Based Learning berbasis Literasi sebagai Materi Esensial dalam Kurikulum Merdeka

Pelatihan Guru

Gratis! Seminar Nasional : Pembelajaran Berbasis Projek Sebagai Karakterisitik Utama Kurikulum Prototipe

Karya Inovatif

Classpoint! Solusi Media Interaktif Untuk Pembelajaran

Advertorial

Segera Daftar! Webinar Gratis “Langkah Mudah Membuat LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheets”
membuat game edukatif

Pelatihan Guru

Pelatihan Membuat Game Edukasi Menggunakan PowerPoint