Home / Opini

Kamis, 8 April 2021 - 22:50 WIB

Pesan untuk Orang Tua dalam Pembelajaran Daring

Dari hasil pemantauan, banyak orangtua yang kurang memperhatikan kegiatan pembelajaran anak di rumah selama pembelajaran dilakukan secara daring. Hal ini ditunjukkan dengan adanya beberapa tugas tagihan dari guru. Tugas – tugas yang diberikan oleh guru saat pandemi banyak diabaikan oleh peserta didik.

Selama masa pandemi ini pembelajaran daring memang harus dilakukan untuk meminimalkan penyebaran virus Covid-19. Pembelajaran daring adalah usaha memperoleh kepandaian atau ilmu dengan menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). 

Dalam pembelajaran daring ini memang banyak peserta didik yang mengeluh, karena tidak bisa belajar secara efektif. Pembelajaran yang efektif hanya dapat terlaksana bilamana peserta didik memiliki tujuan dalam pembelajaran. Karena dengan adanya suatu tujuan, hal ini akan berpengaruh terhadap keseriusan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. 

Baca Juga:  Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa dalam PJJ melalui Metode Eksperimen

Peran orangtua sangat menentukan dalam kesuksesan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Anak perlu dibimbing agar bisa menemukan tujuan yang akan dicapai dalam belajar. Keterlibatan orangtua sangat dibutuhkan dalam pembelajaran daring. Orangtua harus bisa memberi motivasi dan melakukan monitoring dalam pembelajaran daring. Dengan adanya dukungan dari orang tua maka anak akan merasa diperhatikan, sehingga akan tumbuh dalam diri anak semangat dalam pembelajaran daring.

Baca Juga:  Dinamika Kemampuan Membaca Siswa Kelas Rendah dalam Pembelajaran di Masa Pandemi

Dengan demikian, peran orangtua sangat berpengaruh terhadap kesuksesan anak pada masa pembelajaran daring di masa pandemi ini. Orangtua harus benar-benar bisa membagi waktu dengan sebaik-baiknya. Jangan bosan untuk selalu mengingatkan anak, memberi anak motivasi, ingatkan anak akan tujuan yang akan dicapai. Sehingga masalah – masalah seperti anak tidak disiplin dalam mengumpulkan tugas – tugas yang diberikan guru dapat teratasi. 

Ditulis oleh: Novia Ristiyani, S.Pd

Share :

Baca Juga

Opini

Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa
books on wooden shelves inside library

Opini

Meniti Jalan Menjadi Guru: Jan Laniengka

Opini

Studi Kasus di SUPM: Boarding School Solusi Pendidikan Modern

Opini

Penjajahan Bahasa!
https://naikpangkat.com/download-materi-diklat-hari-ke-2-meningkatkan-keterlibatan-peserta-didik-dengan-game-dan-presentasi-interakttif--menghadirkan-enjoyfull-learning-dengan-proprofs/

Opini

Apa Kata Siswa tentang Pembelajaran Online di Masa Pandemi?

Opini

Urgensi Pembelajaran Tatap Muka bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi

Opini

Pemanfaatan Modul Pembelajaran dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
penerapan program green school

Opini

Penerapan Sekolah Berwawasan Lingkungan di SDN 05 Bojongbata