Cara Download Template PPT di Berbagai Platform

- Editor

Senin, 3 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kebutuhan template PPT menjadi penting, karena sudah menjadi bagian dari kebutuhan untuk menunjang penyajian pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media PowerPoint memiliki banyak sekali kelebihan dan juga dianggap sangat praktis dan mudah di terapkan di segala jenjang pendidikan. Artikel ini akan membahas mengenai cara mendownload template PPT.

Powerpoint merupakan aplikasi pembantu untuk membuat paparan dalam bentuk slide presentasi yang interaktif sehingga materi dapat ditampilkan lebih efektif dan professional. Penggunaan powerpoint yang interaktif dapat membantu seorang guru untuk memaparkan materi kepada peserta didik dengan lebih mudah sehingga transformasi ilmu pengetahuan dapat berjalan dengan lebih baik dan lancar.

Selain itu, penggunaan powerpoint yang interaktif dapat memudahkan para guru untuk menguasai kelas dan membantu peserta didik untuk selalu fokus dengan materi yang dijelaskan oleh guru tersebut serta membuat peserta didik untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran dua arah yang pada akhirnya akan memberikan pengalaman belajar yang unik bagi peserta didik.

Kelebihan media PPT dibandingkan dengan media lain

  1. Cukup menyampaikan materi satu kali saja, peserta didik secara menyeluruh akan memperhatikan
  2. Bahan materi yang di siapkan dan di sampaikan bisa digunakan di lain waktu, dan bisa di gunakan di kelas yang lainnya
  3. Lebih menarik, karena teknologi PPT yang dapat menampilkan berbagai fitur seperti gambar, video, suara, animasi dan lain sebagainya
  4. Peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran, sehingga dapat merangsang diskusi antara guru dan siswa maupun antar sesama siswa.

Banyak merasakan bosan dengan template yang tersedia di dalam microsoft powerpoint yang gambar dan pilihannya hanya itu- itu saja. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mendownload template powerpoint dari berbagai platfrom agar lebih beraneka ragam.

1. Cara download Template PPT dengan Slidesgo

Slidesgo merupakan website yang menyediakan berbagai macam templet powerpoint yang bisa di download secara gratis oleh siapa saja, dengan pilihan template yang sangat beragam serta banyak sekali pilihannya.

Pertama, Buka Situs Slidesgo. Dengan menuliskan Slidesgo di mesin pencarian.

Selanjutnya akan muncul tampilan halaman beranda slidesgo seperti dibawah ini

Kedua, yaitu melakukan register dengan menggunakan akun gmail atau e-mail facebook yang sudah di miliki sebelumnya, dengan meng- Klik ‘Log in’. Tampilannya akan seperti di bawah ini.

Catatan: Apabila tidak melakukan register template PowerPoint tetap dapat di download namun maksimal hanya 2  template

Ketiga, Setelah register, kita diminta memilih topik/tema template yang menjadi favorit kemudian konfirmasi. Selanjutnya, template PowerPoint dapat di download sesuai yang kita inginkan, mulai dari warna, style, populer atau pun tema. Dengan tampilan seperti dibawah ini

Misalnya ingin memilih template tema edukasi, tinggal Klik kategori Edukasi. Jika ingin kategori silahkan mengklik sesuai kategori template yang diinginkan.

Seletah itu, akan muncul berbagai pilihan template yang ada di kategori edukasi. Silahkan pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan dengan cara meng klik template tersebut

Keempat, Silahkan download template dengan cara Dowload This Templaet pilih yang Powerpoint yang sudah di pilih, dengan tampilan seperti dibawah ini

Maka secara otomatis template akan terdownload dengan fromat powerpoint. Apabila di buka powerpoint tersebut akan memiliki tampilan seperti di bawah ini

Bapak dan Ibu sekarang sudah bisa langsung menggunakan template tersebut dan membuat powerpoint untuk pembelajaran yang menarik dan bagus.

2. Cara download Template PPT dengan Canva

Canva merupakan aplikasi desain grafis menjembatani penggunanya untuk dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Tidak dipungkiri Canva hadir dengan beragam fitur keren sehingga membuatnya sering dipakai sejuta umat sekarang ini.

Pertama, Buka situs Canva. Dengan menuliskan canva di mesin pencarian

Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Yang merupakan halam beranda dari website Canva

Kedua, silahkan melakukan register melalui e-mail maupun facebook yang sudah dimiliki sebelumnya, nanti akan muncul tampilan seperti ini

Ketiga, Setelah register, silakan klik Template dan pilih Lihat semua. Selanjutnya, scroll ke bawah sampai di Presentasi dan pilih Lihat semua. Kemudian, klik kategori template PowerPoint yang kita inginkan, mulai dari yang sederhana, warna atau lainnya.

Silahkan pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan, Catatan: Jika ada gambar yang harus berbayar silakan cari gambarnya pada template kemudian delete. Selanjutnya template dapat didownload.

Keempat, silahkan download template yang sudah di pilih sebelumnya. Tampilannya akan seperti di bawah ini

Selanjutnya, jika ingin mendownload langsung dalam formati PPT langsung mengikuti arahan seperti di bawah ini. Dengan meng – klik tanda titik 3, dan akan muncul jendela pilihan, lalu pilih Microsoft Powerpoint.

Selesai, template yang di download sudah bisa langsung digunakan. Dan membuah presentasi yang menarik untuk pembelajaran.

Meskipun powerpoint sudah tidak asing digunakan dalam proses belajara mengajar, namun tidak semua powerpoint yang dibuat dapat menjadi powerpoint yang interaktif. Berikut merupakan tips yang dapat digunakan sehingga powerpoint yang dibuat menjadi lebih interaktif.

  1. Kuasai materi yang akan disampaikan

Menguasai materi tentunya merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap guru. Penguasaan materi tidak hanya akan memberikan kepercayaan diri bagi pemapar yaitu dalam hal ini guru, namun juga slide powerpoint dapat disampaikan dengan lebih efektif dan membantu pemaparan materi.

  1. Buat slide yang semenarik mungkin

Buat powerpoint sesuai dengan kebutuhan dengan tambahan sentuhan pemanis yang telah disediakan secara default oleh software powerpoint. Usahakan tidak menaruh banyak tulisan dalam satu slide, dan tampilkan poin-poin yang paling penting yang akan disampaikan saja. Serta tidak menabrakan warna warna yang kurang cocok dalam satu slide akan siswa tetap nyaman menyimak materi PPT nya

  1. Gunakan berbagai media tambahan

Powerpoint tidak hanya dapat menampilkan tulisan namun juga menampilkan tampilan gambar diam (foto) atau gambar bergerak (video) sehingga proses belajar mengajar tidak hanya mengandalkan paparan. Adanya foto dan video juga dapat memberikan informasi yang lebih detail kepada peserta pelatihan yang tidak dapat disampaikan melalui paparan. Selain gambar dan video bisa juga menambahkan audio untuk penyemangat.

  1. Gunakan efek secukupnya

Software powerpoint mempunyai berbagai fitur pemanis yang dapat digunakan untuk setiap slidenya. Namun penggunaan efek yang berlebihan akan membuat paparan menjadi kurang indah dan menyulitkan peserta pelatihan untuk lebih focus terhadap materi. Selain itu, penggunaan efek yang terlalu banyak akan membebani kerja laptop yang pada akhirnya akan mengurangi kelancaran proses pembelajaran.

Demikian informasi lengkap tentang cara mendownload template PPT di plaform slidesgo dan canva, yang masing masing memiliki karateristik dan tipe template yang berbeda. Dapat dipilih sesuai dengan selera dan gaya mengajar Bapak Ibu sekalian. Semoga bisa bermanfaat dan bisa di praktekkan oleh Bapak Ibu sekalian.

e-Guru.id menyelenggarakan Pelatihan bersertifikat 32 JP dengan judul Pelatihan Fusion Freepik & SlidesGo menjadi Presentasi Pembelajaran Kreatif. DAFTAR SEKARANG. Dapatkan pelatihan ini secara GRATIS/FREE Bagi member e-Guru.id, DAFTAR MEMBER. Ingin judul pelatihan lainnya, bisa cek DI SINI.

Ingin dibantu mendaftar ? Hub: 087719662338 (Rahma)

Penulis : Rahma Ta’nisa

Berita Terkait

Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024
Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!
Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024
Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024
2 Kabar Gembira Terealisasi Bulan Maret untuk Guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tentang Tunjangan hingga Gaji Guru
Pertama Kali Terjadi, Cek Info GTK Ada Kabar Bahagia Untuk Guru Sertifikasi
Waspada! 5 Kategori Guru Honorer Tidak Bisa Diangkat PPPK 2024, Baik PPPK Full Time Maupun Part Time
MenPANRB: Guru PPPK dan PNS Pindah ke IKN Secara Bertahap
Berita ini 96 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:23 WIB

Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:59 WIB

Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:25 WIB

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:08 WIB

Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:18 WIB

2 Kabar Gembira Terealisasi Bulan Maret untuk Guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tentang Tunjangan hingga Gaji Guru

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:48 WIB

Waspada! 5 Kategori Guru Honorer Tidak Bisa Diangkat PPPK 2024, Baik PPPK Full Time Maupun Part Time

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:40 WIB

MenPANRB: Guru PPPK dan PNS Pindah ke IKN Secara Bertahap

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:11 WIB

Menjelang Pembukaan Pendaftaran, Ketahui Perbedaan PPPK Guru Full Time dan Part Time di Tahun 2024

Berita Terbaru

Edutainment

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Kamis, 22 Feb 2024 - 10:25 WIB