Naik Pangkat Bagi Guru Dengan Artikel Populer

Artikel Populer – Membaca artikel memberikan banyak manfaat layaknya dengan membaca buku, namun dalam versi singkat. Membaca artikel dapat menjadi alternatif bagi Anda jika Anda tidak tahu apa yang harus dibaca.

Artikel adalah salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah yang dapat dibuat oleh guru sebagai bentuk pengembangan profesi. tetapi banyak guru yang masih merasa kesulitan dan belum tertarik untuk menulis.

Artikel sendiri terbagi menjadi 2 bentuk yaitu artikel ilmiah populer pada surat kabar dan majalah, dan kedua artikel pada jurnal ilmiah.

Artikel populer merupakan tulisan berisi rangkuman artikel ilmiah yang disampaikan dengan bahasa yang ringan. Tujuannya adalah untuk menambah jumlah pembaca. Perubahan model penulisan ini tentu saja bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca yang juga mencakup orang awam, tidak hanya dari kalangan akademisi.

Jumlah Angka Kredit artikel populer yang dimuat di Media massa

Bagi guru menulis artikel populer berguna untuk menambah angka kredit apabila diunggah di media massa seperti koran, majalah, atau media online website resmi. Karena Tulisan yang diunggah dalam media massa tersebut merupakan tulisan ilmiah populer.

Seperti pada buku 4 panduan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dijelaskan bahwa angka kredit pengembangan profesi guru dari unsur publikasi ilmiah jenis artikel ilmiah populer adalah:

  1. Artikel ilmiah populer bidang Pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan Pendidikan dimuat di media massa tingkat nasional bernilai 2 angkat kredit
  2. Artikel ilmiah populer bidang Pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan Pendidikan dimuat di media massa tingkat provinsi bernilai 1,5 angkat kredit
Baca Juga:  Cara Cek Plagiat secara Online pada Jurnal dan Karya Tulis Lainnya

Bukti Fisik yang dinilai

  1. Guntingan (kliping) dari tulisan guru yang bersangkutan dari media massa yang memuat karya ilmiah penulis, pada guntingan media massa tersebut harus jelas nama media massa, serta tanggal terbitnya.
  2. Jika berupa fotocopy, harus ada surat pernyataan dari kepala sekolah yang menyatakan keaslian karya ilmiah populer yang dimuat di media massa.
  3. Jika tulisan bapak ibu guru semua, dimuat dalam media massa online, maka harus di print out, bukti nama media yang memuat, tanggal terbit dan harus di cetak dari halaman website resmi

Melihat seberapa penting penulisan artikel bagi guru untuk kenaikan pangkat maka sesegera mungkin guru harus mulai belajar dan membiasakan diri untuk menulis. Dengan menulis guru dapat mengembangkan potensi dan berbagi kepada teman pendidik lain untuk menyebarkan praktik baik.

Baca Juga:  Potensi Penyalahgunaan Dana BOS 2021 di Tahun Pandemi

DAFTAR SEKARANG DIKLAT BERSERTIFIKAT 35JP

Perlu kita ketahui, sebagai guru ketrampilan menulis sangatlah diperlukan dalam menunjang profesionalisme untuk kenaikan pangkat. Untuk itu e-Guru.id mengundang Anda seorang guru untuk bergabung dalam “Diklat Menulis Artikel Populer untuk Guru”.

Diklat akan dilaksanakan selama 4 hari pada 9-13 April 2022. Pertemuan akan diselenggarakan secara online melalui zoom meeting dan telegram. Dengan menghadirkan narasumber berpengalaman bapak Moh. Haris suhud, S.S Pimpinan redaksi Naikpangkat.com.

Bagi peserta yang mendaftar akan mendapatkan bonus Free Editor dan Free publish artikel di portal online: naikpangkat.com serta Surat keterangan penulis dari naikpangkat.com. tidak hanya itu peserta juga akan mendapatkan fasilitas Sertifikat bernama 35JP, Video rekaman zoom meeting, Salinan Materi pelatihan, Laporan pengembangan diri, Undangan, rekap daftar hadir, Akses zoom meeting, Konsultasi dan pendampingan, Laporan kegiatan diklat.

Potongan Harga Biaya pendaftaran dari 149.000 cukup daftar dengan 74.000, sudah termasuk publikasi di Naikpangkat.com

Berikut karya artikel populer angkatan sebelumnya : https://naikpangkat.com/category/opini/

BERMINAT❓silakan mengisi link pendaftaran dibawah ini👇

https://bit.ly/diklatartikelpop

Konfirmasi Pembayaran :

http://wa.me/6285865988163 (Admin)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Daftar Sekarang Juga! Pelatihan Bersertifikat 32JP Belajar Sambil Bermain Teka-teki Menggunakan Puzzlemaker

Pengembangan Profesi

Guru Wajib Tahu! Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Seleksi Akademik (Pretest) PPG Dalam Jabatan Tahun 2022
Guru wajib tahu

Pelatihan Guru

Pelatihan Guru Bersertifikat 90 JP: Berkolaborasi dengan Google untuk Mengatasi Learning Loss di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Pelatihan Guru

Beasiswa e-Guru Foundation : Gratis Pelatihan Bersertifkat 32JP Hanya Untuk 100 Guru

Pelatihan Guru

Diklat Gratis 40 JP : Membuat PTK Untuk Kenaikan Pangkat

Advertorial

Segera Daftar! Bimtek Gratis Bersertifikat 40JP “Kiat Sukses Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif untuk Kenaikan Pangkat”

Pengembangan Diri

Seminar Bersertifikat : Desain dan Implementasi Kurikulum Merdeka

News

Segera Daftar Pelatihan 32 JP “Pengembangan Game Interaktif untuk Pembelajaran Melalui Integrasi Canva dan Quizizz!