Tips Menulis Sitasi Karya Ilmiah Dengan Benar

- Editor

Kamis, 24 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sitasi karya ilmiah merupakan sebuah upaya seorang penulis dalam mengutip atau mengambil kalimat dari penulis lain yang ingin disampaikan kepada para pembacanya. Dalam bidang akademik penulisan sitasi ini sangat diperlukan dan wajib digunakan untuk penulisan akademik ataupun karya tulisan yang berbasis ilmiah.

Pengutipan tulisan orang lain tersebut juga harus mencantumkan sumber referensi yang digunakan. Pengutipan pada tulisan ini merupakan salah satu hal untuk menghargai dan menghormati kekayaan intelektual seorang penulis dengan menuliskan sumber buku atau referensi tulisan agar terhindar dari plagiasi.

Sumber sitasi sangat bermacam-macam jenisnya di antaranya berasal dari:

1. Buku

Cara menulis sitasi buku ini memiliki format sitasi yaitu terdiri dari penulis, judul buku, tempat terbit buku, penerbit buku, tanggal penerbitan, dan nomor halaman.

2. Surat Kabar atau Koran

Cara penulisan sitasi yang berasal dari surat kabar atau koran menggunakan format sitasi yang terdiri dari penulis, judul artikel, nama surat kabar, judul bagian dan nomor halaman, dan tanggal penerbitan.

3. Situs Web

Cara penulisan sitasi dari web atau website juga menggunakan format sitasi yang terdiri dari penulis, judul artikel dan publikasinya, alamat link URL, dan tanggal saat situs diakses.

4. Puisi

Cara menulis sitasi dari puisi dengan menggunakan format penulisan garis miring spasi yang biasanya digunakan untuk menunjukkan baris terpisah pada puisi. Selain itu kutipan yang digunakan biasanya terdapat nomor baris di dalamnya.

5. Wawancara

Tata cara penulisan sitasi yang benar dari sumber wawancara yaitu dapat menggunakan format sitasi berupa nama pewawancara, descriptor wawancara atau narasumber, dan tanggal wawancara.

Aturan Penulisan Sitasi yang Benar

Tata cara penulisan sitasi yang benar memiliki beberapa aturan yang harus dipenuhi dengan tepat. Beberapa aturan cara membuat sitasi dengan benar yaitu sebagai berikut:

1. Penulisan Sitasi di Awal dan di Akhir Kutipan

Cara pertama penulisan sitasi yang benar hanya dituliskan pada bagian awal dan akhir dari kutipan.

2. Ditulis Nama Belakang Terlebih Dahulu

Cara kedua penulisan sitasi berikutnya yaitu penulisan referensi buku dengan cara nama penulis ditulis nama belakangnya dahulu kemudian barulah diikuti dengan nama depannya. Setelah identitas penulis, penulisan tahun diterbitkan sumber kutipan tersebut juga dicantumkan yang kemudian dilanjutkan dengan penulisan kutipan yang hendak diambil.

3. Penulisan Sitasi Dua Pengarang

Cara ketiga penulisan sitasi yang benar yaitu jika penulisan sitasi 2 pengarang maka kedua nama penulis tersebut wajib dituliskan semuanya dengan menggunakan kata hubung ‘dan’ dengan simbol (&). Pengecualian jika naskah karya tulisan yang ingin dibuat berbahasa Inggris, maka penulisan kata hubung ‘and’ boleh digunakan.

4. Penulisan Sitasi Lebih dari 2 Pengarang

Cara keempat penulisan sitasi yang benar yaitu apabila dalam penulisan sitasi terdapat lebih dari 2 orang pengarang maka hanya cukup menambahkan sitasi et al setelah nama satu penulisnya atau istilah lain dikenal dengan sitasi dkk.

5. Penulisan Sitasi Literatur Terjemahan

Cara kelima penulisan sitasi yang benar yaitu dengan menerapkan aturan penulisan sitasi selanjutnya yaitu terkhusus penulisan sitasi dari literature terjemahan (artikel, buku) maka penulisan kutipannya harus sesuai dengan penulis aslinya dan bukan hasil terjemahan yang kemudian diikuti dengan tulisan tahun terbit literaturnya yang asli. Selain itu nama penerjemah sendiri nantinya akan dicantumkan pada daftar pustaka.

Cara sitasi jurnal, cara menulis sitasi dari web ataupun penulisan sitasi dari buku tentunya memiliki metode penulisan yang harus dipahami yang mana penulisan sitasi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

1. Brief

Brief merupakan cara penulisan sitasi yang mengacu pada sebuah karya tulisan yang dikutip di badan teks ataupun di catatan kaki.

2. Full

Full merupakan cara penulisan sitasi yang mengacu pada kutipan tersebut yang nantinya akan dikutip pada bibliography atau daftar pustaka.

Jika bapak dan ibu berminat agar tulisannya dapat dimuat di Naikpangkat.com bapak dan ibu dapat mengikuti program Publikasi Artikel Populer di Naikpangkat.com,

Keuntungan Publikasi artikel di Naikpangkat.com yaitu:

  1. Dapat surat keterangan terbit
  2. Karya tulis dibaca oleh ribuan orang
  3. Koreksi artikel dan masukan dari editor berpengalaman
  4. Konsultasi gratis kepenulisan artikel populer
  5. Berpotensi mendapat angka kredit 1,5 untuk kenaikan pangkat guru

Berikut ada beberapa prosedur untuk publikasi artikel populer di Naikpangkat.com yakni:

  1. Kirim artikel dengan minimal 400 kata atau maksimal 1.200 kata
  2. Sertakan gambar pendukung (bila ada)
  3. Lakukan pembayaran 95 ribu per artikel ke no rekening BCA. No Rekening 816-106-4548
  4. Kirimkan artikel melalui link PUBLIKASIARTIKELPOPULER

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan artikel populer yang ditayangkan di Naikpangkat.com dapat mengunjungi facebook: naikpangkatcom, Telegram: naikpangkatcom atau anda dapat mengunjungi website naikpangkat di naikpangkatcom. Informasi selengkapnya dapat menghubungi nomor telepon 0813-3404-0185 ( Moh Haris S)

Penulis: Erlin Yuliana, Instagram: erlinyuliana3110

Berita Terkait

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir
5 Tujuan Pembelajaran Sastra di Kurikulum Merdeka yang Wajib Dipahami Guru
Kabar Gembira, Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Bisa Dapat Dana Pendidikan Rp. 4,3 Juta Perbulan
Sastra Masuk dalam Kurikulum Merdeka, Download Bahan Ajarnya di Sini
Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Berita ini 20 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:39 WIB

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Kamis, 23 Mei 2024 - 10:40 WIB

5 Tujuan Pembelajaran Sastra di Kurikulum Merdeka yang Wajib Dipahami Guru

Kamis, 23 Mei 2024 - 09:15 WIB

Sastra Masuk dalam Kurikulum Merdeka, Download Bahan Ajarnya di Sini

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Berita Terbaru