Home / News

Rabu, 11 Mei 2022 - 15:14 WIB

Penting Diketahui Guru! Inilah Tips Bijak Penggunaan Internet Untuk Siswa

Selama masa pandemi covid-19, penggunaan internet terutama bagi seorang siswa sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Namun, penggunaan internet bagi siswa perlu dilakukan secara bijak sebab banyak berbagai informasi dari berbagai belahan dunia ada di internet baik informasi positif maupun negatif masuk tanpa batasan ruang dan waktu.

Untuk mengontrol penggunaan internet bagi siswa perlu adanya berbagai tips dan strategi yang harus dilakukan baik oleh guru maupun orang tua karena, hampir semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan mengakses internet, mulai dari belajar, mengobrol dengan teman dan kakek-nenek, hingga kegiatan ekstrakurikuler.

Berikut merupakan berbagai tips bijak penggunaan internet untuk siswa diantaranya:

1. Melakukan komunikasi secara terbuka

Melakukan komunikasi secara terbuka antara guru dengan siswa serta orang tua dengan anak tentang cara dan teman interaksi mereka di dunia maya merupakan salah satu tips bijak yang penting dilakukan dalam menggunakan internet untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan internet.

Pastikan siswa paham bahwa interaksi dunia maya sekalipun harus dilakukan dengan baik dan sopan. Sehingga guru dan orang tua harus mendorong siswa untuk selalu bercerita atas apa yang bisa mereka percayai apabila mereka mendapatkan pengalaman negatif.

Selain itu, amati juga perilaku siswa dan waspadalah apabila siswa tampak murung atau cenderung menyembunyikan kegiatannya di internet atau mereka mengalami perundungan di dunia maya dan buatlah peraturan bersama siswa tentang cara, kapan, dan di mana mereka boleh menggunakan perangkat elektronik.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Buku Ajar Elektronik Menggunakan Keep, YouTube dan Docs

2. Memanfaatkan fitur perlindungan teknologi

Fitur perlindungan teknologi sangat penting digunakan untuk melindungi perangkat dari malware serta melindungi dari berbagai informasi yang berdampak negatif bagi siswa. Sehingga, pastikan perangkat yang digunakan siswa telah menggunakan peranti lunak dan program antivirus terbaru, dengan pengaturan privasi diaktifkan.

Segera matikan/tutupi webcam jika tidak sedang digunakan dan manfaatkan fitur pengendalian orang tua termasuk pencarian aman (safe search), agar setiap akses siswa aman dan positif.

Selain itu, berhati-hatilah terhadap sumber belajar daring yang menawarkan akses gratis agar tidak memberikan data diri, foto beserta nama lengkap karena platform yang sah tidak meminta data tersebut. Pastikan orang tua maupun guru memeriksa pengaturan privasi untuk meminimalkan perekaman data pribadi. Ajarkan siswa cara melindungi informasi pribadinya, terutama kepada orang yang tidak dikenal.

3. Temanilah siswa/anak saat mengakses internet

Menemani siswa/anak saat mengakses internet merupakan salah satu tips bijak dalam menggunakan internet untuk mengurangi dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari penggunaan internet yang tidak bijak.

Sehingga siswa/anak tua perlu melakukan kegiatan interaksi bersama secara daring baik dengan teman, keluarga, atau orang tua dengan anak. Pada masa pandemi seperti sekarang ini rasa keterhubungan sosial sangat penting sehingga baik guru maupun orang tua perlu mencontohkan sikap baik dan empati dalam interaksi virtual.

Baca Juga:  Penilaian Dalam Pembelajaran

Bantu siswa/anak untuk mengetahui dan menghindari bentuk-bentuk misinformasi serta konten yang tidak sesuai dengan usianya. Selain itu, bantulah siswa/anak untuk mencari aplikasi, permainan, atau hiburan daring lain yang sesuai dengan usianya.

4. Ajarkan kepada siswa/anak untuk tetap berperilaku baik di dunia maya

Perilaku positif di dunia maya sangat penting dilakukan untuk menghargai dan menghormati orang lain. Ingatkan siswa/anak untuk selalu bersikap baik terhadap teman sekelas, mengenakan pakaian yang pantas, serta tidak bergabung dalam panggilan video dari kamar tidur. Selain itu, ajarkan siswa/anak untuk mengetahui konten negatif/ tidak sesuai dengan usianya yang ada pada internet.

5. Berikanlah siswa/anak ruang untuk berekreasi dan mengekspresikan diri

Berkreasi dan mengekspresikan diri merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh siswa/ anak untuk mengembangkan pengetahuan serta bakat dan minatnya. Sehingga memberikan kesempatan baik bagi anak untuk bersuara di dunia maya, mengungkapkan pendapat dan memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkan sangat penting untuk mendukung perkembagan siswa/anak.

Daftar Sekarang Untuk Menjadi Member e-Guru.id dan Tingkatkan Pengetahuan Serta Kemampuan Anda Agar Dapat Menjadi Pendidik Yang Hebat dan Dapatkan Berbagai Macam Pelatihan Gratis Serta Berbagai Bonus Lainnya. Daftar Sekarang dan Dapatkan Diskon Hingga 50%

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

Share :

Baca Juga

News

Memahami Filosofis Kurikulum Paradigma Baru

News

Cara Membuat Video Presentasi Materi Pembelajaran Tampak Wajah di Kelas Virtual 3D

Advertorial

Segera Daftar Pelatihan 32 JP: Pengembangan RPP Literasi dan Numerasi Berbasis Kearifan Lokal

News

Inilah Beberapa Jenis Laporan Kemajuan Belajar yang Bisa Guru Gunakan di Kelas!

News

Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Jalur Mandiri Diperpanjang! Segera Daftarkan Sekolah Anda

News

Tunjangan Profesi Guru Cair di Bulan Maret! Simak Syarat Pencairannya

News

Daftar Sekarang! Diklat Bersertifikat 64JP : Pengembangan Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka

News

4 Tips Menyusun Peraturan Kelas untuk Menciptakan Kedisiplinan