5 Manfaat Tersembunyi PowerPoint yang Harus Dicoba

- Editor

Senin, 22 November 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Modul aja kurikulum merdeka

Modul aja kurikulum merdeka

Microsoft PowerPoint merupakan aplikasi presentasi yang paling banyak digunakan di Indonesia, walaupun banyak aplikasi atau website gratis lain, tetapi memilih PowerPoint adalah hal yang sudah sangat umum digunakan oleh berbagai elemen, mulai dari guru atau dosen untuk memaparkan materi, siswa atau mahasiswa untuk belajar berpresentasi, hingga organisasi atau perusahaan untuk keperluan lainnya.

Microsoft Power Point merupakan bagian dari Microsoft Office. Dengan kelebihan penggunaannya yang cukup mudah tanpa harus terhubung dengan internet, fitur yang tersedia di PowerPoint sudah cukup lengap, dan  mempunyai tampilan interface yang user frandly atau mudah digunakan bagi para pemula.

Nah, berikut manfaat tersembunyi dari Power Point yaitu :

1. Membuat Presentasi yang Menarik

Membuat presentasi yang menarik dengan PowerPoint bisa dilakukan oleh siapa saja, apalagi sekarang sudah banyak sekali website yang menyediakan berbagai jenis- jenis template PowerPoint yang menarik dan dapat di download secara gratis.

Jadi, tidak hanya mengandalkan desain PowerPoint dari bawaan saja , tetapi bisa mendownload template yang ada untuk bisa digunakan sesuai dengan tema presentasi yang diinginkan.  Website template gratis salah satunya yaitu https://slidesgo.com/ .

2. Membuat Poster atau Desain Flyer

Mungkin tidak semua orang bisa membuat desain poster atau desain flyer, apalagi jika dihadapkan dengan aplikasi seperti CorelDraw, PhotoShop, atau pun jenis aplikasi lain. Jangan khawatir, bisa juga membuat desain poster atau desain flyer menggunakan PowerPoint. Apalagi dengan lengkapnya fitur yang ada di PowerPoint, serta kemudahannya untuk coba dipraktikan.

Dengan fitur- fitur pengolah gambar seperti crop, recolor, correction, dan lainnya, poster dapat dengan mudah dibuat dengan PowerPoint. Selain itu terdapat juga fitur shape untu membuat berbagai bentuk untuk kepentingan dalam membuat desain flyer.

3. Membuat Ebook beserta Covernya

Di zaman yang serba digital ini, tentu sudah tidak asing lagi dengan sebutan e-book. E-book merupakan elektronik buku atau maksudnya adalah buku dalam versi digital yang bisa dibuka di dalam smart phone maupun tablet maupun PC lainnya.

Power point memiliki fitur dapat membuat lembar kerja sesuai dengan kebutuhan penggunanya, sehingga memungkinkan saja ukuran lembar kerja power point dibuat seukuran lembar pada microsoft word untuk dibuat e-book. Selain itu, format penyimpanan dalam power point juga bisa diubah menjadi PDF sehingga sangat memudahkan untuk dapat membuat e-book dalam power point.

4. Membuat Logo

Memiliki fitur yang tidak kalah dengan Corel Draw tentu memungkinkan siapa saja untuk mendesain logo di power point. Dengan memanfaatkan fitur shapes dan fitur merge.

Untuk menyimpannya sebagai gambar logo, langkah pertama yaitu dengan melakukan Group pada semua objek yang sudah disusun menjadi logo. Selanjutnya, klik kanan dan klik save as picture. Lalu, pilih tempat penyimpanan, pilih PNG sebagai format type penyimpanannya dan Klik Save.

5. Membuat Video

Membuat video juda bisa menggunakan power point, apalagi media video masih menjadi media pembelajaran yang dianggap efektif untuk di terapkan dalam pembelajaran. Sehingga, bagi guru- guru jangan khawatir karena dengan power point pun bisa membuat video pembelajaran.

Bisa memanfaatkan fitur- fitur seperti animation dan transition, yang dapat di sesuaikan dengan keinginan dari pembuatnya. Setelah itu dapat langsung export dengan klik pada Tab File, tentu hanya berlaku untuk Power Point 2010 ke atas. 

Be Creative, Mari eksplore lagi dengan kreatif apa- apa saja yang bisa diciptakan dengan power point.

 

Ikuti Diklat “Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Penulis : Rahma Ta’nisa

Berita Terkait

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!
Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024
Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024
Tugas Tambahan Bagi Guru Setelah Penghapusan Penjurusan di Jenjang SMA
Kebijakan Baru! Jenjang SMA Mulai Tahun Ajaran 2024/2025 Tidak Ada Lagi Penjurusan
Langkah Selanjutnya Jika Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Berita ini 28 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 11:04 WIB

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 10:35 WIB

Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:36 WIB

Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:03 WIB

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:17 WIB

Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024

Berita Terbaru