E-Guru.id menyelenggarakan pelatihan pada tanggal 16, 18, 20, 21, 22, dan 24 Juni 2022 secara online dengan judul “Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Wordwall” bersama Instruktur Giyitno, S.Pd.
Pada pelatihan ini terdapat beberapa materi yang akan dibahas atau didiskusikan bersama, materi tersebut yaitu sebagai berikut :
- Pembelajaran Inovatif dengan Memanfaatkan Model Pembelajaran Berbasis Game
- Pengantar, Pendaftaran Akun dan Mengenal Fitur Wordwall
- Pembuatan Game Edukasi Menggunakan Wordwall
- Penerapan Game Edukasi secara Online
- Penerapan Game Edukasi secara Offline
- Evaluasi dan Penugasan Diklat
Peserta pelatihan juga akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti Materi Pelatihan, e-Sertifikat 32JP, Full Support dari Tim Instruktur, dan Laporan Pengembangan Diri.
Anda dapat mendaftar pelatihan ini dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 97.000 saja.
Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran dengan cara KLIK DISINI.
Dengan mengikuti pelatihan ini, maka diharapkan peserta atau guru dapat membuat atau mengembangkan game edukasi sebagai media pembelajaran yang menarik untuk diterapkan pada kegiatan proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan semangat dan hasil belajar peserta didik.
Menurut Edward (2009) game merupakan sebuah alat yang efektif untu menyampaikan sesuatu dan mengarahkan seseorang karena mengandung prinsip-prinsip pembelajaran dan teknik instruksional yang efektif digunakan dalam penguatan pada level-level dengan pengembangan kesulitan.
Sedangkan menurut Virvou (2005) teknologi game edukasi dapat memotivasi pembelajaran dan melibatkan pemain, sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan.
Pengertian Game Edukasi Menurut Para Ahli
- Handriyantini (2009)
Game edukasi adalah salah satu jenis media yang digunakan dalam memberikan pengajaran berupa permainan dengan tujuan untuk merangsang daya pikir dan meningkatkan konsentrasi melalui media yang unik dan menarik.
- Marc Prensky (2012)
Game edukasi adalh suatu bentuk permainan game yang senantiasa dibuat dan didesain untuk tujuan belajar, namun dalam game edukasi biasanya menawarkan bermain untuk bersenang-senang.
- Novia Desta (2016)
Game edukasi adalah permainan yang dibuat dengan tujuan pembelajaran yang bukan hanya bermaksud menghibur sehingga diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
- Alya (2016)
Game edukasi adalah bagian daripada bentuk permainan yang tujuan utamanya untuk mengejarkan, belajar, dan juga menghibur.
Game edukasi menjadi sebuah permainan yang digunakan dalam proses pembelajaran, dan dalam permainan tersebut mengandung unsur mendidik atau nilai-nilai pendidikan.
Game memiliki tujuan untuk merangsang kecerdasan otak anak, sebagai penyeimbang otak kanan dan otak kiri.
Pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Randel pada tahun 1991 bahwa pemakaian game sangat bermanfaat pada materi-materi yang berhubungan dengan matematika, fisika, dan kemampuan berbahasa.
Sedangkan Pivec (1991) membuktikan bahwa game edukasi berhasil diterapkan untuk pendidikan formal khususnya di militer, ilmu kedokteran, fisika, training dan lain sebagainya.
Terdapat beberapa fungsi game edukasi yang perlu Anda pahami yaitu sebagai berikut :
- Memberikan ilmu pengetahuan kepada anak melalui proses pembelajaran.
- Merangsang perkembangan daya pikir dan daya cipta.
- Menciptakan lingkungan bermain yang menarik, smemberikan rasa aman dan nyaman, serta meningkatkan kualitas pembelajaran anak.
- Meningkatkan logika dan pemahaman orang yang menggunakannya.
- Dapat digunakan sebagai salah satu media edukasi yang memiliki pola pembelajaran learning by doing.
Dalam merancang sebuah game terdapat dua elemen yang digunakan yaitu elemen formal dan elemen dramatis.
Elemen formal dalam sebuah game adalah elemen yang membentuk struktur dari sebuah game, tanpa adanya elemen ini maka sebuah game belum bisa disebut sebagai game. Pada elemen ini terdiri dari pemain, tujuan, prosedur, aturan, sumber daya, konflik, serta batas dan hasil.
Sedangkan elemen dramatis adalah elemen yang membentuk unsur dramatis, elemen ini berkaitan dnegan sisi emosional pemain dalam sebuah game. Pada elemen ini terdiri dari tantangan, pemain, motif dan karakter.