Home / News

Senin, 18 April 2022 - 16:58 WIB

Penting Diketahui Guru! Inilah Cara Efektif Belajar Matematika Dengan Mudah

Cara efektif belajar matematika sangat dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran matematika agar lebih mudah karena selama ini belajar matematika merupakan suatu hal yang menyulitkan bagi sebagian orang, padahal belajar matematika sangat penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari dan keberhasilan masa depan.

Dengan metode belajar yang tepat dan menyenangkan pembelajaran matematika dapat dibuat menjadi lebih mudah. Seseorang yang menguasai matematika memiliki banyak keuntungan karena matematika bermanfaat untuk menunjang kehidupan sehari-hari agar lebih mudah.

Agar dapat belajar matematika dengan mudah, maka ada beberapa tips yang harus diketahui terutama bagi guru untuk mengajarkan kepada anak didiknya. Berikut merupakan cara efektif belajar matematika yang dapat dilakukan untuk belajar matematika supaya lebih mudah yakni:

Pertama, Buatlah perasaan anda senang terhadap mata pelajaran Matematika

Membuat perasaan senang terhadap Matematika maka akan mempengaruhi psikologis seseorang terhadap minat belajar matematika seseorang. Dengan perasaan senang tersebut maka pembelajaran Matematika akan lebih bisa diterima oleh seseorang.

Kedua, Pahami Konsep dasar dan Rumus Matematika dan Jangan Menghafal Rumusnya

Banyak orang yang merasa kesulitan saat mengerjakan matematika karena yang dilakukan adalah menghafal rumus, bukan memahami rumus. Menghafal rumus hanya bisa bertahan dalam jangka pendek karena ada kemungkinan tidak bisa mengingat rumusnya dalam waktu yang lama.

Seseorang yang dapat berusaha untuk memahami rumus dan konsep dasar matematika akan melatih otak untuk berpikir serta mengetahui bagaimana rumus diperoleh sehingga anda akan tetap mengerti dan bisa cari solusi kalau jenis soalnya dibolak-balik. Dengan memahami rumus anda juga akan sekaligus hafal rumus dengan sendirinya.

Ketiga, Rajinlah Mengerjakan Latihan Soal

Setelah mempelajari suatu konsep dasar matematika maka langkah selanjutnya yakni mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru dan latihan sendiri. Sehingga dengan rajin mengerjakan soal maka akan membuat seseorang mahir dalam memahami matematika.

Baca Juga:  Kemdikbud Minta Tendik Bersiap untuk Tanggal 8 November 2022

Keempat, Bertanyalah kepada Guru Atau Tutor Apabila Belum Memahami Konsep Maupun Cara Mengerjakannya.

Apabila anda belum memahami konsep dasar maupun cara mengerjakan soal matematika yang diajarkan oleh guru atau tutor maka jangan malu untuk bertanya, karena dengan bertanya maka akan menghilangkan ketidakpahaman seseorang akan suatu hal termasuk konsep dan cara mengerjakan soal matematika.

Kelima, Cari Suasana Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan

Lingkungan belajar yang nyaman pasti akan meningkatkan konsentrasi untuk belajar matematika. Cari suasana baru dalam belajar matematika seperti belajar di tempat nongkrong, perpustakaan, atau alam terbuka. Selain itu, anda juga bisa membuat kamar atau meja belajar menjadi lebih rapi dan nyaman untuk menumbuhkan semangat belajar.

Keenam, Membuat Catatan Rumus Dengan Rapi

Buatlah catatan rumus dengan rapi dalam buku catatan karena kegiatan mencatat dapat melatih daya ingat, karena adanya proses mengolah materi yang diterima menjadi catatan dalam bahasa kita sendiri.

Selain itu, proses belajar yang dijalani dengan membuat catatan rumus dengan rapi maka akan lebih efektif karena tidak perlu bolak-balik halaman buku materi hanya untuk cari satu baris rumus. Agar catatan menjadi lebih rapi dan enak dilihat maka anda bisa pakai penanda warna-warni atau highlighter, stiker atau gambar yang relevan serta font-font menarik untuk penamaan judul di awal.

Ketujuh, Tekun dalam Mempelajari Matematika

Tekun merupakan sebuah cara efektif belajar matmatika paling ampuh yang dapat diterpkan untuk proses belajar matematika. Fokus terhadap hal yang sedang anada kerjakan termasuk belajar matematika akan memudahkan anda dalam belajar matematika.

Segera Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga Untuk Menjadi Member e-Guru.id dan Tingkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Anda Agar Menjadi Pendidik Yang Hebat dan Dapatkan Berbagai Macam Pelatihan Gratis Serta Berbagai Bonus Lainnya. Daftar Sekarang dan Dapatkan Diskon 50%

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

Share :

Baca Juga

News

2 Tunjangan Profesi Guru Cair November 2022, Berikut Syarat Khusus dan Tambahan Penghasilan

News

Fitur Facebook yang Bermanfaat untuk Pembelajaran Online

News

Keuntungan Menjadi Guru Penggerak, Salah Satunya Mendapatkan Sertifikat Pendidikan 306 JP

News

SE Kemdikbud Tentang Konfirmasi Kesediaan Mahasiswa PPG
mengembangkan fitrah positif anak

News

6 Langkah Merancang Strategi Pembelajaran Kreatif Membuat Kelas Menjadi Aktif

News

Tips Penggunaan Media Pembelajaran Teka-teki Silang Secara Efektif
akm literasi untuk sd

Karya Inovatif

Cara Menerbitkan Buku Ajar Digital di Google Play Book

News

Begini Alur Pendaftaran CPNS dan PPPK 2022 bagi Guru