Tips Menyiapkan Konten Video Pembelajaran Yang Menarik

- Editor

Selasa, 8 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tips Membuat Video Pembelajaran – Walaupun sekarang sudah mulai melakukan pembelajaran tatap muka terbatas namun tidak di pungkiri bahwa pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia mulai dari tahun 2020 membuat seluruh instrumen pendidikan harus mampu beradaptasi dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut sebagai kelas online.

Hal ini kemudian menjadi tantangan bagi setiap guru agar tetap mampu menyediakan bahan pembelajaran yang mudah dipahami siswa walaupun ada keterbatasan jarak.

Tatap muka terbatas sudah menjadi hal yang wajar bagi semua guru di indonesia, untuk dapat beradaptasi dan terus berinovasi agar siswa tidak merasa bosan dan tetap semangat untuk mengikuti kelas.

Salah satu cara untuk menjaga minat siswa dalam mengikuti kelas yaitu menyediakan bahan pembelajaran yang menarik, bervariasi, salah satunya dengan membuat video pembelajaran. Lalu apa yang disebut video pembelajaran itu?

Definisi Video Pembelajaran

Video pembelajaran merupakan salah satu media yang menyajikan materi-materi pembelajaran dalam wujud audio dan visual. Biasanya, konten dalam video pembelajaran meliputi konsep, prinsip, prosedur, dan teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman siswa terhadap suatu materi pelajaran yang diajarkan oleh guru.

Bagaimana jika kita tidak pandai dalam membuat video pembelajaran? padahal video pembelajaran memiliki pengaruh yang baik terhadap pembelajaran di kelas?

Bapak dan Ibu tidak perlu khawatir, kini sudah banyak aplikasi dan tools gratis yang mudah digunakan dan tersedia untuk membantu guru dalam membuat video pembelajaran. Guru bisa menambahkan audio, footage video, dan teks yang menjelaskan tentang materi tersebut.

Video pembelajaran yang sudah dibuat bisa diputar di berbagai perangkat , baik itu melalui laptop, komputer (PC), maupun ponsel pintar.

Langkah sebelum mulai membuat video pembelajaran, ada baiknya Bapak dan Ibu mengetahui bagaimana cara membuat video pembelajaran yang menarik bagi siswa. Jangan sampai video yang sudah dibuat guru ternyata tidak memberikan dampak apapun kepada minat belajar siswa.

Video pembelajaran yang menarik akan membuat siswa merasa antusias ketika mengikuti kelas. Materi pembelajaran yang disampaikan pun memiliki peluang lebih besar untuk terserap dengan baik oleh para siswa.

Sesungguhnya ada banyak sekali keuntungan bagi guru jika berhasil membuat konten video pembelajaran yang menarik. Selain mampu meningkatkan minat belajar siswa, video pembelajaran merupakan materi yang bersifat life-time. Artinya, siswa dapat memutar ulang video tersebut, kapanpun dan dimanapun, jika ada materi yang belum dimengerti.

Oleh karena itu, guru- guru diharapkan untuk tetap menjadi insan yang kreatif san terus mau belajar agar dapat membuat dan menyajikan video pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran akan menjadi lebih variatif.

Hal ini akan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola materi pelajaran ke dalam media digital. Sisi baik lainnya adalah guru juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan jika video pembelajarannya diunggah ke YouTube melalui adsense yang didapat. 

Lalu, kemudian muncul di benak Bapak dan Ibu, apa saja tips membuat konten pembelajaran yang menarik?

Tips Membuat Konten Video Pembelajaran yang Menarik

Berikut tips membuat konten video pembelajaran yang menarik dan bisa dipelajari secara singkat. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Siapkan Materi Pembelajaran

Sebelum mulai membuat video pembelajaran, Bapak dan Ibu perlu menyiapkan komponen-komponen penting dan yang paling utama yaitu materi pembelajaran. Siapkan lebih dahulu rangkuman materinya yang nantinya akan di gunakan sebagai konten dalam video pembelajaran.

Tujuannya agar siswa bisa menangkap secara cepat mengenai topik yang dibahas melalui intisari pembelajaran yang disampaikan guru melalui video pembelajaran. Jika ingin menyusun materi yang lebih dalam, guru bisa memanfaatkan e-book atau jurnal ilmiah dari situs terpercaya, seperti e-resources.perpusnas.go.id dan Google Scholar.

2. Siapkan Perangkat Digital

Komponen lainnya yang tidak kalah penting juga dengan materi pelajaran adalah perangkat digital untuk membuat videonya.

Perangkat digital yang dapat digunakan guru untuk membuat video di antaranya yaitu kamera HP, DSLR, mic external, tripod, dan lighting. Atau Bapak dan Ibu juga bisa menyesuaikan kemampuan barang yang dimilikinya. Tidak harus semua harus ada.

3. Konsep dan Ilustrasi Video

Langkah selanjutnya untuk membuat video pembelajaran yang menarik yaitu memilih konsep video yang sesuai dengan pembahasan materi. Guru bisa menyelipkan ilustrasi video yang berhubungan dengan materi agar lebih menarik.

Jika guru merasa bingung, guru bisa melihat contoh video pembelajaran yang sudah diunggah di YouTube dari berbagai guru di seluruh dunia. Sebagai referensi, guru bisa mengamati channel Youtube Belajar Era Digital. Semua konten yang dibuat terlihat sangat menarik dan edukatif.

4. Gunakan Footage Audio dan Video Animasi

Langkah berikutnya yang dapat guru lakukan agar video pembelajaran terlihat semakin menarik dan berwarna yaitu menggunakan aset audio dan video. Saat ini ada banyak situs penyedia footage audio dan video yang bisa digunakan secara gratis.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan footage peta dunia atau bendera negara jika materi pembelajaran yang akan dibuat video yaitu letak geografis negara-negara di dunia. Dengan begitu murid akan lebih mudah mengerti, khususnya tingkatan SD dan SMP.

5. Buat Naskah atau Alur Video yang Menarik

Jika guru sudah berhasil memenuhi empat poin tips sebelumnya, langkah berikutnya yaitu guru perlu membuat naskah atau alur video yang menarik. Alur video ini biasa disebut sebagai storylineStoryline bertujuan agar video pembelajaran lebih terstruktur dan sistematis. Selain itu, storyline juga bertujuan untuk menghindari kesalahan saat menyampaikan materi.

6. Pilih Spot Pengambilan Video yang Tenang

Setelah naskah jadi, guru bisa segera menyusun kamera dan perlengkapan lainnya. Guru bisa mengambil spot di kamar tidur atau ruang keluarga. Yang terpenting, pastikan suasananya tenang agar lebih fokus saat membuat video. Jangan lupa gunakan lampu tambahan guna mendukung proses rekaman.

7. Edit Video yang Sudah Direkam

Langkah terakhir yang guru lakukan untuk membuat video pembelajaran yang menarik yaitu mengedit videonya menggunakan aplikasi atau software. Perlu diketahui, tahapan ini menuntut guru untuk berkreasi agar video pembelajaran tidak membosankan. Jika guru belum mahir, maka tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali tutorial cara edit video di YouTube yang bisa guru tonton untuk mempelajarinya.

Beberapa aplikasi edit video pembelajaran yang bisa guru coba yaitu, Kinemaster, Windows Movie Maker, Powerpoint, Camtasia, Videoscribe, Corel Video Studio, Adobe Premier.

Demikian artikel mengenai tips membuat konten video pembelajaran yang menarik. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan pandangan baru mengenai pembuatan video bagi Bapak dan Ibu guru.

Berita Terkait

Catat Pengumuman Penting Dirjen Nunuk Persiapan PPG Daljab 2024 Tanggal 21 Juni 2024 Jangan Lewatkan!
Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024
Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024
Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data
Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024
CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Berita ini 213 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:55 WIB

Catat Pengumuman Penting Dirjen Nunuk Persiapan PPG Daljab 2024 Tanggal 21 Juni 2024 Jangan Lewatkan!

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:09 WIB

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:00 WIB

Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 18:09 WIB

Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:23 WIB

CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Berita Terbaru