Impelemtasi Blanded Learning Dalam PTM Terbatas

- Editor

Jumat, 18 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy


Blanded learning PTM terbatas
menjadi solusi untuk dapat melaksanakan pembelajaran perpaduan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Mungkin sebagian sekolah sudah ada yang melakukan pembelajaran tatap muka 100% melainkan di daerah lain juga masih ada yang belum 100% melakukan pembelajaran tatap muka. Sehingga dengan penerapan blanded learning menjadi sebuah solusi yang bisa di terapkan.

Perbedaan penerapan pembelajaran ini di karenakan berbagai alasan. Mulai dari vaksinasi akan usia 12tahun belum dilaksanakan, orang tua yang belum mengizinkan anaknya pergi kesekolah, atau mungkin daerahnya masih zona merah, atau zona orange. Sehingga belum bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka 100%.

Tentunya perubahan gaya belajar ini memunculkan berbagai macam effort dan tantangan baru yang harus dihadapi. Salah satunya pemilihan metode pembelajaran yang pas. Blended Learning mungkin adalah salah satu metode yang patut dicoba dalam fase awal penerapan pembelajaran daring.

Lalu bagaimana mendesain pembelajaran Blanded learning PTM terbatas? Sebelum membahas ini kita perlu mengerti lebih dahulu apa itu blanded learning dan apa itu PTM (Pembelajaran Tatap Muka ) terbatas?

PTM Terbatas

PTM Terbatas ini muncul untuk menyikapi adanya dampak learning loss setelah pembalajaran jarak jauh terlalu lama di terapkan. PTM Terbatas merupakan pembatasan pembelajaran secara tatap muka yang dilakukan untuk menghindari learning loss akibat pembelajaran jarak jauh yang berkepanjangan.

Siswa tidak perlu mengikuti pembelajaran penuh dalam sehari, tapi diatur sesuai kebutuhan di sekolah masing-masing, jumlah harinya tidak harus tiap hari. Dari aspek materi pembelajaran, yang diberikan dalam PTM terbatas hanyalah materi yang paling esensial. Dengan kata lain, tidak semua materi diberikan kepada siswa sehingga membuat siswa pusing.

Blanded Learning

Menurut Bhonk dan Graham (2006) dalam Rusman dkk (2012: 244) menyatakan bahwa  “blended  learning is  the combination  of instruction  from  two  historically  separate  models of teaching  and  learning: Traditional  learning  systems  and  distributed learning  systems.  it  emphasizes  the central  role  of  computer-based technologies in blended learning”.

Blanded learning merupakan kolaborasi dari dua model pembelajaran yang secara terpisah, yaitu antara pembelajaran tatap muka atau pembelajaran langsung dengan pembelajaran berbasis teknologi atau pembelajaran daring (online).

Keberhasilan blanded learning, Blanded learning menjadi metode pembelajaran yang digunakan pada saat ini. Bagaimana agar blanded learning dapat berjalan dengan maksimal? yuk simak informasi berikut ini secara lengkap 5 Kunci keberhasilan blanded learning versi Jared M. Carman. Blanded learning  merupakan cara pembelajaran baru di mana menggabungkan strategi tatap muka di ruang kelas dan pembelajaran jarak jauh atau daring (online).

Penerapan pembelajaran campuran merupakan cara inovatif untuk meningkatkan keberhasilan peserta didik dalam pelatihan. Sementara menurut Association for Talent Development, blended learning atau pembelajaran campuran merupakan praktik menggunakan beberapa media dalam satu kurikulum dan menggabungkan pembelajaran formal dan informal, seperti kegiatan belajar di kelas, online, dan pembelajaran langsung di lapangan, serta pembinaan pekerjaan.

Berikut ini 5 kunci keberhasilan blanded learning versi Jared M. Carman agar blanded learning dapat berjalan maksimal. Yuk kita simak informasi selengkapnya.

1. Live Event

Guru membuat pembelajaran langsung secara tatap muka dalam waktu dan tempat yang sama, atau waktu yang sama tetapi dengan tempat yang berbeda yaitu melalui Virtual classrom dengan berbantukan flatform video conference yang sudah ada.  Seperti zoom meeting, goolge meet dan lain sebagainya.

2. Self Paced Learning

Guru dapat mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran mandiri kapan saja dan dimana saja, baik dalam bentuk text besed atau multimedia based yang dapat diakses secara online. Guru bisa menyiapkan e-modul atau pembelajaran berbasis video untuk membantu siswa belajar secara mandiri.

3. Collaboration

Guru menciptakan kolaborasi secara baik antara guru dan siswa serta antara siswa melalui media komunikasi yang telah ada. Baik melalui media komunikasi whatsApp, facebook, dan lain sebagainya. Yang tujuannya membangun kolaborasi antar guru dan siswa untuk pembelajaran yang lebih efektif.

4. Asesment

Guru dapat mengukur pencapaian kompetensi siswa dengan mengkombinasikan antara tes yang bersifat tes maupun yang bersifat non tes. Disesuaikan dengan jenis penilaian dan metari yang sedang dipelajari siswa.

5. Performance Support Materials

Guru perlu memastikan materi yang disiapkan dalam bentuk digital dan semua siswa dapat mengaksesnya secara online maupun offline. Materi bisa berupa apa saja yang terpenting siswa dapat mengaksesnya dengan mudah dan mudah menjadi bahan pegangan bagi siswa.

Dari Beberapa studi penelitian telah menemukan bahwa blended learning dapat meningkatkan hasil belajar sama dengan atau lebih tinggi dari mahasiswa yang belajar secara konvensional atau sepenuhnya online, meskipun tingkat keberhasilan bervariasi antara disiplin ilmu (Heinze, 2008, p.35).

Demikian paparan tentang 5 Kunci keberhasilan Blanded Learning menurut Jared M. Crmen semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta pengetahuan bapak dan ibu guru.

Meskipun sering disamakan dengan sistem pembelajaran online penuh namun metode Blended learning tidak semua aktivitas belajar mengajar dilakukan online. Metode Blended Learning adalah bentuk penyempurnaan dari sistem e-learning, dimana dengan menggunakan metode ini, pembelajaran dilakukan dengan dua arah.

Dengan menggabungkan pembelajaran konvensional (face-to-face) dengan pembelajaran online dinilai akan lebih efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional saja ataupun secara daring saja.

Dengan memanfaatkan berbagai platform pembelajaran maupun yang berbasis media sosial sekalipun dapat menunjang pembelajaran blanded learning menjadi lebih dapat berjalan dengan lancar.

Bagaimana penerapan blanded learning dalam PTM Terbatas? Apakah bapak dan ibu sudah mengetahui strateginya? jika belum, e-Guru.id memiliki solusinya.

Pelatihan Penerapan Blanded Learning dengan Metode Flipped Classroom dalam PTM Terbatas bersertifikat 32 JP. Yang akan di selenggarakan 21 Februari sampai 28 Februari 2022 melalui zoom meeting dan grup telegram.

Dalam pelatihan ini peserta pelatihan akan mempelajari mengenai metode flipped classroom sebagai alternatif dalam PTM Terbatas, mengetahui karakteristik metode flipped classroom hingga diajarkan sintak metode flipped classroom.

Berminat mendaftar? Yuk segera mendaftar sebelum terlambat !!!

DAFTAR PELATIHAN

DAFTAR PELATIHAN

DAFTAR PELATIHAN

Ingin di bantu mendaftar? silahkan hubungi http://s.id/adminseminar

Berita Terkait

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024
Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024
Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Berita ini 26 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:59 WIB

Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:17 WIB

Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Berita Terbaru