Home / News

Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:41 WIB

Strategi Membuat Video Pembelajaran Yang Memikat Siswa

Strategi Membuat Video Pembelajaran – Video pembelajaran di era digital sekarang sudah tidak asing lagi bagi guru. Di era digital ini, seseorang guru pun harus mampu membuat video pembelajaran yang menarik sehingga siswa semangat dalam belajar. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai strategi membuat video pembelajaran yang memikat siswa.

Sebagai seorang guru di era digital, kita harus mampu membuat video pembelajaran yang menarik. Apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat video pembelajaran yang memikat bagi siswa? Simak strategi ini berikut ini.

1. Menggunakan Teknik Story Telling

Storytelling adalah proses menggabungkan fakta dan cerita untuk disampaikan kepada pengguna supaya mereka semakin tertarik dengan apa yang kita tawarkan. Teknik atau kemampuan ini dapat digunakan ketika sedang menjelaskan sesuatu lewat kata-kata atau pun cerita.

Story telling merupakan teknik yang mudah untuk dimengerti. Oleh sebab itu, baiknya dalam video pembelajarannya menggunakan teknik story telling, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi yang ada serta mengemas pembelajaran menjadi lebih menarik.

Baca Juga:  Guru Wajib Tahu! Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran Animasi Dengan Power Point

2. Menggunakan Visual yang Menarik

Visual memiliki pengertian sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media menggambarkan yang hanya terbaca oleh indra penglihatan.

Dengan adanya visual yang menarik, hal tersebut dapat menarik perhatian siswa. Gunakan gambar menarik dan gunakan font teks yang mudah dibaca. Jangan lupa hindari menyisipkan terlalu banyak teks. Dengan menampilkan visual yang menarik akan membuat siswa lebih lama mengingat materi dan menerima materi dengan baik.

3. Menggunakan Audio yang Optimal

Tidak hanya visual, audio pun harus menarik sehingga siswa senang mendengar dari video pembelajaran tersebut. Usahakan di dalam video pembelajaran tidak ada suara yang mengganggu, dan dapat menggunakan background musik agar membuat video pembelajaran tidak terlalu serius.

Dengan adanya tambahan media audio, akan mendukung visual yang di tampilkan. Dengan begitu peran audio sangat membantu untuk memperjelas tampilan dari visual yang di sajikan.

Baca Juga:  5 Game Edukatif yang Mendukung Perkembangan Anak

4. Penyampaian Materi Singkat, Padat dan Jelas

Video pembelajaran harus mampu menyampaikan materi yang tidak terlalu panjang tetapi informatif dan jelas. Video pembelajaran bisa berisikan poin- poin penting yang lebih konkret, dan dibuat sedemikian rupa agar bisa di pahami secara utuh untuk mencapai pembelajaran yang efektif.

Pembelajaran dengan video akan lebih baik jika video tidak terlalu panjang tetapi bisa berisi padat mengenai pembelajaran serta jelas. Agar tujuan dari penyampaian materi bisa tercapai dengan baik dan tepat sasaran.

Demikian strategi membuatan video pembelajaran yang dapat memikat siswa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi bapak ibu, dan di terapkan di dalam pembelajaran.

e-Guru.id menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayan Indonesia. DAFTAR SEKARANG

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah banner-member-tahunan-300x300-1.jpeg

Ingin dibantu mendaftar ? Hubungi 087719662338 (Rahma)

Penulis : Rahma Ta’nisa

Share :

Baca Juga

News

Cara Membuat Video pembelajaran dengan aplikasi Animaker
Tunjangan Pensiunan PNS tebuhs 1 miliar

News

Inilah 7 Tunjangan yang Diterima PNS Diluar Gaji Pokok, Nilainya Sangat Fantastis!

News

Cara Membuat Kuis Online Pada Google Form Yang Perlu Diketahui Guru
cara koreksi jawaban siswa secara otomatis

News

Kuntungan yang Akan Didapatkan Menjadi Guru PPPK 2021
pembelajaran berhitung

News

Mengenal Fitur Microsoft Excel untuk Membuat Media Pembelajaran Menarik

News

Diklat Gratis 40 JP untuk Guru di Seluruh Nusantara, Begini Cara Daftarnya!

News

Tips Membuat Presentasi yang Kreatif untuk Pembelajaran Siswa

Karya Inovatif

Kemendikbudristek Gelar Lomba Kampanye Digital Untuk Dorong Generasi Muda Bangga Punya Pancasila