Home / News

Selasa, 10 Mei 2022 - 11:31 WIB

Inovasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Inovasi pembelajaran digital menjadi salah satu harapan dalam meningkatkan motivasi belajar dari peserta didik. Dengan demikian, pendidik harus mampu membuat inovasi – inovasi yang menarik dalam pembelajaran baik secara alami dengan alat atau teknologi konvensional, yang ada pada lingkungan sekitar, maupun menggunakan teknologi digital yang dapat berupa benda elektronik yang memenuhi syarat dalam rangka menunjang proses pembelajaran.

Definisi Pembelajaran Digital

Pembelajaran digital pada dasarnya adalah pembelajaran yang melibatkan penggunaan alat dan teknologi digital secara kreatif dalam proses belajar mengajar, dan biasa disebut sebagai technology-enhanced learning (TEL) atau e-learning.

Jelajahi penggunaan teknologi digital yang memberikan kemampuan kepada pendidik untuk merancang peluang belajar yang lebih menarik ke dalam kursus yang mereka ajarkan, di mana rencana pelajaran dapat digabungkan secara langsung atau sepenuhnya secara online.

Williams (1999) menjelaskan bahwa pembelajaran digital mencakup aspek perangkat keras (infrastruktur) berupa kumpulan komputer yang saling berhubungan dan mampu mentransmisikan data, berupa teks, pesan, grafik, video dan audio.

Konsep pembelajaran digital tidak hanya melibatkan perangkat keras, tetapi juga perangkat lunak berupa data yang dikirim dan disimpan yang dapat diakses setiap saat. Beberapa komputer yang saling berhubungan dapat membuat suatu fungsi bersama yang secara sederhana dapat disebut jaringan (network).

Keunggulan Pembelajaran Digital

Mata pelajaran yang diajarkan menjadi lebih mudah diakses di mana-mana, lebih menyenangkan, lebih murah dan membutuhkan waktu lebih lama bagi siswa untuk belajar (Alessi dan Trollip, 2001). Siswa juga memiliki kebebasan untuk memilih apa yang mereka pelajari dan apa yang tidak ingin mereka pelajari sesuai kebutuhan untuk mencapai keterampilan yang ingin mereka peroleh atau kuasai.

Keunggulan inovasi pembelajaran digital adalah media yang menyenangkan, sehingga membangkitkan minat siswa terhadap program digital. Pembelajar yang baik akan cepat memahami komputer, atau dapat dengan cepat mengembangkan keterampilan komputer yang diperlukan dengan mengakses web.

Sehingga siswa dapat belajar kapan saja, di mana saja. Selain itu, pembelajaran digital menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa menggunakan kombinasi alat dan praktik, termasuk namun tidak terbatas pada penilaian online dan formulir penilaian lanjutan; meningkatkan fokus dan kualitas sumber daya dan waktu pengajaran; konten daring; dan aplikasi teknologi.

Prinsip-Prinsip Penerapan Pembelajaran Digital

Dalam melakukan inovasi pembelajaran digital terdapat beberapa prinsip yang dapat berguna dalam penerapannya, meliputi:

1. Prinsip Personalisasi
Pembelajaran digital harus dikembangkan dan disesuaikan dengan kemampuan siswa, pengetahuan yang tersedia, dan kenyamanan belajar. Dengan berpegang pada prinsip ini, kesenjangan pembelajaran yang biasa ditemukan di kelas dapat dikurangi sehingga produktivitas individu siswa dapat dimaksimalkan melalui pembelajaran digital.

2. Prinsip Partisipasi Aktif Peserta Didik
Pembelajaran digital harus menumbuhkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran mereka sendiri, baik melalui permainan pendidikan atau simulasi virtual, di mana platform pembelajaran digital memiliki potensi untuk membantu mencapai tujuan.

3. Aksesibilitas
Platform pembelajaran digital harus mudah diakses oleh siswa kapan saja dan di mana saja, sehingga aksesibilitasnya mudah dalam penerapannya, jangkauan, penggunaan, fungsi, dan manfaatnya.

4. Penilaian
Pemantauan dan umpan balik yang berkelanjutan adalah bagian penting dari pembelajaran digital. Implikasinya, diperlukan penilaian yang komprehensif dan komprehensif untuk mengukur tingkat kejelasan konseptual pada siswa. Oleh karena itu, platform pembelajaran digital dikembangkan atau diimplementasikan yang memastikan bahwa analisis kekuatan dan kelemahan siswa dilakukan.

Baca Juga:  Teknis Penyusunan dan Format SKP Excel Terbaru

Potensi atau Fungsi Pembelajaran Digital

Menurut Kenji Kitao (1998), setidaknya ada tiga potensi atau fungsi pembelajaran digital yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai alat komunikasi, alat akses informasi, dan alat untuk mengakses informasi. alat. Penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

a. Potensi Alat Komunikasi
Pembelajaran digital sebagai alat komunikasi memungkinkan siswa untuk berkomunikasi dengan cepat di mana saja menggunakan email, media sosial (WhatsApp, Instagram, Twitter, Facebook, dll) forum online, diskusi atau milis.

b. Potensi Akses Informasi
Sebagai pendekatan komunikasi yang potensial, pembelajaran digital memungkinkan siswa untuk mengakses berbagai informasi terkait dengan konten yang mereka pelajari, misalnya perkembangan sosial, ekonomi, budaya, politik, dan sains dan teknologi disajikan dari berbagai sumber.

c. Potensi Pendidikan dan Pembelajaran
Perkembangan teknologi pembelajaran digital yang sangat cepat dan telah menyebar ke seluruh penjuru dunia telah dimanfaatkan oleh banyak negara, organisasi dan profesional untuk berbagai keperluan termasuk pendidikan dan pembelajaran. Upaya pengembangan perangkat lunak (program aplikasi) yang dapat membantu dalam peningkatan kualitas pendidikan atau pembelajaran.

Motivasi Belajar

Motivasi merupakan syarat mutlak dalam belajar. Siswa yang belajar tanpa motivasi atau kurang motivasi dalam pembelajaran, maka tidak akan mencapai keberhasilan yang optimal pada saat menerima materi pembelajaran atau dalam mengikuti aktivitas belajar mengajar.

E. Mulyasa menjelaskan bahwa motivasi belajar merupakan tenaga atau daya tarik yang menimbulkan perilaku menuju suatu tujuan tertentu, khususnya dalam pembelajaran. Peserta didik akan menganggapnya serius karena motivasinya kuat. Peserta didik juga akan belajar jika ada faktor pendorong atau yang biasa disebut dengan momentum.

Motivasi belajar mempengaruhi aspek kognitif, afektif dan psikologis dan motivasi belajar juga dipengaruhi oleh aspek kognitif, afektif dan psikomotor, sehingga dapat dikatakan aspek-aspek tersebut saling berkaitan. Motivasi belajar berperan sebagai perangsang minat dan gairah belajar siswa, khususnya di sekolah dasar.

Ciri siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi diantaranya yaitu mampu untuk memilih hal yang ingin dipelajari, mampu mencari alternatif lain untuk memahami pembelajaran, serta dapat mengatur waktu belajar dengan baik, dengan efektif juga dengan mandiri.

Siswa akan termotivasi untuk belajar jika mereka termotivasi untuk belajar, yakni memiliki kemauan yang kuat untuk bertindak, menyisihkan waktu untuk belajar, bersedia melepaskan kewajiban atau tugas lain, serta tekun dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Meningkatkan motivasi siswa merupakan salah satu teknik untuk mengembangkan kemampuan dan kemauan belajar.

Baca Juga:  Cara Ampuh Mengatasi Learning Loss

Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Sebagai guru atau calon guru hendaknya selalu berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan motivasi belajar khususnya bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan menggunakan upaya lain yang dapat dilakukan guru.

Upaya yang dapat guru lakukan yakni, memperjelas tujuan yang ingin dicapai, menciptakan pembelajaran motivasi bagi siswa, menciptakan suasana yang nyaman dalam belajar, menggunakan berbagai metode presentasi yang menarik, memuji prestasi setiap siswa dengan tepat, memberikan penilaian, memberikan umpan balik pada pekerjaan siswa, dan menciptakan kompetisi dan kerja sama.

Guna menambah wawasan serta meningkatkan kompetensi pendidik dalam rangka menyusun atau merancang inovasi pembelajaran, segera daftar juga diklat lanjutan dari e-Guru.id dengan judul “Menjadi Guru Inovatif Mewujudkan Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan”.

Pelaksanaan diklat yakni tanggal 13-19 Mei 2022 melalui zoom meeting dan grup telegram pelatihan. Diklat ini berbayar namun memiliki banyak manfaat, keunggulan, serta hadiah menarik bagi peserta yang beruntung. Info lebih lengkap ada pada pamflet di bawah ini.

Tentunya bersertifikat 64JP. Segera daftar dan dapatkan manfaatnya. Daftar lalui link pendaftaran berikut ini: https://bit.ly/Diklat_GuruInovatif64JP Kemudian konfirmasi pendaftaran dengan melampirkan bukti pendaftaran dan bukti transfer melalui admin. DAFTAR SEKARANG!

Narahubung:

http://wa.me/6283119726406 (admin Lidiyah)
http://Wa.me/6289514780087 (admin Idha)

-Lan-

https://bit.ly/Diklat_GuruInovatif64JP

Share :

Baca Juga

a woman in green long sleeve shirt sitting at the table holding a pencil on paper

News

Mekanisme Penyusunan Dupak
peran teknologi dalam pembelajaran

News

Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Interaktif

News

Seminar Nasional Ramadhan Gratis dan Bersertifikat: Ramah Layanan Pendidikan Inklusif pada Satuan Pendidikan

News

Cara Menyusun Naskah Dalam Pembuatan Media Pembelajaran

News

6 Tahapan Seleksi PPPK Guru 2022 Yang Perlu Guru Ketahui, Cek Sekarang Juga!

News

Kemendagri Setujui Pembayaran TPP untuk ASN Di Daerah

Advertorial

Daftar Sekarang! Diklat 32JP Membuat E-Modul Interaktif & Menarik Melalui Book Creator

News

Kumpulan Soal OSN IPA SD 2022 Lengkap dengan Jawaban