Pembelajaran Gamifikasi – Gamifikasi (gamification) adalah penggunaan elemen desain game dan prinsip – prinsip game dalam konteks non-game. Gamifikasi dapat didefinisikan sebagai penerapan pemikiran, teknik-teknik, metodologi dan kerangka kerja game dalam konteks non-game untuk memotivasi, menyelasikan masalah, mengingkatkan pengalaman dan mendorong keinginan yang diinginkan pengguna.
Game merupakan barang yang tidak berguna kecuali orang memainkanya. Oleh karena itu, pembuat game harus memikirkan menyusun permainan dengan emosi melalui dinamika dan mekanisme permainan, untuk mendorong pemain terus bermain game tersebut.
Gamifikasi juga bisa diartikan sebagai penggunaan elemen disain game dalam konteks yang bukan game untuk melibatkan pengguna dalam meningkatkan pengalaman dan mendorong keinginan yang diinginkan, serta menyelesaikan masalah.
Gamifikasi adalah pendekatan berbasis aktivitas melalui elemenelemen game untuk memotivasi penguna. Dalam hal ini gamifikasi juga digambarkan sebagai proses berpikir game dan mekanismenya untuk menarik pengguna dan membuat mereka memecahkan masalah.
Metode pembelajaran gamifikasi sering disamakan dengan metode pembelajaran berbasis game. Namun metode gamifikasi dan game merupakan metode pembelajaran yang berbeda.
Langkah dan Strategi Gamifikasi
Langkah-langkah untuk melakukan gamifikasi dalam pembelajaran secara umum yaitu :
- kenali tujuan pembelajaran;
- tentukan ide besarnya;
- buat skenario permainan;
- buatlah desain aktivitas pembelajaran;
- bangun kelompok-kelompok; dan
- terapkan dinamika permainan.
Selain itu, terdapat pola pembelajaran gamifikasi yaitu:
- Pahami karakter siswa sesuai dengan karakter gamer. Karakter tersebut adalah explorers, achieves, sosializers, dan killers.
- Membangun mekanika permainan seperti menentukan hasil akhir, membagi materi menjadi beberapa chapter (bagian), dan membuat aturan bermain (rules);
- Membangun engagement siswa. Elemen yang dapat membangun engagement antara lain: cerita, challenge, dan
- Menerapkan elemen gamifikasi.
Adapun langkah-langkah utama dari strategi gamifikasi dalam pendidikan yaitu meliputi: penentuan karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran harus jelas, pembuatan isi dan kegiatan pembelajaran untuk gamifikasi, menambahkan elemen dan mekanisme game.
Berdasarkan uraian pola dan langkah melakukan gamifikasi dalam pembelajaran, langkah pembelajaran gamifikasi secara sederhana dapat dibentuk sebagai berikut.
1. Memahami Karakter Siswa
Karakter siswa yang dimaksud adalah karakter siswa dalam memainkan sebuah permainan atau game. Karakter tersebut dapat berupa explorers, achieves, sosializers, dan killers.
Dalam pembelajaran gamifikasi perlu memahami karakter tersebut agar dapat mengelompokkan siswa menjadi kelompok yang heterogen sesuai dengan kemampuan yang saling melengkapi.
Dengan kata lain, kelompok-kelompok kecil yang dibuat harus seimbang. Jika pembelajaran gamifikasi dibuat untuk siswa secara individu (bukan berkelompok), maka pemahaman karakter ini akan membantu perancang dalam merancang sebuah pembelajaran yang cocok di kelas tersebut.
2. Mendesain Materi Ajar
Mendesain materi dapat dilakukan dengan membagi materi ajar menjadi sub-sub materi ajar. Selanjutnya materi yang sudah dibagi menjadi beberapa bagian tersebut dapat dibuat sebuah permasalahan (soal atau kuis) atau sebuah tingkatan pembelajaran yang ingin dibuat.
Setelah itu, permasalahan atau tingkatan pembelajaran dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat kesulitan. Selanjutnya, melalui tingkat kesulitan tersebut dapat dibuat skor atau poin.
Poin atau skor tersebut dapat dipergunakan sebagai acuan bagi perancang untuk menentukan sebuah lencana ataupun leaderboard yang digunakan dalam pembelajaran.
3. Mendesain Pembelajaran
Setelah melakukan pengamatan terhadap siswa dan merancang materi ajar, pendesain dapat medesain kegiatan yang sesuai. Dalam mendesain pembelajaran, pendesaian tentu harus membuat sebuah aturan (rules).
Ini penting agar pembelajaran yang dibuat dapat berjalan dengan efektif. Kemudian, reward berupa achivement, leaderboad, badges (lencana) dapat ditampilkan.
Reward tersebut diperoleh berdasarkan poin atau skor yang telah dibuat sebelumnya. Menampilkan reward akan mendorong semangat siswa untuk memperoleh tujuan pembelajaran.
Halaman berikutnya
Kelebihan Pembelajaran Gamifikasi
Halaman : 1 2 Selanjutnya