Home / Pelatihan Guru

Jumat, 23 April 2021 - 23:47 WIB

Pelatihan Cara Penilaian dan Membuat Laporan Perkembangan Siswa PAUD

Laporan PAUD – Penilaian dan pelaporan merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar para siswa di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dari penilaian dan pelaporan tersebut, memungkinkan guru dapat menjalin komunikasi dengan orang tua siswa terkait perkembangan peserta didik. 

Pendidikan di tingkat PAUD sendiri memang belum merupakan salah secara jenjang formal dalam pendidikan di Indonesia. Sebab anak-anak yang ikut pada tingkat pendidikan paling dasar tersebut adalah para balita yang belum memiliki kewajiban sekolah. 

Namun demikian, ketika guru membuat laporan hasil belajar anak PAUD perlu disesuaikan dengan peraturan yang berlaku, yaitu sesuai dengan pendoman pendidikan yang tertuang pada Kurikulum 2013. 

Nah, sesuai peraturan tersebut, format dalam membuat laporan hasil belajar siswa di tingkat PAUD nyaris berbeda sama sekali dengan pelaporan pada hasil belajar di tingkat sekolah yang lebih tinggi. 

Ketika memberikan penilaian dan laporan PAUD, guru tidak diperkenankan menggunakan angka-angka dan juga predikat. Lain daripada itu, pelaporan dituangkan dalam bentuk tulisan narasi. Pasalnya, dengan pelaporan dalam bentuk naratif tersebut akan lebih mudah dipahami oleh orang tua siswa untuk mengetahui perkembangan anaknya. 

Baca Juga:  Classpoint! Solusi Media Interaktif Untuk Pembelajaran

Kemudian dalam prosedur penilaian terdapat beberapa hal yang harus dipahami. Yang pasti, penilaian dan pelaporan perkembangan anak PAUD harus objektif, nilai yang diberikan bukan hasil subjektivitas guru atau hanya sekedar nilai karangan. 

Nah, untuk mendapatkan data-data yang otentik yang dapat digunakan untuk memberikan penilaian dan pelaporan dapat dilakukan evaluasi secara berkala mulai dari harian, bulanan, atau per semester. Dari data tersebut yang kemudian bisa digunakan sebagai pijakan guru dalam memberikan penilaian dan melaporkannya pada orang tua siswa. 

Namun demikian, pelaporan siswa PAUD ini juga bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Apabila terdapat hal mendesak yang perlu segera dikomunikasikan dengan orang tua, guru PAUD boleh membuat laporan dan menyerahkannya pada orang tua. 

Baca Juga:  Menyusun Diktat untuk Kenaikan Pangkat Guru PNS

Dalam menulis laporan perkembangan anak PAUD terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan termasuk penggunaan kata, penggunaan bahasa, bagian-bagian yang perlu disertakan dan lain sebagainya. 

Penulisan laporan tersebut akan terasa sangat sulit jika guru tidak memiliki pengetahuan yang utuh terkait cara penilaian dan cara melaporkan perkembangan siswa PAUD. 

Bagi Anda yang masih kurang paham tentang cara melakukan penilaian anak-anak PAUD beserta cara penulisan laporannya, Anda dapat bergabung dengan pelatihan yang akan diselenggarakan oleh e-Guru.id berikut ini: 

Pada pelatihan tersebut, para peserta akan dibimbing untuk mampu membuat penilaian dan laporan perkembangan anak PAUD. 

Daftar pelatihan di atas dapat dilakukan melalui link berikut: 

DAFTAR 

Daftarkan diri Anda sebagai member e-Guru.id untuk mendapatkan pelatihan gratis setiap bulan melalui link berikut ini: 

DAFTAR MEMBER

Silakan hubungi kontak berikut ini jika terdapat pertanyaan: 

Whatsapp

Telegram

Share :

Baca Juga

News

Seminar Gratis dan Bersertifikat: Menyongsong Kurikulum Merdeka Wujudkan Merdeka Belajar!

Pelatihan Guru

Optimasi WhatsApp untuk Pembelajaran dan Penilaian Otomatis
google class room untuk guru

Karya Inovatif

Manfaat Google Classroom untuk Guru dan Dunia Pendidikan
https://naikpangkat.com/segera-daftar-pelatihan-gratis-membuat-desain-bahan-promosi-ppdb-menggunakan-canva-dan-power-point%e2%80%bc/

Advertorial

Download Materi Pertemuan Ke-1 Diklat Gratis Membuat Desain Bahan Promosi PPDB Menggunakan Canva Dan Power Point : Konsep Dasar Desain

Pelatihan Guru

Bimtek Bersertifikat 35JP “Kiat Praktis Menyusun Laporan PTK”

Karya Ilmiah

Pentingnya kompetensi sosial emosional bagi seorang guru

News

Pelatihan 32 JP: Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Kompetensi Sosial-Emosional!
cara membuat kuis teka teki silang

Karya Inovatif

3 Model Pembelajaran Seru untuk Membangkitkan Minat Belajar Siswa