Pengenalan Liveworksheet Penilaian Interaktif dan Koreksi Jawaban Ujian Mudah

- Editor

Rabu, 11 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pengenalan liveworksheet penilaian bagi pendidik dapat memudahkan dalam proses perancangan pembelajaran, terkhusus pada bagian melakukan penilaian interaktif serta koreksi terhadap jawaban atas ujian yang terdapat dalam proses pembelajaran.

Liveworksheet merupakan platform yang dapat membantu guru membuat LKS elektronik atau lembar kegiatan peserta didik yang biasa disebut dengan LKPD. Mudahnya pembuatan LKS Interaktif menggunakan Live Worksheet menjadi alternatif platforms yang bermanfaat bagi pendidik, terutama pada perkembangan teknologi dan zaman yang sangat pesat.

Pembelajaran Selama Pandemi

Terdapat kebijakan baru pada pendidikan di Indonesia saat pandemi. Pendidik berupaya untuk melakukan adaptasi terhadap proses pembelajaran dari konvensional menjadi pembelajaran digital.

Beberapa menggunakan mode belajar online, yang lain offline. Pada tataran sistem pembelajaran, ada yang masih menyiapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan ada pula yang mulai kembali ke pembelajaran tatap muka di sekolah. Namun, sekarang adalah waktu yang tepat bagi guru untuk menilai kinerja peserta didik.

Melalui penilaian harian (PH) atau sekadar latihan. Terkait dengan penilaian, khususnya dalam hal ini penilaian pengetahuan, guru sudah cukup kreatif dalam mendemonstrasikan kegiatan tersebut. Mereka bersaing menggunakan aplikasi penilaian yang berbeda untuk mengukur tingkat kognitif masing – masing peserta didik.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak berjalan mulus. Ada banyak kendala di daerah ini. Salah satunya adalah peserta didik cenderung bosan ketika guru mengajar dengan cara yang monoton. Kondisi ini memaksa guru untuk mencari ide metode pembelajaran online yang inovatif dan tidak membosankan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mendukung PJJ adalah live worksheet.

Pemanfaatan Liveworksheet Interaktif

Pengenalan liveworksheet penilaian dapat berguna dalam merancang LKS yang merupakan lembar petunjuk bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang telah diprogramkan sebelumnya. Lembar ini memuat petunjuk, pertanyaan pemandu, dan wawasan agar peserta didik dapat memperluas dan memperdalam pemahamannya terhadap materi yang dipelajari.

Sedangkan LKS interaktif merupakan jenis LKS yang dibuat, dikembangkan, serta dieksekusi menggunakan sistem komputer dan sarana internet yang dapat membantu penilaian proses pembelajaran.

Lembar Kerja Peserta didik (LKS) ini berfungsi untuk menghubungkan kegiatan belajar mengajar sehingga terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dan pendidik, yang dapat meningkatkan aktivitas peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar.

LKS yang tersaji sesuai dengan bahasan dari pengenalan liveworksheet penilaian juga sangat mudah untuk melakukan penyelesaian atau implementasinya, guru dapat membuat soal sendiri atau mengambil soal yang ada dari seluruh dunia. Kunci jawaban dapat dimasukkan langsung ke dalam aplikasi, sehingga ketika peserta didik selesai membuat catatan, mereka dapat langsung muncul tanpa harus mengeditnya satu per satu.

Dalam pengenalan liveworksheet penilaian, pendidik dapat menampilkan materi berupa video, gambar dan icon keren lainnya yang tentunya bisa menambah minat dan keseruan. Selain dapat digunakan untuk memberikan materi pembelajaran, guru juga dapat aktif menggunakan LKPD pada liveworksheet.

Contoh Penggunaan Liveworksheet Sederhana

Cara mengerjakan LKS yang telah tersusun dengan menggunakan liveworksheet penilaian sangat sederhana dan nyaman, peserta didik hanya perlu membuka link yang diberikan oleh guru dan mengikuti petunjuknya.

Misalnya pada petunjuk soal, peserta didik diminta untuk melihat gambar atau video, kemudian cukup klik gambar atau video tersebut, kemudian ikuti petunjuk selanjutnya. Misalnya, klik jawaban atau kombinasi yang benar.

Guna melakukan tindak lanjut ilmu pengetahuan dan kompetensi pendidik, guru pintar juga ada promo spesial. Silakan Bapak/Ibu jika ingin mengambil promo bundling dengan harga yang SUPER HEMAT dan KUOTA TERBATAS. Bundling 3 Pelatihan Rp 192.000 menjadi Rp 149.000. Bundling 2 Pelatihan Rp 128.000 Menjadi Rp. 99.000. KUOTA UNTUK 50 ORANG PERTAMA. Rek. 3020518447 (BCA) a.n Sofyan Andi. Formulir Pendaftaran: https://bit.ly/daftarpremiummei01

Konfirmasi Pendaftaran
http://wa.me/6285722258524 (Admin Rizky)

-Lan-

Berita Terkait

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024
Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024
Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Berita ini 73 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:59 WIB

Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:17 WIB

Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Berita Terbaru