Home / News

Rabu, 15 Juni 2022 - 23:51 WIB

Pahami Ini Sebelum Menyusun DUPAK untuk Kenaikan Pangkat Guru!

DUPAK untuk Kenaikan Pangkat – Penilaian Kinerja Guru merupakan salah satu komponen penilaian dalam penentuan Angka Kredit Guru yang diperoleh melalui pengusulan DUPAK.

Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) adalah kumpulan berkas yang sesuai dengan peraturan, dijilid dan disampaikan ke Sekretariat tim penilai berisi daftar penilaian kinerja guru melalui angka kredit yang diajukan oleh setiap guru atau tenaga pendidik yang telah menjadi pegawai negeri.

DUPAK berguna sebagai salah satu persyaratan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dan/atau gaji atau kesejahteraan guru sebagai jabatan fungsional serta sebagai bahan penilaian kinerja guru atau tenaga pendidik tersebut.

Tata Cara Penilaian Angka Kredit DUPAK

Berdasarkan Permenpan Nomor 16 tahun 2009 Angka Kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butirbutir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.

Berikut ini adalah tata cara penilaian DUPAK untuk kenaikan pangkat guru sebagai suatu Angka Kredit.

  1. DUPAK yang diterima di inventarisasi oleh sekretariat Tim Penilai.
  2. Sekretariat Tim Penilai melakukan rapat untuk pembagian DUPAK yang akan diverifikasi kepada anggota Tim dan penunjukan Tim Penilai oleh Ketua Tim Penilai.
  3. Sekretariat memverifikasi kelengkapan administrasi DUPAK beserta bukti dukung.
  4. Jika dokumen administrasi lengkap maka proses verifikasi akan dilanjutkan, jika belum lengkap maka akan dikirimkan surat permintaan melengkapi dokumen kepada Pejabat Pengusul.
  5. Setelah verifikasi selesai, secretariat melampirkan worksheet hasil verifikasi beserta dokumen DUPAK dan bukti dukung untuk disampaikan kepada Tim Penilai.
  6. Tim Penilai 1 melakukan penilaian, kemudian di serahkan kepada Tim Penilai untuk dilakukan penilaian.
  7. Jika kedua Tim Penilai selesai melakukan penilaian dan tidak terdapat perbedaan hasil penilaian maka hasil penilaian akan di berikan kepada Ketua Tim Penilai melalui Sekretariat Tim Penilai Sekretariat Tim Penilai membuat Berita Acara Penilaian (BAPAK) untuk ditandatangani Tim Penilai dan Konsep Penetapan Angka Kredit (PAK).
  8. Jika terdapat perbedaan hasil dari kedua Tim Penilai maka diagendakan rapat pleno oleh Sekretariat Tim Penilai Sidang Pleno sekurang-kurangnya dihadiri oleh ½ n + 1 dari jumlah anggota Tim Penilai.
  9. Setelah hasil ditetapkan maka Sekretariat Tim Penilai membuat Berita Acara Penilaian (BAPAK) untuk ditandatangani Tim Penilai dan Konsep Penetapan Angka Kredit (PAK 10 BAPAK dan Konsep PAK tersebut dikirimkan kepada Pejabat Pengusul untuk ditetapkan oleh Pejabat yang Berwenang Menetapkan Angka Kredit dan ditembuskan kepada Pengelola Pengadaan Barang/ Jasa (PBJ) yang bersangkutan dan Pimpinan Unit Kerja yang bersangkutan.
Baca Juga:  Mengenal Dapodik dan Pengelolaannya

Halaman berikut

Kendala dalam penyusunan DUPAK

Share :

Baca Juga

News

Sistem Pembiayaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

News

Jaminan Kemdikbud Bagi Guru Honorer Ini Langsung Diangkat Tanpa Tes

News

Guru Wajib Cek Sekarang Juga! Tanda Pencairan Tunjangan Profesi dan Tamsil Guru Triwulan I di Tahun 2022

News

Berikut 3 Langkah Metode Pembelajaran Eksperimen di Kelas, Sudah Tahu?

News

Gaji PPPK Guru Meningkat di Tahun 2023

News

Langkah-Langkah Pengisian DUPAK Guru

News

Resmi! Guru Madrasah Akan Terima Bantuan dari Kemenag Bulan Ini, Simak Informasi Selengkapnya

News

Pentingnya Kesiapan Mindset Guru Dalam Penerapan Kurikulum Paradigma Baru