Home / Pelatihan Guru

Sabtu, 24 Juli 2021 - 22:33 WIB

Pelatihan Membuat e-Modul Berbasis Android

Pelatihan membuat e-modul bagi guru sangatlah penting dimana guru bisa mendalami tentang prosedur pembuatan modul dan bisa membuatnya dalam format digital. Kemampuan yang satu ini sangat penting dimiliki oleh guru apalagi ketika proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh seperti sekarang ini. 

Modul sendiri merupakan sebuah instrumen penting dalam proses pembelajaran. Dalam modul tersebut berisikan materi penting yang akan dipelajari oleh para siswa.

Proses distribusi modul kepada siswa akan sangat tidak efektif jika dilakukan secara manual seperti menggunakan media cetak seperti LKS pada zaman dahulu. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online atau daring, di mana metode belajar siswa saat ini sangat mengandalkan ponsel guna mendapatkan materi dari guru. Selain itu, model pembelajaran seperti ini juga akan terus dilakukan selama kondisi tanah air masih pandemi.

Para tenaga pengajar saat ini harus bisa membuat terobosan terbaru dalam pembuatan modul. Sehingga setiap modul yang dibuat bisa diakses oleh semua siswa secara online. Oleh sebab itu, para guru harus belajar membuat modul dalam bentuk elektronik atau disebut juga e-modul. Ada banyak sekali aplikasi di smartphone Android yang telah mendukung untuk membuat e-modul seperti Canva dan Flip Page. Namun, sayangnya masih banyak guru yang belum mengetahui cara menggunakan fitur di aplikasi tersebut.

Baca Juga:  Membuat Pembelajaran dan Evaluasi Menarik dengan Google Form

E-modul merupakan modul versi elektronik di mana untuk mengakses dan menggunakannya dilakukan melalui perangkat elektronik seperti komputer, laptop, tablet atau smartphone. 

Teks pada modul bisa dibuat menggunakan Microsoft Word. Namun untuk menampilkan media yang jauh interaktif e-modul harus dibuat dengan program e-book seperti Flip Book Maker, iBooks Author, Calibre dan masih banyak lagi. Kelebihan dari adanya e-modul ini adalah modul akan lebih lengkap dengan media interaktif seperti video, audio, animasi, dan fitur lainnya yang bisa dimainkan serta diputar ulang oleh para siswa pada saat menggunakan e-modul tersebut.

e-modul juga bisa meningkatkan keterampilan berpikir kritis para siswa dan mendapatkan respon positif dari para siswa. E-modul ini juga bisa disimpan dalam berbagai format sehingga bisa diputar ulang pada media elektronik dengan sistem operasi berbeda. 

Pelatihan Membuat e-Modul bagi Guru

Jika para guru mengikuti pelatihan ini nantinya para peserta akan dibimbing untuk membuat modul dan mengubahnya dalam format elektronik. Sehingga modul tersebut bisa digunakan dan diakses oleh para siswa kapan saja dan di mana saja. Berikut ini ada beberapa materi yang akan menjadi pembahasan utama dalam pelatihan :

Baca Juga:  5 Keahlian yang Wajib Dimiliki Bagian Admin Sekolah

·     Dasar-dasar Modul Pembelajaran

·     Prosedur perancangan e-modul

·     Desain layout

·     Desain Flippage dan QR Code

·     Evaluasi

Yang menjadi instruktur dalam pelatihan ini adalah Dian Pranata S.Pd yang merupakan salah satu instruktur favorit di e-Guru.id. Beliau memiliki pengalaman yang terbilang sudah cukup banyak sehingga kemampuannya dalam menyampaikan materi tidak perlu diragukan lagi.

Ikuti pelatihan “e-Modul Pembelajaran Berbasis Android, Mudah dan Menarik” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link pendaftaran berikut ini: DAFTAR PELATIHAN.

Pelatihan di atas GRATIS untuk member e-Guru.id. Silakan mendaftar sebagai member melalui link berikut ini: DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut silakan menghubungi nomor berikut ini:

WhatsApp: 6281575345555

Telegram: t.me/CS_eguruid

Share :

Baca Juga

membuat e-modul

Pelatihan Guru

Cara Mudah Membuat Modul Pembelajaran Hanya dengan Ponsel
google class room untuk guru

Karya Inovatif

Manfaat Google Classroom untuk Guru dan Dunia Pendidikan

Kenaikan Pangkat

Materi Pertama Diklat Gratis 32JP Guru Bisa Menulis

Pelatihan Guru

Gratis : Diklat Menyusun KTI Inobel Bersertifikat 40JP

News

Hari Terakhir Pendaftaran Bimtek 35JP : Kupas Tuntas Mudahnya Publikasi Ilmiah untuk Naik Pangkat

Pelatihan Guru

e-Course Optimasi WhatsApp untuk Pembelajaran Jarak Jauh
website guru

Pelatihan Guru

e-Course Penggunaan WhatsApp untuk Pembelajaran dan Penilaian Otomatis

Advertorial

Daftar Sekarang Juga! Pelatihan Bersertifikat 32JP Belajar Sambil Bermain Teka-teki Menggunakan Puzzlemaker