Home / News

Minggu, 22 Agustus 2021 - 23:36 WIB

Tugas dan Fungsi Guru BK yang Wajid Anda Pahami

Guru BK atau juga biasa dikenal dengan guru bimbingan konseling sekarang ini bisa dikatakan merupakan salah satu bagian penting dari sebuah sekolah. Biasanya setiap sekolah paling tidak mempunyai satu guru BK yang nantinya bisa menangani berbagai macam kasus yang terjadi di lingkungan sekolah, khususnya yang berkaitan dengan para siswa-siswi.

Nah, jika Anda adalah seorang guru BK, apakah Anda sudah tahu apa tugas dan fungsi utama dari seorang guru BK tersebut?  

Bagi Anda yang belum mengetahuinya secara detail, berikut penjelasannya:

Melakukan konseling kepada anak-anak yang memiliki masalah dengan prestasi belajar

Tahukah Anda bahwa tidak semua murid bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah dengan baik. Maka di sinilah fungsi guru BK yang diharapkan bisa membantu memberikan konseling kepada murid yang mungkin mengalami masalah atau mungkin mengalami kesulitan dengan prestasi belajar di sekolah. Guru BK juga diharapkan akan membantu murid dalam mencari jalan keluar yang benar dari masalah tersebut.

Membantu murid memecahkan permasalahan di sekolah yang sedang dialami

Baca Juga:  Langkah Mempersiapkan Lokakarya untuk Menambah Angka Kredit Guru

Permasalahan yang terjadi pada murid sebenarnya bukan hanya berasal dari prestasi akademis dan belajar, akan tetapi ada juga masalah lain. Contohnya masalah sosial di sekolah. Murid yang mungkin mengalami masalah dengan interaksi sosial dengan teman-temanya, yang akhirnya dia memerlukan bimbingan lebih lanjut. Di sinilah tugas Anda sebagai guru BK, jadi peran Anda sangat penting.

Dengan memiliki keterampilan konseling dan juga membimbing, maka Anda sebagai guru BK tentu diharapkan bisa membantu murid yang sedang mengalami masalah di sekolah tersebut, supaya bisa menghadapi masalah dengan baik.

Bisa memberikan berbagai macam tes IQ maupun bakat

Guru BK yang sudah mempunyai gelar Psikolog berhak untuk memberikan tes minat maupun bakat mengenai kepribadian kepada para siswa di sekolah. Biasanya dalam tes ini, semua aspek yang ada di dalam diri murid akan terlihat, di mana guru BK kemudian bisa membantu memaksimalkan kemampuan, minat yang dimiliki oleh para anak-anak peserta didik, supaya nantinya bisa berguna bagi diri murid tersebut, baik itu ketika berada di sekolah maupun di lingkungan luar.

Baca Juga:  Alasan Kenapa Guru Harus Meningkatkan Literasi Teknologi?

Sebagai mediator antara sekolah dan orang tua

Murid-murid di sekolah tidak bisa lepas dari masalah, misalnya masalah sosial. Beberapa masalah sosial tersebut wajib dilaporkan kepada orang tua murid. Hal ini dilakukan karena ini merupakan tanggung jawab pihak.

Dalam hal ini guru BK bertugas dan memiliki fungsi untuk menjadi jembatan antara orang tua bersama dengan pihak sekolah, khususnya pada saat murid mengalami masalah yang harus diselesaikan dengan orang tua.

Nah, itulah tugas dan fungsi guru BK di sekolah yang wajib Anda pahami. Terlebih bagi Anda yang saat ini tengah menjalani peran tersebut di lembaga sekolah Anda.  

Daftar Diklat “Psikologi Perkembangan Peserta Didik” melalui link berikut ini: 

DAFTAR DIKLAT

Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 

Telegram: t.me/CS_eguruid

WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

Learning Management System

News

Learning Management System, Memahami Moodle Dengan Mudah

News

Cara Menghindari Tekanan Mental karena Terlalu Sibuk Mengajar Online

News

Membuat Kelas Online Interaktif dengan Discord

News

Cara Edit Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia

News

Kurikulum 2022: Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Learning Together
https://naikpangkat.com/terbatas-diklat-gratis-32jp-meningkatkan-keterlibatan-peserta-didik-dengan-game-dan-presentasi-interaktif/

News

Langsung Rapelan! Gaji PPPK Guru Tahap 1 Sudah Cair, Jumlahnya Bikin Kaget
penggunaan excel untuk mengolah nilai siswa

News

Menumbuhkan Growth Mindset Siswa, Menghindari Learning Loss
https://naikpangkat.com/memahami-enjoyfull-learning-dalam-pembelajaran/

News

Model Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar