Penggunaan Metode CRAFT dan Mind Mapping Untuk Mengembangkan Motivasi Peserta Didik

- Editor

Selasa, 26 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penggunaan Metode CRAFT sangat diperlukan untuk mengembangkan motivasi peserta didik. Metode CRAFT merupakan suatu metode self image programming yang diperkenalkan melalui teknik Pschycocybernatic. Metode ini merupakan suatu metode pengendalian yang terstruktur terhadap jiwa dan individu.

Metode CRAFT terdiri atas Cancel, Replace, Affirmation, Fokus dan Training. Cancel merupakan pembatalan pola pikir yang terlanjur. Replace merupakan penggantian, dengan pola pikir yang diinginkan, Affirmation merupakan sebuah pengucapan dalam kata atau simbol, fokus merupakan gambaran kreatif, Training merupakan sebuah pengalaman.

1. Cancel

Pertama Cancel digunakan untuk mengatasi mental block yang terdiri dari pikiran tentang malas, tak mampu, tidak akan sukses dan sebagainya sehingga harus segera ditolak, jangan sampai mempengaruhi pemikiran peserta didik.

2. Replace

Kedua yakni Replace yang mana digunakan setelah melakukan cancel, maka peserta didik diberikan pembelajaran untuk segera mencarikan gantinya. Ganti pikiran-pikiran buruk yang terlanjur tertanam tersebut menjadi pikiran-pikiran positif.

Pikiran-pikiran positif tersebut akan memberdayakan dan memberi dorongan pada diri peserta didik untuk bisa keluar dari mental block.

3. Affirmation

Ketiga yakni Affirmation atau afirmasi yakni sebuah penetapan yang positif, penegasan, peneguhan. Sehingga dengan demikian peserta didik perlu menegaskan kembali pikiran-pikiran positif seperti impian dan harapan individu peserta didik.

4. Focus

Keempat yakni Focus yakni guru melatih peserta didiknya untuk fokus dengan hal positif seperti impian dan harapan yang sudah ditanamkan sebelumnya agar peserta didik dapat mewujudkan impian tersebut.

5. Training

Kelima yakni Training (latihan) yang bertujuan untuk mempermudah peserta didik untuk meraih hal yang telah difokuskan sebelumnya. Sehingga peserta didik wajib mengikuti training-training yang memberdayakan untuk mempermudah dalam menggapai kesuksesan.

Penerapan metode CRAFT untuk mengembangkan motivasi peserta didik untuk belajarmaka harus di padukan dengan teknik Mind Mapping. Dalam teknik tersebut peserta didik dituntut untuk menentukan tujuan, perencanaan dan action. Manfaat mind mapping tersebut yakni untuk keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar.

Pembelajaran merupakan sebuah interaksi antar peserta didik dan guru serta sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran akan efektif apabila terjadi komunikasi yang baik antara guru dan peserta didik.

Guru merupakan ujung tombak untuk menentukan keberhasilan belajar. Hasil belajar tersebut dapat dilihat melalui perubahan yang diperoleh peserta didik setelah mendapatkan perlakuan pada proses pembelajaran yang menyenangkan.

Untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan guru perlu mengetahui latar belakang dan kondisi setiap peserta didik sehingga guru dapat mencari solusinya. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi peserta didik untuk belajar adalah dengan meningkatkan motivasi belajar menggunakan metode tententu untuk mencapai tujuan, prinsip dan praktik pengajaran.

Motivasi merupakan suatu proses yang mempengaruhi suatu hal dari luar terhadap seseorang atau kelompok kerja agar mereka mau melaksanakan sesuatu yang telah ditetapkan.

Sehingga motivasi yang baik dapat mempengaruhi keberhasilan belajar. Jenis metode yang dapat meningkatkan motivasi pembelajaran adalah metode CRAFT. Metode tersebut berkaitan dengan motivasi belajar. Selain itu peserta didik juga perlu memiliki sugesti positif untuk dirinya selain itu peserta didik juga harus mempunyai pola pikir yang baik untuk mencapai keberhasilan pembelajaran.

Metode CRAFT yang digabungkan dengan mindmapping akan membentuk sebuah solusi atas permasalahan motivasi belajar yang dialami peserta didik, yang mana peserta didik tersebut akan membuat mind mapping dengan pola pikir sesuai dengan permasalahan setiap individu peserta didik. Sehingga peserta didik dapat memetakan sebuah upaya untuk mengatasi masalah.

Solusi yang dapat dipetakan oleh peserta didik tersebut yakni tentang menyusun rencana belajar, menciptakan suasana belajar yang nyaman mendahulukan hal yang lebih penting, belajar lebih disiplin dengan cara belajar sesuai jadwal, tidak menunda-nunda mengerjakan tugas dan sebagainya.

Melalui metode tersebut diharapkan guru mampu mengetahui akar permasalahan belajar yang dialami perserta didik sehingga guru dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.

Mind mapping merupakan salah satu konsep belajar yang telah dikenal pada bidang pendidikan. Penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik.  

Mind mapping atau peta pikiran merupakan sebauh teknik yang dapat digunakan pada situasi, kondisi tertentu, seperti dalam pembuatan perencanaan, penyelesaian masalah, membuat ringkasan, membuat struktur, pengumpulan ide-ide, membuat catatan, sekolah, rapat, debat dan wawancara.

Mind mapping sangat efektif apabila digunakan untuk memunculkan ide terpendam yang dimiliki oleh peserta didik untuk membuat asosiasi di antara ide tersebut. Catatan yang telah dibuat peserta didik akan membentuk sebuah pola gagasan yang saling berkaitan, dengan topik utama ditengah dan sub topik dan perincian menjadi cabang-cabangnya.

Selain itu Mind Mapping juga digunakan untuk memetakan pikiran peserta didik melalui teknik mencatat yang menggunakan kata-kata, warna, garis, simbol serta gambar dengan memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak yang memudahkan seseorang untuk mengatur dan mengingat segala bentuk informasi dengan cara yang menenangkan, menyenangkan dan kreatif.

Sedangkan manfaat mind mapping yakni mempercepat pembelajaran karena mampu memahami konsep yang sama dengan kerja otak ketika menerima pelajaran, melihat koneksi antar topik yang satu dengan yang lain yang memiliki keterkaitan, membantu brainstorming, mengasah kemampuan otak bekerja, membantu ide serta gagasan yang mengalir karena tidak selalu ide serta gagasan dapat mudah direkam, melihat gambaran suatu gagasan secara luas dan besar yang dapat membantu otak untuk bekerja secara maksimal dan berpikir besar terhadap suatu gagasan, menyederhanakan struktur ide dan gagasan, memudahkan untuk mengingat ide dan gagasan serta meningkatkan daya kreativitas dan inovatif.

Selain itu, manfaat lain dari model mind mapping yakni meningkatkan pengetahuan, memaksimalkan sistem kerja otak, menjaga hubungan antara orang satu dengan lainnya sehingga semakin banyak ide dan informasi yang dapat dijelaskan, memacu kreatifitas, dapat me-recall data yang ada dengan mudah.

Melalui metode kombinasi antara CRAFT dengan mind mapping maka siswa dalam mengerjakan tugas yang membosankan menjadi yang paling menyenangkan dan menarik, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Karena dengan menggunakan mind mapping maka kemampuan untuk mengingat dan kreativitas akan meningkat.

Penggunaan metode kombinasi antara CRAFT dengan mind mapping (peta pikiran) ini akan membantu anak mudah mengingat sesuatu yakni mengingat fakta, angka, dan rumus dengan mudah, meningkatkan motivasi dan konsentrasi, mengingat dan menghafal menjadi lebih cepat.

Dengan demikian metode pembelajaran dengan penggunaan metode CRAFT yang dikombinasikan dengan Mind Mapping merupakan sebuah inovasi yang berupa media untuk menjalankan kegiatan pembelajaran agar lebih menarik dan efektif untuk memunculkan ide-ide terpendam yang dimiliki siswa.

Pembelajaran dengan penggunaan metode CRAFT yang dikombinasikan dengan Mind Mapping sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Dengan pembelajaran tersebut maka peserta didik dapat mengasah kemampuan kognitif dan mendapat pengalaman langsung, sehingga pembelajaran lebih bermakna.

Dengan penerapan metode mind mapping maka dapat meningkatkan guru dalam menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan motivasi belajar peserta didik, ikutilah pelatihan bersertifikat 32JP dengan tema “Pengembangan Motivasi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran” yang diselenggarakan oleh e-guru.id.

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

Berita Terkait

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Berita ini 109 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Berita Terbaru